Sukses

SEC Tunda Persidangan Do Kwon dan Terraform Labs

Dalam pengajuan Senin di pengadilan federal Manhattan, SEC mengatakan penundaan sederhana terhadap persidangan pada 29 Januari adalah hal yang dibenarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) setuju untuk menunda persidangan perdata terhadap Terraform Labs dan salah satu pendirinya Do Kwon karena diduga mengatur penipuan mata uang kripto senilai USD 40 miliar atau setara Rp 623,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.555 per dolar AS).

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (16/1/2024), dalam pengajuan Senin di pengadilan federal Manhattan, SEC mengatakan penundaan sederhana terhadap persidangan pada 29 Januari adalah hal yang dibenarkan.

Ini berdasarkan pernyataan dari pengacara Kwon, kalau Kwon ingin hadir, setuju untuk diekstradisi dari Montenegro, dan bisa berada di Amerika pada pertengahan Maret. 

Mereka juga menentang persidangan terpisah untuk Terraform dan Kwon, dengan mengatakan kasusnya hampir sama, dan dua persidangan tidak perlu mengharuskan pelapor dan investor ritel biasa untuk bersaksi dua kali.

Hakim Distrik AS Jed Rakoff akan memutuskan apakah akan memindahkan tanggal persidangan. SEC meminta 15 April 2024 untuk mengakomodasi konflik penjadwalan.

Pengacara Kwon meminta penundaan setidaknya hingga 18 Maret, dan mengatakan dia tidak akan meminta penundaan lebih lanjut bahkan jika Kwon tidak dapat hadir pada tanggal yang baru.

Kasus ini berasal dari jatuhnya TerraUSD, sebuah "stablecoin" yang dirancang untuk mempertahankan harga konstan USD 1,00, dan Luna, token yang lebih tradisional yang terkait erat dengan TerraUSD.

Kedua mata uang kripto tersebut kehilangan sekitar USD 40 miliar atau lebih ketika TerraUSD pada Mei 2022 terbukti tidak mampu mempertahankan patokan USD 1,00 nya.

SEC mengatakan Terraform dan Kwon menipu investor tentang stabilitas TerraUSD, dan bagaimana aplikasi pembayaran seluler Korea yang populer menggunakan blockchain Terraform untuk menyelesaikan transaksi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diduga Bersekongkol dengan CEO Terra Do Kwon, SEC Awasi Perusahaan Kripto Ini

Sebelumnya diberitakan, Jump Crypto, salah satu segmen dari grup Jump Trading, saat ini menghadapi pengawasan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) atas dugaan keterlibatannya dalam transaksi dengan mantan CEO Terraform Labs, Do Kwon.

Dilansir dari Yahoo Finance, ditulis Minggu (12/11/2023), penyelidikan SEC difokuskan pada apakah Jump Crypto menandatangani perjanjian pada Mei 2021 untuk menstabilkan pasak Terra USD (UST) terhadap dolar AS dengan mengakuisisi stablecoin algoritmik dalam jumlah besar.

Selama pernyataan baru-baru ini, Kanav Kariya, Presiden Jump Crypto, memilih untuk menegaskan amandemen kelima, menolak untuk menanggapi pertanyaan mengenai pengaturan tersebut. 

Kutipan dari pernyataan tersebut, yang dibagikan oleh informan dari Terra yang dikenal dengan FatMan, mengungkapkan penyelidikan aktif SEC terhadap masalah tersebut.

Laporan sebelumnya pada Februari mengidentifikasi Jump sebagai perusahaan perdagangan yang dirahasiakan yang dikutip dalam dakwaan SEC terhadap Terraform Labs dan Do Kwon. 

Perjanjian pembuatan pasar yang diklaim memungkinkan Jump menghasilkan keuntungan lebih dari USD 1 miliar atau setara Rp 15,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.694 per dolar AS) dengan mengakuisisi token LUNA (sekarang LUNC) yang didiskon besar-besaran untuk mendukung nilai UST. 

Jump diduga membeli LUNA dengan harga USD 0,40 atau setara Rp 6.277pada saat nilai pasarnya melebihi USD 90 atau setara Rp 1,4 juta per token. Jump Crypto memegang peran penting dalam ekosistem Terra, berpartisipasi dalam proposal tata kelola dan berinvestasi di jembatan lintas rantai. 

Kanav Kariya juga bertugas di dewan Luna Foundation Guard (LFG), mengawasi cadangan Terra. Investigasi SEC menimbulkan kekhawatiran tentang potensi pelanggaran dalam ekosistem Terra dan implikasi yang lebih luas terhadap aktivitas Jump Crypto di pasar mata uang kripto.

 

 

3 dari 4 halaman

CEO Terra Do Kwon Bakal Hadapi Tuntutan SEC

Sebelumnya diberitakan, Terraform Labs dan pendirinya Do Kwon harus menghadapi tuduhan penipuan yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), hakim federal di Manhattan memutuskan pada Senin, 31 Juli 2023.

Kwon dan Terraform Labs berada di belakang dua cryptocurrency yang ledakannya mengguncang pasar kripto di seluruh dunia tahun lalu. 

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (3/8/2023), hakim Distrik AS Jed Rakoff menolak mosi mereka untuk menolak tuduhan mereka menipu investor dan menjual aset digital bernilai miliaran dolar yang merupakan sekuritas yang tidak terdaftar.

TerraUSD, stablecoin algoritmik yang seharusnya mempertahankan pasak 1 banding 1 terhadap dolar AS, memperoleh nilainya melalui token berpasangan lain yang disebut Luna. 

Kedua token kehilangan hampir semua nilainya ketika TerraUSD, juga dikenal sebagai UST, tergelincir di bawah patokan dolar 1:1 pada Mei 2022. Sebelum keruntuhannya, TerraUSD memiliki kapitalisasi pasar lebih dari USD 18,5 miliar atau setara Rp 279 triliun (asumsi kurs Rp 15.098 per dolar AS) dan merupakan mata uang kripto terbesar ke 10.

 

4 dari 4 halaman

Keluhan SEC

Menurut keluhan SEC, Terraform Labs dan Do Kwon menyesatkan investor tentang stabilitas UST, dan mengklaim token kripto perusahaan akan meningkat nilainya. Regulator dapat menindaklanjuti tuduhan tersebut, tulis Rakoff dalam keputusan tersebut.

Rakoff juga tidak setuju dengan pendekatan yang diambil hakim lain dalam kasus Ripple Labs baru-baru ini. Dalam keputusan tersebut, Hakim Distrik AS Analisa Torres memutuskan bahwa penjualan XRP Ripple di bursa mata uang kripto publik bukanlah penawaran sekuritas, sebagian karena pembeli tidak mengetahui apakah dana mereka masuk ke Ripple atau pihak ketiga.

Pengacara SEC dalam kasus Terraform Labs mengatakan keputusan Torres salah diputuskan dan staf SEC sedang mencari cara untuk meninjaunya kembali.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.