Sukses

Presiden ke Timtim demi Kepentingan Nasional

Juru Bicara Deplu Marty Natalegawa menegaskan bahwa kunjungan Presiden Megawati ke Timor Leste didasarkan pada kepentingan nasional. Megawati dan Xanana akan membicarakan hubungan kedua negara.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Megawati Sukarnoputri memutuskan untuk menghadiri perayaan kemerdekaan Timor Leste, 20 Mei mendatang, karena didasari pada kepentingan nasional. Selain itu, kunjungan juga dimaksudkan untuk membuktikan pemerintah Indonesia konsisten, seperti yang tercermin dalam Ketetapan MPR Nomor 5/MPR/1999 yang menjelaskan bahwa Timor Timur adalah negara berdaulat yang bertetangga dengan Indonesia. Demikian diungkapkan Juru Bicara Departemen Luar Negeri Marty Natalegawa saat dihubungi via telepon oleh reporter SCTV Nunung Setiyani dalam dialog Liputan 6, Jumat (17/5) petang.

Marty menjelaskan, pada kesempatan di Timtim, Mega akan membicarakan seputar hubungan Indonesia-Timor Loro Sae dengan Presiden Xanana Gusmao. Sayangnya, pertemuan antara kedua pimpinan tersebut diperkirakan tak akan membicarakan banyak hal. Sebab, Megawati hanya berada di Timtim sekitar empat jam. Sedianya, permasalahan yang meliputi kedua negara selama ini, seperti pengungsi, aset pemerintah RI, dan warga Indonesia di Timtim, serta perbatasan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. "Apalagi, jika pemerintahan baru di sana sudah terwujud. Kita berharap masalah aset dibahas secara normal lewat hubungan bilateral," ujar Marty.

Menurut Marty, masalah aset milik pemerintah dan warga Indonesia yang ada di Timtim memang harus segera diselesaikan. Tujuannya agar hak-hak pemilik bisa dilindungi. Sejauh ini, pemerintah Indonesia memang pernah membicarakan soal itu dengan Pemerintahan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Timtim (UNTAET). Namun, perundingan itu masih bersifat awal dan belum ditindaklanjuti. Itulah sebabnya, hingga kini, pemerintah Indonesia belum mendapatkan data pasti tentang jumlah aset milik pemerintah dan warga Indonesia yang ada di Timtim.

Masih menyangkut aset Indonesia di Timtim, saat berkunjung ke Jakarta awal Mei silam, Xanana berjanji akan menjaga dan memelihara aset-aset Indonesia. "Pemerintah juga akan menjaga dan menghormati makam para pahlawan Indonesia yang gugur dalam pertempuran di Timtim," kata Xanana [baca: Xanana Berjanji Melindungi Aset Indonesia].

Sebelumnya, Marty sempat mengungkapkan bahwa Presiden Megawati rencananya akan mengawali kunjungan di Timtim dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Seroja. Pada kesempatan itu, Mega bakal didampingi Xanana [baca: Mega Dipastikan Pergi ke Timtim].

Kepala Pusat Penerangan Mayor Jenderal TNI Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan, TNI akan mengerahkan 2.000 personel yang dinamai Komando Tugas Gabungan Keamanan (Kogasgabkam) untuk mengamankan kunjungan Presiden Megawati ke Timor Leste, 20 Mei mendatang. "Kogasgabkam akan dipimpin langsung Panglima Armada Timur serta melibatkan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, kapal perang, dan marinir, serta pesawat angkut pasukan C-130 Hercules," kata Sjafrie Sjamsoeddin dalam konferensi pers di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, tadi siang [baca: Megawati Dikawal 2.000 Tentara di Timor Leste].(SID)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini