Sukses

Kripto Menjadi Investasi Paling Umum Bagi Gen Z Meski Berisiko, Begini Kata Ahli

Ada sekitar 50% investor Gen-Z saat ini berinvestasi di kripto

Liputan6.com, Jakarta Kripto adalah investasi paling umum yang diikuti Gen Z. Ini menjadi sebuah tren yang kemungkinan didorong oleh kelompok yang tumbuh di masa perubahan teknologi, media sosial, dan akses investasi yang lebih mudah, berdasarkan laporan baru CFA Institute and Financial Industry Yayasan Pendidikan Investor Regulatory Authority dikutip dari CNBC.

Namun, di tengah kondisi kaum muda yang mungkin masih mampu mengambil banyak risiko investasi dibandingkan dengan generasi yang lebih tua, penggunaan kripto sebagai kunci dari portofolio investasi tetap menjadi taruhan yang berisiko karena volaitilitasnya, menurut para ahli.

Lima puluh lima persen investor Gen-Z saat ini berinvestasi di kripto, menurut laporan bersama Finra-CFA Institute. Melihat Gen Z adalah kelompok yang lahir pada akhir 1990-an hingga abad ke-21, berarti anggota tertuanya berusia pertengahan 20-an, dan laporan tersebut didasarkan pada survei online terhadap orang-orang di AS yang berusia 18-25 tahun.

Mengutip CNBC, saham individu menempati peringkat kedua, dipegang oleh 41% dari investor ini, diikuti oleh reksa dana (35%), token nonfungible (25%) dan dana yang diperdagangkan di bursa (23%), kata laporan itu.

Sebagai perbandingan, reksa dana adalah kepemilikan paling umum di antara investor Gen X, kelompok yang lahir antara tahun 1965 dan 1980. Empat puluh tujuh persen memegang reksa dana, diikuti oleh saham individu (43%) dan kripto (39%).

Konsentrasi Gen Z yang relatif tinggi dalam mata uang kripto, contohnya termasuk bitcoin dan ethereum, dan saham individu dapat menimbulkan kekhawatiran jika investor tidak mempertimbangkan dan mengelola risiko secara memadai, menurut Gerri Walsh, presiden Yayasan Pendidikan Investor Finra.

“Sedangkan reksa dana dan sebagian besar ETF biasanya menawarkan tingkat diversifikasi, hal yang sama tidak berlaku saat membeli mata uang kripto dan saham individu,” kata Walsh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kripto perlu menjadi bagian kecil dari portofolio

Gen Z adalah generasi pertama yang tumbuh di era teknologi dan media sosial, dengan mengonsumsi informasi termasuk saran investasi dari platform seperti TikTok dan Instagram, menurut Ted Jenkin, perencana keuangan bersertifikat yang berbasis di Atlanta.

Antusiasme ini juga bertepatan dengan pertumbuhan aplikasi investasi yang memungkinkan pengguna membeli dengan jumlah uang yang relatif kecil dan karena itulah dapat menawarkan lebih banyak akses investasi kepada mereka yang memiliki lebih sedikit uang tunai. Mereka juga umumnya menyaksikan kebangkitan dari raksasa teknologi seperti Alphabet, Apple, dan Meta, juga memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap pertumbuhan teknologi dan ekonomi digital yang berkelanjutan, kata Jenkin, pendiri oXYGen Financial dan anggota Dewan Penasihat CNBC. 

 

 

3 dari 3 halaman

Patut Diperhatikan Investor

Crypto dapat berperan dalam portofolio investor, terutama yang memiliki toleransi risiko lebih tinggi. "Namun, mereka umumnya harus membatasi paparan mereka," katanya.

“Tentu saja ada kasus untuk pertumbuhan yang agresif, tetapi saya biasanya tidak akan merekomendasikan lebih dari 1% hingga 3%” portofolio dalam cryptocurrency, kata Jenkin.

Laporan bersama Finra-CFA Institute tidak menentukan bagian rata-rata portofolio investor Gen Z yang dialokasikan ke cryptocurrency.

Investor juga harus mempertimbangkannya sebagai investasi jangka panjang yang dimaksudkan untuk dimiliki setidaknya selama 10 tahun, sarannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini