Sukses

China Digadang-gadang Jadi Juara Teknologi Metaverse pada 2023

Ada tanda-tanda yang menunjukkan China akan terus berinvestasi dalam metaverse.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Globaldata, sebuah perusahaan konsultan dan analisis data global, memprediksi China akan menjadi negara terdepan dalam teknologi metaverse selama 2023. 

Perusahaan percaya pengembangan teknologi lain seperti kecerdasan buatan (AI), realitas virtual (VR), augmented reality (AR), dan 6G akan memungkinkan China mengonfigurasi dirinya sebagai hub metaverse.

Laporan tersebut menyatakan pentingnya yang diberikan China pada teknologi aksesori ini akan memungkinkannya menjadi pusat metaverse

Globaldata percaya bahwa ada tanda-tanda yang menunjukkan China akan terus berinvestasi dalam realitas virtual dan kecerdasan buatan dengan tujuan mendorong pembangunan ekonomi negara. 

“Beberapa provinsi dan kota di China telah mempresentasikan rencana untuk menjadi pusat teknologi metaverse, termasuk Shanghai dan Zhejiang di antaranya,” kata Globaldata, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (21/3/2023). 

Kementerian Perindustrian dan TI China baru-baru ini merilis laporan tentang penerapan VR dan teknologi metaverse ke dalam proses industri, yang menunjukkan bagaimana keduanya dapat digabungkan secara efisien. 

Globaldata memperkirakan metaverse akan lebih diapresiasi daripada teknologi lain karena kemungkinan yang dihadirkannya. 

“Investasi Cina dalam teknologi terkait metaverse akan menyoroti nilai metaverse dibandingkan dengan pengalaman satu kali yang ada seperti media sosial, game, atau e-niaga,” pungkas Globaldata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meta Hentikan Fitur NFT di Platform Media Sosial

Meta Platforms Inc menghentikan fitur dukungan untuk koleksi digital atau Non Fungible Token (NFT) pada platformnya kurang dari setahun setelah diluncurkan.

Dilansir dari Decrypt, Selasa (14/3/2023), kepala fintek Meta, Stephane Kasriel mengatakan pemberhentian fitur NFT saat ini adalah cara perusahaan untuk mendukung para kreator, pengguna, dan bisnis. 

Perusahaan meluncurkan fitur dukungan bagi kreator untuk berbagi NFT di Instagram dan Facebook tahun lalu, ketika aset kripto meledak popularitasnya, dengan penjualan NFT terkenal seperti Bored Ape menyentuh miliaran dolar.

Meskipun begitu produk lain dari teknologi blockchain seperti aset kripto Bitcoin terus menurun harganya pada 2022 yang disebabkan berbagai sentimen. Kenaikan suku bunga yang agresif dan runtuhnya berbagai perusahaan kripto besar mendorong harga Bitcoin terus jatuh dari harga tertinggi yang dicapai pada November 3032.

Tahun lalu, Meta membuat dorongan besar ke koleksi digital setelah Mark Zuckerberg, CEO perusahaan induk Instagram, Meta, mengumumkan fitur NFT akan hadir di berbagai platform Meta. Fitur tersebut hanya tersedia untuk grup kreator tertentu, dan tidak pernah dirilis secara luas.

Pada Agustus 2022, untuk mempermudah berbagi NFT, Meta menambahkan postingan silang Ethereum, Polygon, dan Flow NFT antara produk Facebook dan Instagram. Kemudian pada November 2022, Meta juga menambahkan integrasi protokol penyimpanan terdesentralisasi, Arweave, ke platform.

“Kami belajar banyak hal yang dapat kami terapkan pada produk yang terus kami buat untuk mendukung pembuat, orang, dan bisnis di aplikasi kami, baik hari ini maupun di metaverse,” pungkas Kasriel.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 3 halaman

74 Persen Kolektor Membeli NFT untuk Status

Survey yang dilakukan platform metaverse, Metajuice, hampir tiga dari empat kolektor Non Fungible Token (NFT) di platformnya membeli NFT untuk status, keunikan, dan estetika.

Meskipun penjualan NFT saat ini tidak setinggi puncaknya pada 2021, ruang tersebut masih ada, dengan pengguna memberikan berbagai alasan untuk membeli NFT. 

Metajuice mensurvei lebih dari 6.000 pengguna NFT di platform mereka dari seluruh dunia untuk menemukan motivasi di balik pembelian NFT. Hasil survei menunjukkan di antara alasan yang dikemukakan oleh para peneliti, menonjol dan mengenakan NFT sebagai avatar mereka adalah alasan utama pembelian NFT.

Selain itu, 74 persen responden menyoroti mereka tertarik dengan NFT karena status yang mereka berikan. Di sisi lain, 13 persen persen peserta survei mengatakan mereka membeli NFT untuk dijual kembali di masa mendatang.

Presiden Metajuice, John Burris mengatakan memiliki NFT untuk memajang item digital mereka memberikan nilai tambah. Menurut Burris, itu membangun gagasan komunal tentang tren yang dipimpin status di metaverse.

“Orang-orang ingin memiliki hak atas barang-barang yang meningkatkan persepsi status mereka, dan bagaimana barang-barang itu muncul di metaverse karena NFT adalah bagian penting dari itu,” kata Burris, dikutip dari Cointelegraph, Selasa (7/3/2023).

CEO Real Vision dan salah satu pendiri Raoul Pal juga baru-baru ini menyatakan keyakinannya NFT akan bekerja serupa dengan properti kelas atas dalam siklus ledakan pasar. 

Pada 21 Februari, Pal menjelaskan dalam video YouTube memiliki koleksi besar seperti CryptoPunk dan Bored Ape Yacht Club telah menjadi simbol status di dalam ruang kripto. Eksekutif membandingkannya dengan memiliki mobil dan rumah mewah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.