Sukses

Pandu Sjahrir Sebut Investor Perlu Pahami Fundamental Sebelum Investasi Kripto

Pandu menuturkan dalam strategi investasinya pertamanya adalah dengan mempelajari secara dalam aset yang ingin diinvestasikan sebelum memasukan uang pada aset tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Aset kripto saat ini telah menjadi salah satu aset investasi alternatif, Founding Partner AC Ventures Pandu Patria Sjahrir mengatakan investor harus memahami fundamental dari aset investasi, salah satunya kripto.

Pandu menuturkan dalam strategi investasinya pertamanya adalah dengan mempelajari secara dalam aset yang ingin diinvestasikan sebelum memasukan uang pada aset tersebut. 

“Kita harus baca dan kita mulai belajar taruh uang. Kalau kita tidak masukin uang kita tidak akan belajar. Tapi kita juga harus siap kehilangan uang. Misal Bitcoin turun 10 persen kita harus jual atau justru beli lagi,” kata Pandu, dalam acara Reku Bootcamp Finance Flash: Invest Right, Invest Wise, Sabtu (2/12/2023). 

Selain itu, Pandu menjelaskan strategi yang dilakukannya adalah dengan menjual aset ketika banyak orang suka dan membeli aset ketika banyak orang membencinya. 

“Seperti kripto awal tahun ini tidak ada yang suka, justru cenderung takut, tapi sekarang Bitcoin menjadi salah satu aset dengan kinerja terbaik. Kebanyakan dari kita mendengar orang lain baru beraksi, tepi kita harus belajar terlebih dahulu,” jelas Sjahrir.

Adapun Pandu mengungkapkan dirinya memiliki Bitcoin dan Ethereum. Ketika ada gangguan seperti masalah dari exchange tertentu, dirinya tidak terlalu khawatir karena mengetahui fundamental dari kedua aset tersebut. 

“Itu kan noise tapi saya tau value nya dari Bitcoin dan Ethereum. Saya tidak peduli apa yang terjadi tapi saya tau fundamentalnya dan tau apa yang terjadi di market. Saya percaya Bitcoin dan Ethereum kripto karena saya punya fundamental believe,” lanjut Sjahrir. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saran Lainnya

Pandu juga menyarankan bagi para investor untuk mengetahui kondisi market harus banyak ngobrol dengan orang yang ahli dengan aset tersebut. 

“Kita harus ngobrol sama orang tidak perlu banyak cukup dua sampai tiga orang dari masing-masing aset yang diinvestasikan dan kita harus banyak baca,” pungkasnya. 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.