Sukses

Wujudkan Mimpi Jokowi, Taman Satwa Ragunan Gelar Dialog Publik

Joko Widodo menaruh perhatian ekstra bagi pengembangan Taman Margasatwa Ragunan menuju Kebun Binatang yang bertaraf internasional.

Citizen6, Jakarta: Pemerintah DKI Jakarta, di bawah kepemimpinan Gubernur Joko Widodo dengan 'Jakarta Baru'-nya menaruh perhatian ekstra bagi pengembangan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) menuju kebun binatang yang bertaraf internasional.

Namun politisi PDIP yang karib disapa Jokowi itu tetap mengharapkan Ragunan mengedepankan fungsi konservasi, dengan memperhatikan kesejahteraan satwa yang ada di sana, di samping fungsi pendidikan, dan rekreasi yang bersifat pendidikan lingkungan, flora, dan fauna.

"Oleh karena itu, Dewan Pengawas menyelenggarakan dialog publik pada 8 Oktober 2013, agar seluruh pemangku kepentingan dapat menyampaikan pikiran-pikirannya sebagai wujud tanggung jawab bersama," kata Hashim Djojohadikusumo yang sejak 7 Mei 2013 ditugaskan menjadi Ketua Dewan Pengawas TMR.

Masukan-masukan tersebut akan sangat bermanfaat untuk penyatuan visi dan menentukan misi pengembangan TMR ke depan yang akan di tuangkan dalam sebuah rencana induk pengembangan TMR. "Mengembangkan TMR menjadi bertaraf internasional dengan tetap berbasis publik memerlukan sebuah perencanaan menyeluruh," jelas adik kandung Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto itu.

Selain dilakukan untuk memperoleh masukan dan pikiran publik, dialog publik ini diharapkan dapat menjaring pikiran para narasumber yang ahli dibidangnya. Adanya kesamaan visi dan misi dalam pengembangan TMR yang dituangkan dalam rencana induk.

"Ini penting, agar ada landasan pijak bagi Dewan Pengawas untuk membangun kerjasama yang diperlukan, menilai pelaksanaan tugas pengelolaan dan hal lain yang diperlukan sesuai dengan fungsi Dewan Pengawas TMR," jelas Hashim.

Dialog Publik ini akan melibatkan semua pemangku kepentingan TMR seperti masyarakat umum, unsur pemerintah, unsur legislatif, akademisi, institusi pendidikan dasar, menengah dan tinggi, pencinta satwa, LSM pemerhati Satwa, praktisi pengelola Kebun Binatang dari dalam dan luar negeri.

Para narasumber yang akan hadir pada acara nanti, di antaranya CEO Taronga Conservation Society Australia MR Cameron Kerr, Direktur SeaWorld Indonesia Sonny W Widjanarko, Direktur Konservasi dan Keragaman Hayati Kementerian Kehutanan Republik Indonesia Dr Novianto Bambang, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi DKI Jakarta Endang Widjajanti, dan Guru Besar ITB di bidang Manajemen Lingkungan Prof Ir H Surna Tjahja Djajadiningrat.

Selain itu juga hadir seorang penulis Indonesia cukup terkemuka yang juga pengamat lingkungan hidup, pelestari, pariwisata, pendidikan dan penulis kolom sosial politik, Eka Budianta yang akan menjadi moderator Dialog Publik ini. (Ida Sudoyo/Mar)

Ida Sudoyo adalah Direktur Corporate Communications dan pewarta warga.

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini