Sukses

Belalang Goreng, Kuliner Ekstrim Khas Gunungkidul

Citizen6, Yogyakarta: Memilih oleh-oleh khas dengan cermat sebelum memutuskan untuk membelinya sangatlah penting ketika kita bepergian ke suatu daerah. Oleh-oleh yang tepat akan memberikan kesan tersendiri untuk kita dan orang-orang yang kita bagi.

Claire salah satunya. Blogger asal Filipina ini beberapa waktu lalu sempat bercakap-cakap dengan penduduk lokal untuk memastikan oleh-oleh yang akan ia bayar benar-benar khas dari daerah itu. Menurutnya akan tidak berkesan bila ternyata oleh-oleh yang sudah cape-cape dibeli di suatu daerah ternyata tersedia dimana-mana. Benar juga yah.

Berbicara tempat wisata di Gunungkidul, berwisata ke pantai atau berwisata dengan minat khusus seperti caving, mounteneering, rock climbing dapat dijadikan destinasi menarik bagi Anda yang suka travelling.

Gunung Kidul sebagai daerah pegunungan kapur yang kering dan gersang sangat cocok ditanami singkong. Maka tak heran bila banyak olahan singkong yang menjadi oleh-oleh khas, seperti thiwul, gathot, patilo, keripik/kerupuk singkong, dan lain-lain. Tapi, saya tidak terlalu menyarankan Anda untuk membeli makanan-makanan itu sebagai oleh-oleh, kecuali Anda memang suka. Makanan seperti thiwul, gathot, patilo dan sejenisnya ternyata belakangan ini banyak dijual di kota dan daerah-daerah lain. Bahan olahan itu sangat mudah didapat dimana-mana dan cara membuatnya pun sederhana.

Oleh-oleh Khas yang benar-benar Gunungkidul, menurut saya adalah Belalang Goreng. Belalang adalah sejenis serangga bersayap yang hidup dan berkembang biak dengan baik di Gunungkidul. Belalang dulunya hanya dikenal sebagai hama tanaman kini banyak diburu setelah diketahui mempunyai cita rasa gurih yang sangat khas bila digoreng dengan bumbu-bumbu tertentu. Lama-kelamaan olahan belalang makin disukai bahkan oleh orang-orang non Gunungkidul.

Meskipun bagi saya dan orang-orang Gunungkidul memakan belalang goreng merupakan hal biasa, banyak pula yang mengelompokkan belalang goreng ke dalam ekstrim kuliner. Jadi, bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner ini tidak perlu khawatir kesehatan Anda akan terganggu. Karena belalang goreng telah diteliti dan diketahui sebagai makanan yang sehat, bahkan mempunyai kandungan protein yang lebih banyak dari udang.

Untuk diketahui, tidak semua jenis belalang bisa diolah menjadi belalang goreng. Belalang yang bercita rasa bagus hanyalah jenis belalang Kayu yang berwarna coklat. Jenis belalang lain tidak enak digoreng. Karena hanya belalang jenis ini yang enak digorenglah yang menjadikan belalang goreng benar-benar khas menjadi oleh-oleh Gunungkidul yang sangat sulit didapatkan di daerah lain.

Bahkan di Gunungkidul sekalipun Belalang Goreng hanya mudah didapatkan di Pasar Argosari Wonosari, Pasar Playen, Pasar Paliyan, dan beberapa toko oleh-oleh Khas Gunungkidul. Harga Belalang Goreng dalam satu kemasan toples umumnya antara Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu. Namun bila Anda ingin membeli belalang yang masih mentah dan ingin menggoreng sendiri, Anda bisa mendapatkannya pada sore hari sekitar pukul 4 sore di Jalan Paliyan-Trowono atau di Jalan Wonosari-Semanu. (Jarwadi MJ/Mar)

Jarwadi MJ adalah pewarta warga.

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Loading