Sukses

Tips Merawat Kulit Berjerawat Selama Musim Kemarau

Simak di sini beberapa tips merawat kulit berjerawat selama musim kemarau, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Musim kemarau yang panas dan kering bisa sangat tidak nyaman bagi pemilik kulit berjerawat. Musim kemarau akan membuat kulit semakin berminyak, meningkatkan munculnya komedo, dan jerawat.

Dilansir dari verywellhealth.com, Senin (11/6/2018), hal ini disebabkan oleh panas, kelembapan, keringat, dan minyak yang meningkat. Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat kulit berjerawat selama musim kemarau.

1. Menggunakan pembersih berbusa

Panas dan kelembapan dapat menyebabkan kelenjar minyak bekerja keras. Walaupun tidak dapat menghentikan kelenjar minyak dari memproduksi minyak, masih ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol kelebihan minyak.

Langkah yang paling dasar adlaah membersihkan wajah dengan pembersih berbusa, dua kali dalam sehari. Jika kulit Anda sangat berminyak atau berkeringat, Anda bisa menambahkan pembersih ketiga.

Namun ingat untuk tidak terlalu sering mencuci muka. Mencuci muka terlalu sering dapat memecah penghalang yang melindungi kulit, menyebabkan kekeringan, dan iritasi yang berlebihan, yang kemudian hanya memperburuk kulit berjerawat Anda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips merawat kulit berjerawat selama musim kemarau

2. Menggunakan astringent

Anda juga menambahkan astringen ke dalam perawatan kulit selama musim kemarau. Astringen adalah cara terbaik untuk menghilangkan kelebihan minyak dari permukaan kulit yang menyebabkan kulit terlihat kusam.

Atau Anda bisa menggunakan witch hazel yang disemprotkan ke wajah setiap kali terasa berminyak. Jika Anda mengalami rasa seperti luka bakar atau menyengat, segera beralih kepada produk lainnya.

3. Menggunakan pelembap yang ringan

Kemungkinan besar, Anda tidak akan membutuhkan produk pelembap yang terlalu berat di musim kemarau. Pilihlah produk yang bebas minyak untuk menghindari kulit wajah yang lebih berat dan berminyak.

3 dari 3 halaman

Tips merawat kulit berjerawat selama musim panas

4. Gunakan tabir surya setiap hari

Beberapa obat jerawat akan membuat kulit wajah Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga penggunaan tabir surya yang rutin adalah sebuah keharusan. Selain itu, lupakan tanning terlebih dahulu, karena tanning hanya akan menyebabkan kerusakan kulit yang lebih parah akibat sinar matahari dan memperbesar risiko kanker kulit.

5. Mandi setelah berkeringat

Keringat dapat mengiritasi jerawat, jadi Anda harus segera mandi setelah berolahraga atau kapan saja ketika berkeringat. Gunakan produk mandi yang dapat melawan jerawat selama musim panas, seperti asam salisilat untuk komedo dan benzoyl peroxide untuk jerawat yang sedang meradang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.