Sukses

Pesawat Terbelah di Udara, 8 Penerjun Payung Tewas

Sebuah pesawat penumpang kecil yang membawa 10 penerjun payung jatuh. Badan pesawat dilaporkan terbelah.

Liputan6.com, Helsinki - Sebuah pesawat penumpang kecil yang membawa 10 penerjun payung jatuh, pada hari Minggu 20 April 2014 waktu setempat. Pesawat tersebut jatuh di wilayah Satakunta, barat daya Finlandia. Menyebabkan 8 orang tewas .

Seperti dilansir dari Xinhua, Senin (21/4/2014), polisi menegaskan bahwa ada 11 orang berada di pesawat. 10 Penumpang dan 1 pilot mengudara, ketika kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 15.30 di dekat Bandara Jamijarvi.

"Ada yang tidak beres dengan pesawat, dan membuatnya terbelah pada 3 atau 4 kilometer di udara," jelas inspektur kepala dari departemen kepolisian barat daya Finlandia, Petri Kangas.

Saat ditemukan, pilot dan 2 penerjun payung masih hidup kerana melompat keluar pesawat sebelum jatuh. Sedangkan 8 lainnya ditemukan mati di sekitar reruntuhan pesawat.

"Korban cedera telah dikirim ke rumah sakit di Tampere, kota besar sekitar 80 km jauhnya dari lokasi jatuhnya pesawat. Tidak satupun dari mereka berada dalam kondisi serius," kata seorang dokter di tempat kejadian.

7 Jam setelah kejadian, keluarga korban yang dikabari pun histeris. Tangis mereka pecah di bandara, dan menolak untuk berkomentar kepada wartawan.

Insiden ini ternyata menjadi salah satu yang paling mematikan di negara Nordic kecil ini.

"Ini adalah bencana udara terburuk di Finlandia dalam beberapa dekade terakhir," kata Ismo Aaltonen, peneliti dari Badan Penyelidikan Kecelakaan Finlandia.

Sejauh ini, penyebab pasti jatuhnya pesawat belum diketahui. Penyelidikan terkait hal itu baru akan dilanjutkan pada Senin pagi.

Lokasi jatuhnya pesawat itu, adalah tempat populer untuk terjun payung bersama dengan klub terjun payung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini