Sukses

Ragam Aktivitas Dalam Rumah untuk Anak Difabel

Dalam masa karantina COVID-19 di rumah, anak difabel tidak dapat pergi ke terapi atau kegiatan lain. Namun, orang tua bisa mengajak anak untuk melakukan hal-hal baru di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Dalam masa pandemi Corona COVID-19 di rumah, anak difabel tidak dapat pergi ke terapi atau kegiatan lain. Namun, orang tua bisa mengajak anak untuk melakukan hal-hal baru di rumah.

Dilansir dari newzhook.com, beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di antaranya memasak, drama teater, baca buku cerita, dan permainan dalam ruangan.

Kelas Memasak

“Banyak anak difabel senang bereksperimen dengan memasak. Mereka tertarik untuk mengetahui bahan-bahan yang digunakan untuk hidangan. Orang tua dapat menetapkan tugas yang melibatkan menu sederhana berdasarkan tingkat kemampuan anak,” tulis newzhook.

Memasak juga membantu anak-anak untuk mempelajari kata-kata baru, menggambarkan berbagai hal secara berurutan dan berinteraksi dengan lebih baik. Mereka juga bisa menjadi lebih fokus melalui kegiatan ini.

Drama dan Teater

Melakukan drama atau teater dapat menjadi pilihan. Dalam kegiatan ini usahakan seluruh anggota keluarga terlibat memerankan karakter yang diketahui anak.

“Dengan begitu, anak juga bisa berhubungan dengan mudah. Kegiatan ini bisa menyenangkan dan membantu anak Anda dalam banyak hal. Ini juga cara yang bagus untuk meningkatkan kreativitas.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aktivitas Lainnya

Membaca Buku Cerita

Membaca cerita  tentang dongeng magis atau sesuatu yang memiliki pesan moral adalah pilihan selanjutnya. Para ahli menunjukkan bahwa membacakan cerita dengan keras membantu anak-anak untuk membangun emosi dari sebuah cerita.

Ini juga merupakan peluang besar bagi orang tua dan anak untuk mempererat hubungan. “Jika Anda tidak bisa keluar rumah untuk membeli buku selama ini, ada banyak cerita yang tersedia secara daring.”

Permainan dalam Ruangan

Ada banyak permainan dalam ruangan yang tersedia untuk anak-anak dengan disabilitas intelektual. Orang tua harus mengidentifikasi apa yang paling cocok untuk anak mereka dan membiarkan mereka terlibat di dalamnya.

Mengenai pemilihan permainan, orang tua dapat berdiskusi dengan terapis anak atau dokter spesialis. Salah satu contoh permainan yang baik untuk anak dengan disabilitas intelektual adalah permainan puzzle sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.