Sukses

Pentagon: AS dan Sekutu Mulai Serang ISIS di Suriah

Liputan6.com, Washington DC: Kelompok ISIS mendapatkan gempuran lagi, akibat keberadaannya yang kian meresahkan dunia. Kali ini juga melalui serangan udara.

"AS dan negara-negara sekutunya telah melancarkan serangan udara pertama terhadap kelompok militan Negara Islam atau ISIS di Suriah," demikian ungkap markas Pertahanan Amerika Serikat Pentagon seperti dimuat BBC, Selasa (23/9/2014).

"Pesawat tempur dan pesawat pengebom serta rudal Tomahawk digunakan dalam serangan itu," ujar juru bicara Pentagon Laksmana John Kirby.

Laksmana Kirby mengkonfirmasi, militer AS dan kekuatan negara-negara mitranya melakukan tindakan militer di Suriah, tetapi tidak memberikan keterangan rinci.

Serangan tersebut sebagai wujud dari pernyataan Presiden Barack Obama, untuk melemahkan dan menghancurkan ISIS yang telah mencaplok wilayah-wilayah di Suriah dan Irak.

Serangan yang dilakukan AS ke kelompok yang secara sepihak mendeklarasikan diri sebagai Daulah Islamiyah atau Islamic State itu  sebenarnya bukan yang pertama. Negara pimpinan Barack Obama itu telah sejak Agustus melakukan 190 serangan udara di Irak terkait ISIS.

Sejauh ini, ISIS telah merebut sebagian besar kawasan antara Suriah dan Irak. (Ein)