Sukses

Menelisik Potensi Teknologi Conversational AI yang Ubah Industri Kripto

pertukaran cryptocurrency bertenaga conversational AI dapat melibatkan pelanggan mereka kapan saja.

Liputan6.com, Jakarta - Conversational AI merupakan teknologi yang memungkinkan interaksi dua arah dengan cara yang mirip seperti manusia dan kemampuan intuitif, melibatkan pengguna sambil memberikan respons yang cepat dan akurat. 

Co-Founder dan Chief Product Officer platform Total Conversational CX Automation Yellow.ai, Rashid Khan, menuturkan, pertukaran cryptocurrency bertenaga conversational AI dapat melibatkan pelanggan mereka kapan saja melalui dukungan pelanggan omnichannel yang mulus dan saling berhubungan. 

"Hal ini memperkuat pengalaman pelanggan kripto dan memberikan dukungan waktu nyata yang diperlukan untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap platform," ujar Khan dalam kepada Liputan6.com dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (8/6/2022).

"Misalnya, jika pelanggan bertanya, Saya menerima pemberitahuan dana saya telah ditransfer dari satu tempat ke tempat lainnya, tetapi saya tidak melihat ada perubahan apapun dalam kepemilikan saya,” jelas dia.

Demi memahami maksud pengguna dan membantu mereka dengan tindakan selanjutnya, agen conversational AI dinamis memecah pertanyaan tersebut menjadi “dana telah ditransfer dari satu dompet ke dompet lainnya” dan “tidak ada perubahan apapun dalam kepemilikan saya.” Hal tersebut mengarahkan pada resolusi yang akurat tanpa kerumitan dan penundaan. 

Pada dasarnya, salah satu manfaat utama dari conversational AI adalah kemampuannya untuk menangkap dan menafsirkan data percakapan untuk menggambarkan suara pelanggan, memberikan pemahaman yang lebih baik kepada perusahaan tentang apa yang sebenarnya dipikirkan pelanggan. 

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk merasa seperti mereka berurusan dengan orang-orang nyata yang dapat mereka percayai saat mereka melangkah ke dunia cryptocurrency yang luar biasa namun belum dipetakan secara sempurna.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Pengalaman Pelanggan dalam Industri Kripto

Di era ketika pelanggan mengharapkan integrasi layanan yang mulus di berbagai platform, mayoritas pertukaran kripto terus menawarkan dukungan CX dasar melalui saluran komunikasi tradisional telepon dan email dengan tingkat respons yang rendah. Pengguna sering dipaksa untuk mengandalkan FAQ yang diposting di forum kripto.

"Hal ini telah menjadi sumber utama layanan pelanggan yang buruk di pasar cryptocurrency, yang mengakibatkan disfungsi industri di seluruh dunia,” ujar Khan.

Karena volatilitas dunia kripto, maka diperlukan mekanisme dukungan pelanggan yang sangat gesit dan terukur serta kompeten dalam menyelesaikan pertanyaan pelanggan yang sederhana hingga kompleks.

Menurut Khan, untuk menutup celah ini dan memperkuat posisi mereka sebagai platform yang dapat dipercaya oleh pelanggan, perusahaan kripto perlu memperhatikan kebutuhan pelanggan dan menghadirkan pengalaman suara dan obrolan dua komponen penting dari strategi conversational AI. 

 

 

3 dari 4 halaman

Berkembang Pesat di Asia Tenggara

"Hal ini juga akan memudahkan mereka untuk bersaing di industri cryptocurrency dan memantapkan diri mereka sebagai platform yang andal untuk perdagangan cryptocurrency,” ujar Khan.

"Karena pertukaran kripto berada di sektor keuangan yang tumbuh dan berkembang, mereka dapat mengambil manfaat dari mempelajari keberhasilan dunia perbankan yang memiliki model pengalaman pelanggan yang sangat baik,” lanjut dia.

Karena pasar cryptocurrency telah berkembang pesat di Asia Tenggara, Khan mengharapkan pengalaman pelanggan tetap menjadi salah satu prioritas utama industri. 

Hal ini membuktikan strategi conversational AI yang solid dapat membantu pertukaran kripto secara efektif menyusun pertanyaan dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan, tetapi juga dapat memberikan dorongan yang signifikan untuk membangun momen kepercayaan. dengan pelanggan, yang menjadi sebagai salah satu faktor kunci dalam mempromosikan adopsi cryptocurrency yang lebih luas.

4 dari 4 halaman

Mengenal Token ADA, Kripto Jaringan Cardano yang Termasuk Deretan Altcoin Teratas

Sebelumnya, Cardano adalah platform blockchain proof-of-stake (bukti kepemilikan) yang memiliki tujuan untuk memungkinkan “pembuat perubahan, inovator, dan visioner” demi membawa perubahan global yang positif.

Dilansir dari Coinmarketcap, sebagai proyek open source Caradno juga bertujuan untuk “mendistribusikan kembali kekuasaan dari struktur yang tidak bertanggung jawab ke margin individu” membantu menciptakan ekosistem yang lebih aman, transparan, dan adil.

Cardano didirikan kembali pada 2017, dan dinamai dengan polymath Italia abad ke-16 yaitu Gerolamo Cardano. Token ADA asli mengambil namanya dari ahli matematika abad ke-19 yaitu Ada Lovelace, yang secara luas dianggap sebagai programmer komputer pertama di dunia. 

Token ADA dirancang untuk memastikan pemilik dapat berpartisipasi dalam pengoperasian jaringan. Karena itu, mereka yang memegang crypctocurrency ini memiliki hak untuk memilih setiap perubahan yang diusulkan pada perangkat lunak.

Pendiri Cardano

Cardano didirikan oleh Charles Hoskinson, yang juga salah satu pendiri jaringan ethereum . Dia adalah CEO IOHK, perusahaan yang membangun blockchain Cardano.

Pada Agustus 2021, Charles Hoskinson mengumumkan peluncuran hard fork Alonzo, menyebabkan harga Cardano melonjak, naik 116 persen pada bulan berikutnya. Pada 12 September 2021, hard fork Cardano 'Alonzo' secara resmi diluncurkan, membawa fungsionalitas kontrak pintar ke blockchain. Lebih dari 100 kontrak pintar dikerahkan dalam 24 jam berikutnya setelah peluncuran.

Cardano juga digunakan oleh perusahaan pertanian untuk melacak produk segar dari ladang ke garpu, sementara produk lain yang dibangun di atas platform memungkinkan kredensial pendidikan disimpan dengan cara yang tidak mudah rusak, dan pengecer untuk menekan barang palsu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.