Sukses

Berduka untuk MH370, Koran Malaysia Hitamkan Halaman Muka

Tak hanya stasiun radio Malaysia yang turut beruka cita dengan mengheningkan cipta 30 detik, koran-koran Malaysia juga.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Berita berakhirnya penerbangan Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia bagian selatan, telah disampaikan ke publik oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak pada Senin 24 Maret 2014. Tentu saja, berita itu membuat banyak orang berduka.

Tak hanya stasiun radio Malaysia yang turut bersuka cita dengan stop siaran 30 detik, koran-koran Malaysia juga. Koran Malaysia yang terbit pada Selasa ini menghitamkan halaman depan mereka.

Dilansir dari Channel News Asia yang dikutip Liputan6.com, Selasa (25/3/2014), hal itu dilakukan dalam rangka penghormatan kepada para 239 orang dalam pesawat Boeing 777- 200 ER di penerbangan MH370.

Koran Malaysia berbahasa Inggris ternama, The Star mencetak halaman depan korannya dengan kata-kata "MH370 RIP". Diikuti tulisan nama-nama korban dalam huruf, dibuat sebagai headline.

Halaman depan The New Straits Times juga berwarna serupa, hitam. Dengan tulisan "Goodnight, MH370" "All right, good night" --mengacu ke pesan terakhir dari kokpit pesawat. Yang terakhir melakukan kokntak sebelum Malaysia Airlines kehilangan kontak pada 8 Maret .

Koran berbahasa Cina juga membuat halaman depannya dengan warna serupa. Media Inggris, The Sun, yang biasa tampil dengan dominan warna merah, kali ini terbit dengan dominan warna 'duka' itu.

Pada Senin 24 Maret, berita duka terkait penerbangan Malaysia Airlines MH370 diumumkan oleh PM Najib Razak.

"MH370 telah terbang di sepanjang koridor selatan dan posisi terakhirnya adalah di Samudera Hindia, sebelah barat Perth (Australia)," ucap Najib dalam jumpa pers di Malaysia.

Najib juga mengutarakan, cuaca buruk menghambat pencarian puing-puing di lepas pantai Australia pada hari Selasa. Motifnya pun masih menjadi misteri, terlebih mengapa pesawat dialihkan dari rute aslinya.

Duka juga merambah media sosial seperti Twitter dan Facebook. Banyak orang-orang Malaysia menggunakan latar belakang berwarna hitam sebagai foto profil, atau ikon pesawat sebagai penghormatan kepada 239 korban di MH370.

Sementara itu, Menteri Transportasi Hishammuddin Hussein juga tak ketinggalan menyampoaikan rasa duka. Ia menggunakan akun Twitter pribadinya, untuk meminta semua warga negara dari bergam etnis, untuk berdoa bagi para korban dan keluarga yang ditinggalkan. "Pencarian kami untuk #MH370 terus berlanjut," tulis Hishammuddin.

Veteran politisi oposisi Lim Kit Siang juga melakukan hal sama seperti Hishammuddin.  "Turut berduka cita bagi keluarga kerabat, teman 239 orang di penerbangan MH370 --bahwa mereka telah tewas di Samudera Hindia bagian selatan. Bukan hanya mereka yang bersedih, dunia juga menangis," jelasnya.

Baca Juga:

MH370 Berakhir Tragis, PM Singapura Sampaikan Duka via Facebook

Hormati Korban MH370, Radio Malaysia Stop Siaran 30 Detik

SBY: Indonesia Berduka Cita Atas Tragedi Pesawat MH370

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini