Sukses

Astaga, Mobil Raib Mendadak Akibat Terpaan Angin Topan

Sebuah mobil sedan kecil berwarna putih terhempas dan raib akibat topan yang terjadi di Taiwan.

Liputan6.com, Tainan, Taiwan Sebuah video di internet menyampaikan cerita yang kurang menyenangkan. Dalam video YouTube di kanal Live leak itu terlihat sebuah mobil sedan kecil berwarna putih terhempas oleh topan Soudelor dan segera raib dari pandangan. Padahal, menurut USA Today, topan yang melanda kota Tainan di Taiwan itu masih tergolong ‘mini’.

Rekaman itu sendiri diduga diambil pada Minggu lalu (09/08/2015), walaupun tanggal pada kamera dasbor menunjukkan tanggal yang berbeda. Masih dari USA Today, disebutkan bahwa Taiwan diterjang oleh topan Soudelor sejak Sabtu dini hari lalu (08/08/2015). Badai tersebut mencapai pantai timur negara pulau itu disertai hujan deras dan angin kencang.

Angin berkecepatan 193 kilometer/jam melanda negeri itu dengan embusan dadakan (gust) hingga lebih dari 241 kilometer/jam. Lebih dari 20 orang tewas akibat keganasan angin kencang itu.

Sementara itu, dari Weather Channel dilaporkan bahwa terpaan angin di Bandara Internasional Taoyuan di sisi barat pulau mencapai kecepatan sekitar 145 kilometer/jam pada Sabtu (08/08/2015) lalu. Terpaan angin paling kencang hingga 230 kilometer/jam terjadi di Su-ao yang terletak di timur laut pulau Taiwan.

Taifun ganas melanda Taiwan di awal bulan Agustus lalu.

Namun demikian, Biro Pusat Cuaca (Central Weather Bureau, CWB) di sana menghapus semua data di situsnya sehingga ketepatan informasinya masih dipertanyakan. Pulau Pengjiayu diterpa angin berkecepatan 150 kilometer/jam dengan kekuatan embusan dadakan mencapai 211 kilometer/jam.

Menurut situs taipower.com, lebih dari 4 juta warga di seluruh wilayah Taiwan terputus dari aliran listrik. Angka ini merupakan rekor tertinggi jumlah warga yang kehilangan daya listrik akibat sebuah topan. Hujan deras juga menerpa bagian utara Taiwan. Sejumlah stasiun cuaca CWB di kota Datong di Yilan melaporkan pembacaan curah hujan hingga 133 sentimeter. (Alx/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini