Sukses

Kemlu: Lee Kuan Yew Teman Dekat Indonesia

Pemerintah tak ragu mengatakan Lee Kuan Yew sebagai sahabat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Wafatnya Lee Kuan Yew meninggalkan duka cita mendalam bagi bagi Singapura, juga sejumlah negara tetangga lain. Khususnya Indonesia.

Dalam pernyataan resminya Kementerian Luar Negeri menyampaikan duka mendalam terkait kabar lelayu itu. Kemlu tak ragu mengatakan Lee sebagai sahabat Indonesia.

Pernyataan ini datang bukan tanpa alasan. Komentar tersebut muncul karena Lee sangat berkontibusi terhadap hubungan baik Indonesia-Singapura.

"Sebagai seorang teman dekat bagi Indonesia, kita akan selalu mengingat dan mengenang kontribusi mendiang dalam mempromosikan hubungan yang sangat dekat antara kedua negara," sebut keterangan pers Kemlu yang diterima Liputan6.com, Senin (23/3/2015).

Bukan cuma kepada Indonesia, ayah dari PM Singapura saat ini Lee Tsien Loong, juga merupakan sosok yang punya jasa besar pada ASEAN. Hal ini karena beberapa buah pemikirannya Lee semakin memperkuat solidaritas antar negara-negara Asia Tenggara.

Lee Kuan Yew wafat pada usia 91 tahun setelah beberapa pekan dirawat di Rumah Sakit Umum Singapura lantaran menderita pneumonia atau penyakit paru-paru basah.

Lee menghembuskan napas terakhirnya pada Senin dini hari, sekitar pukul 03.18 waktu setempat. Pemerintah dan keluarga saat ini tengah mempersiapkan upacara pemakaman dan penghormatan terakhir untuk mantan Perdana Menteri itu.

Lee yang lahir pada 16 September 1923 itu merupakan pendiri People’s Action Party pada 1954. Dia kemudian menjabat sebagai Perdana Menteri sejak 1959.

Ketika itu, dia memimpin Singapura yang sempat bergabung dengan Pemerintah Federasi Malaysia. Pada akhirnya dia membawa Negeri Singa merdeka pada 1965.

Lee Kuan Yew meniggalkan dua putra, Lee Hsien Loong dan Lee Hsien Yang, serta seorang putri bernama Lee Wei Ling. Istrinya, Kwa Geok Choo telah berpulang pada 2010 silam.(Ger/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini