Sukses

Bom Meledak di Tengah Nobar Sepakbola di Nigeria, 14 Orang Tewas

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas tindakan kejam tersebut. Tapi, Boko Haram menjadi tersangka utama.

Liputan6.com, Abuja - Sebuah bom meledak di tengah acara nonton bareng (nobar) sepakbola di Gawan, kawasan Mubi di negara bagian Adamawa di timur laut Nigeria, Minggu 1 Juni 2014. Setidaknya 14 orang tewas dan 12 lainnya terluka.

"Sejauh ini 14 orang tewas, 12 lainnya luka -- beberapa dari mereka dalam kondisi kritis," kata juru bicara negara bagian Adamawa, Usman Abubakar, seperti Liputan6.com kutip dari Reuters, Senin (2/6/2014).

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas tindakan kejam tersebut. Namun, militan Boko Haram menjadi tersangka utama. Kelompok ini berkali-kali melakukan pemboman di utara dan tengah Nigeria selama 2 bulan terakhir, merenggut banyak korban nyawa.

"Aku mendengar suara ledakan. Lokasinya dekat pasar yang baru saja kutinggalkan. Aku langsung lari," kata seorang warga, John Audu.

Pekan lalu, bom juga menargetkan alun-alun Kota Jos, Nigeria Tengah, yang saat itu penuh sesak dengan orang-orang yang sedang menonton bareng (nobar) final sepak bola Liga Champions pada Sabtu 24 Mei 2014 malam waktu setempat.

Namun, mobil berisi bom meledak sebelum tiba di lokasi target. Sebanyak 3 orang tewas, termasuk pengebom.

Pekan sebelumnya, juga di Jos, sebanyak 118 orang tewas insiden pemboman. Dua bahan peledak juga mengambil 95 nyawa di Abuja.

Boko Haram kini menjadi ancaman keamanan utama bagi Nigeria -- produsen minyak dan negara dengan perekonomian terbesar di Afrika. Ribuan nyawa melayang sejak gerombolan itu meluncurkan pemberontakan pada tahun 2009.

Boko Haram kini juga masih menyandera lebih dari 200 murid sekolah perempuan yang diculik pada 14 April 2014 -- sebuah tindakan yang dikutuk dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.