Sukses

8 Teori Konspirasi Aneh Malaysia Airlines MH17

Liputan6.com, Washington DC- Pesawat Malaysia Airlines MH17 rute Amsterdam-Kuala Lumpur berakhir di tanah lapang di  Hrabove, Ukraina timur, dekat perbatasan dengan Rusia. Di wilayah bergolak yang dikuasai separatis pro-Moskow.

Penyebab Boeing 777-200 itu hancur dan 298 orang di dalamnya meninggal dunia, diduga kuat akibat tembakan rudal dari permukaan menuju udara. Namun, siapa pihak yang bertanggung jawab masih misterius.

Setiap kali ada tragedi dalam skala sebesar itu, hampir selalu diikuti teori konspirasi. Meski tanpa bukti sahih, hanya berdasarkan paranoia atau spekulasi, dugaan-dugaan itu tak bisa dihindari -- hingga nantinya kotak hitam berhasil diungkap dan dunia mendapat jawaban pasti soal siapa dan mengapa kecelakaan dahsyat itu terjadi.

Berikut 8 teori konspirasi tentang kecelakaan MH17, seperti Liputan6.com kutip dari Washington Post.

1. MH17 ditembak untuk memulai Perang Dunia III



Teori konspirasi menyebut kekuatan dunia ada di balik kecelakaan MH 370. Tak jelas negara mana yang dimaksud. Ada yang menyebut Rusia, Amerika Serikat, Israel, atau sejumlah negara Barat.

Namun siapapun pencetusnya yakin, motifnya serupa: menjadi alasan yang sempurna bagi NATO untuk menyerang Rusia, atau Rusia menginvasi Ukraina.

"Kita bisa melihatnya sebagai kedok untuk meluncurkan Perang Dunia III," demikian seperti dimuat situs Before Its News.

Pengguna situs Reddit juga menunjuk tweet Rusia pada 17 Juni, yang tampaknya memprediksi kecelakaan pesawat sipil dan invasi NATO sebagai konsekuensinya.

Teori ini tak aneh. Setidaknya memang diyakini, pesawat milik maskapai negeri jiran ditembak jatuh dengan rudal. Namun, menyerang pesawat sipil adalah kejahatan perang, yang bisa membuat pelakunya diasingkan seluruh masyarakat internasional -- yang membuatnya agak kurang strategis untuk memulai sebuah perang besar.

Selanjutnya: Strategi pengalihan isu serangan Israel ke Gaza...

2 dari 8 halaman

Pengalihan Isu Serangan Israel ke Gaza

2. Strategi pengalihan isu Gaza

"Media sedang mengalami hiruk-pikuk hari ini," kata salah satu komentator konspirasi, memperingatkan. "Tapi kita harus lihat satu hal, jika mereka punya banyak hal untuk ditunjukkan, itu berarti ada sesuatu yang tak ingin dilihat orang."

Misalnya, serangan Israel ke Gaza dan krisis imigrasi ilegal yang sedang berlangsung di perbatasan AS-Meksiko.

Namun, kedua topik tersebut masih jadi isu utama di media massa. Jadi jika MH17 dijadikan pengalihan itu, sama sekali tak berhasil.

Selanjutnya: menutupi asal usul HIV/AIDS...

3 dari 8 halaman

Menutupi Asal Usul HIV/AIDS

3. Untuk menutupi asal-usul HIV/AIDS

Kabar bahwa sejumlah tokoh pekerja HIV / AIDS berada di pesawat mendorong beberapa spekulasi, bahwa serangan pada MH17 terkait hasil riset mereka -- yang mungkin menguak bahwa AIDS adalah buatan manusia.



Salah satu pengguna Reddit mengatakan, 16 tahun lalu, advokat pasien AIDS sekaligus pejabat WHO Jonathan Mann juga tewas dalam kecelakaan pesawat -- yang belakangan penyebabnya disimpulkan adalah korsleting listrik.

Selanjutnya: Membunuh Vladimir Putin ...

4 dari 8 halaman

Membunuh Vladimir Putin

4. Ukraina menembak pesawat untuk membunuh Vladimir Putin

Rumor ini diawali oleh kantor berita Rusia, Interfax, bahwa jet kepresidenan Putin menempuh rute yang sama dengan MH17 pada waktu hampir bersamaan. Dua pesawat juga punya ukuran dan warna hampir serupa -- yang memicu spekulasi ini adalah upaya pembunuhan yang salah sasaran.



Namun, Russia Today lantas membantah kabar tersebut, dengan mengabarkan Putin belum terbang di atas Ukraina sejak awal konflik di sana. Dan ia tak menempuh rute itu Kamis -- saat kembali ke Moskow dari Brasil.

Selanjutnya: MH17 tak ditembak jatuh...

5 dari 8 halaman

MH17 Tak Ditembak Jatuh

5. Pesawat tak ditembak jatuh

Vlogger konspirasi di YouTube, DAHBOO77, mengklaim pesawat itu sengaja dialihkan ke Ukraina timur, di mana MH17 kemudian diduga sengaja dijatuhkan atau diledakkan dengan bahan peledak yang ada di dalamnya.

Berdasarkan teori tersebut, Ukraina (atau Rusia, atau AS, siapapun) kemudian bisa 'mengklaim' bahwa pesawat tersebut ditembak jatuh dan menggunakannya untuk alasan invasi.



'Bukti primer' DAHBOO77 adalah serangkaian video yang menunjukkan MH17 meledak di tanah, bukan di udara. Sementara, ahli penerbangan mengatakan, pesawat akan meledak di tanah jika rudal menghantam di titik manapun, kecuali di tangki bahan bakar.

Selanjutnya: MH17 tak pernah mengudara...

6 dari 8 halaman

MH17 Tak Pernah Mengudara

6. Pesawat diduga tak pernah mengudara

Klaim di blog Nesara News menyebut, penerbangan MH17 dibatalkan menurut situs radar FlightRadar24.com. Padahal, Flight Radar mengacu pada fakta bahwa pesawat tersebut tak pernah mendarat, bukan tak pernah lepas landas.



Selanjutnya: MH17 adalah MH370 ...

7 dari 8 halaman

MH17 adalah MH370

7. MH17 adalah MH370

Dua pesawat itu memang sama jenisnya, Boeing 777. Dan, MH370 yang menghilang Maret lalu belum ditemukan.

"Ya, pesawat itu lepas landas di Amsterdam," kata salah satu postingan di forum Above Top Secret. "Namun, itu tak membuktikan bahwa itu adalah MH17 dalam kasus yang baru. Bisa jadi itu adalah MH370 yang diisi bahan peledak.



Sebelumnya, ada teori soal misteri MH370, yang menyatakan pesawat yang hilang sengaja disimpan untuk memulai Perang Dunia III.

Selanjutnya: Ulah Illuminati....

8 dari 8 halaman

Ulah Illuminati

8. Illuminati yang melakukannya

Illuminati -- komplotan yang dipercaya mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan korporasi untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru -- selalu dikaitkan dengan segala hal. Dari tragedi hingga acara penghargaan TV.



Pengamat Illuminati punya bahan terkait kecelakaan pesawat di Ukraina: Bahwa MH17 adalah Boeing 777, diduga pertama kali terbang pada 7/17/97, dan  bekerja selama 17 tahun. Semua angka itu signifikan terhadap mitos Illuminati.

Jadi, dari 8 spekulasi itu, mana yang Anda percaya? (Yus)

Loading