Sukses

Baca Alkitab Mini Perlu Pakai Mikroskop Elektron

Para ilmuwan membuat Alkitab mini seukuran ujung pena, yang dibaca memakai mikroskop elektron.

Liputan6.com, Haifa, Israel Bentuk Alkitab mengalami transformasi yang tak terbayangkan kebanyakan orang. Kini, para ilmuwan berhasil memindahkan 1,2 juta surat dari Perjanjian Lama ke sebuah lempengan yang tidak lebih besar dari ujung pena.

Alkitab tersebut berukuran mikro. Para ilmuwan menyebutnya Nano Bible dan dibutuhkan mikroskop elektron untuk membacanya.

Teks super mungil ini awalnya merupakan percobaan miniaturisasi. Percobaan tersebut bertujuan untuk mengukur seberapa banyak data yang dapat disimpan dalam ruang yang sangat kecil.

Kunjungi juga ayat-ayat alkitab.

Para ilmuwan di Institut Teknologi Tecnion-Israel menciptakan lapisan silikon yang tebalnya kurang dari 100 atom, lalu dilapisi lagi dengan emas. Kemudian, sinar ion digunakan untuk mengukir 1,2 juta karakter, satu persatu, dengan cara mengikis emas yang melapisi silikon tersebut.

Jika Anda ingin membaca alkitab ini, Anda harus memperbesar huruf-huruf di dalamnya sebanyak 10 ribu kali.

Menurut pemberitaan CNN, Rabu (8/7/2015), alkitab mini ini tengah dipamerkan dalam acara Peringatan 50 Tahun Museum Israel.

Nano Bible adalah cara baru dalam melihat sejarah, yang menggabungkan kata-kata kuno dan teknologi modern. (fhh/heidy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini