Sukses

About Capital Management Akuisisi Pertukaran Kripto Huobi

Huobi, pertukaran kripto yang masuk 10 besar berdasarkan volume perdagangan menyebutkan About Capital Management menjadi pengendali saham mayoritas

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto Huobi Global, salah satu pos perdagangan token terbesar di Asia telah diakuisisi oleh perusahaan investasi yang berbasis di Hong Kong About Capital Management.

Mengutip Coindesk, ditulis Senin (10/10/2022), dalam unggahan di sebuah blog, Huobi, pertukaran kripto yang masuk 10 besar berdasarkan volume perdagangan menyebutkan About Capital Management menjadi pengendali saham mayoritas setelah kesepakatan selesai. Namun, perubahan kepemilikan itu tidak akan berdampak pada operasi perdagangan.

Berita itu muncul setelah berbulan-bulan spekulasi dan laporan pendiri Huobi Leon Li sedang mencari pembeli untuk 60 persen sahamnya di Huobi, dengan nilai USD 1 miliar. Akan tetapi, ketentuan kesepakatan dengan About Capital tidak diungkapkan.

Di bawah kepemilikan baru, bursa sedang merencanakan ekspansi internasional dan akan menerima “suntikan modal yang cukup dalam margin dan dana cadangan risiko,” demikian disebutkan dalam blog tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Li yang mendirikan Huobi di China pada 2013 mengatakan bursa yang meninggalkan China pada akhir 2021 memulai dorongan globalisasi yang akan dipercepat di bawah About Capital. Adapun token Huobi HT melonjak tajam setelah kabar tersebut.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengintip Prospek Kinerja Bitcoin pada Oktober 2022

Sebelumnya, menjelang akhir pekan, pasar kripto nampak membuat hati investor sedikit muram. Pergerakan pasar aset kripto, terutama Bitcoin kembali turun dari level psikologisnya di level USD 20.000 atau sekitar Rp 305,8 juta), setelah dua hari berturut berada di atasnya.

Secara keseluruhan sejumlah aset kripto, terutama yang berkapitalisasi besar atau big cap melaju lesu ke zona merah pada perdagangan, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan investor mulai menjauhi market kripto setelah beberapa pejabat The Fed kembali angkat suara mengenai kenaikan suku bunga acuan. Presiden Fed Chicago, Charles Evans dan Presiden Fed Minneapolis, Neel Kashkari, yang sepakat menunda untuk bersikap dovish.

"Penegasan atas sikap hawkish The Fed tersebut memudarkan gairah investor di pasar aset berisiko. Akibatnya, mereka pun menjauh dan berhenti melakukan akumulasi sementara," kata Afid, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu, 8 Oktober 2022.

Nilai BTC juga terpantau langsung tenggelam setelah pendaftaran klaim bantuan pengangguran di AS meningkat 29.000 pengajuan pada pekan lalu. 

Data yang mengindikasikan pelemahan ekonomi ini pun langsung menciutkan semangat investor kripto. Di saat yang sama, investor juga menanti perilisan data non-farm payrolls (NFP) AS demi mengais sinyal kebijakan moneter The Fed.

Nasib Kripto pada Oktober

Banyak investor yang masih berharap fenomena 'Uptober' atau 'Octobull' bisa kembali terulang kembali pada Oktober 2022 ini. Biasanya menurut siklus Oktober menjadi bulan yang baik untuk market kripto secara keseluruhan.

3 dari 4 halaman

Kripto pada Oktober 2022

Menurut Bitcoin Monthly Returns, harga BTC selalu naik di bulan Oktober dalam kurung waktu tiga tahun terakhir (2019-2021). Tertinggi nilai BTC sempat melonjak 39,93 persen pada tahun lalu dan itu mendorongnya untuk mencapai all-time high (ATH) pada November 2021 lalu.

"Investor harus lihat secara sadar fenomena tersebut mungkin akan sulit terulang. Tidak hanya kripto, pasar saham secara global pun lagi lesu dan masih dalam tekanan,” kata Afid.

Kripto masih dipercaya sebagai shadow market-nya pasar saham global, jadi akan ada pengaruh yang besar terkait guncangan ekonomi di saat banyak negara yang alami resesi. 

Kekhawatiran makroekonomi seputar inflasi, iklim geopolitik, dan kebijakan moneter telah membuat harga BTC turun sehingga mempengaruhi pasar yang lebih luas juga.

Analisis Jangka Pendek Bitcoin

Dari analisis jangka pendek, pergerakan harga Bitcoin bisa kembali downtrend. Jika valid breakdown, kemungkinan target penurunan berada pada level USD 18.920 yang merupakan harga terendah pada candle harian 2 Oktober.

Level resistance pada level USD 20.576 masih menjadi target naik terdekat Bitcoin. Harga tertinggi pada 12 September di level USD 22.488 menjadi target naik selanjutnya, apabila pergerakan harga Bitcoin berhasil breakout resistance terdekatnya.

4 dari 4 halaman

Laporan Pekerjaan AS Melemah, Bitcoin Kembali Turun di Bawah Rp 305 Juta

Sebelumnya, harga bitcoin (BTC) kembali turun di bawah USD 20.000 atau sekitar Rp 305,8 juta setelah rilis laporan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS yang menunjukkan melemahnya pasar tenaga kerja AS.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu (8/10/2022), kini Bitcoin diperdagangkan di kisaran USD 19.542 (Rp 298,8 juta), turun sekitar 2,11 persen dalam 24 jam terakhir. 

Laporan pekerjaan AS menunjukkan pengusaha AS menambahkan 263.000 pekerjaan pada September, lebih sedikit dari yang diharapkan pasar tetapi masih mencerminkan melemahnya pasar tenaga kerja.

Jumlah pekerjaan mengungkapkan perlambatan signifikan dalam perekrutan dari Agustus, ketika AS menambahkan 315.000 posisi, namun demikian dapat menimbulkan kekhawatiran bagi para gubernur bank sentral yang telah mencoba untuk mendinginkan pasar tenaga kerja yang sangat ketat untuk sebagian besar tahun ini.

Kepala strategi investasi di BMO Wealth Management, Yung-Yu Ma mengatakan laporan pekerjaan menunjukkan tidak ada perubahan untuk sikap The Fed. Adapun menurut dia, saat ini korelasi cryptocurrency dengan saham telah melemah dalam beberapa minggu terakhir tetapi tetap tinggi.

“Kripto tampaknya berada pada titik teknis yang penting di sini di mana sepertinya mencoba mengukir bagian bawah, tetapi terasa berat,” ujar Yu Ma, dikutip dari CNBC, Sabtu (8/10/2022).

Melihat banyak sentimen negatif pasar kripto, Yu Ma melihat kripto masih sanggup untuk menahan penurunan lebih jauh akibat sentimen negatif. 

Pasar kripto telah berada dalam pola bertahan dari berita buruk Federal Reserve berfokus pada penurunan inflasi. 

Sementara data baru menunjukkan kekuatan dalam ekonomi AS, itu dapat membuat Fed lebih mungkin untuk melanjutkan rencana kenaikan suku bunga agresifnya yang memberi tekanan pada saham dan membebani kripto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.