Sukses

SliMS, Komunitas yang Menyediakan Software Perpustakaan

Citizen6, Jakarta: Komunitas SliMS Indonesia merupakan komunitas yang berisi pustakawan, programmer, guru atau siapapun yang tertarik dengan perpustakaan serta teknologi informasi. Komunitas ini direkatkan dengan kesamaan hobi pada sistem informasi perpustakaan SliMS. SliMS sendiri merupakan aplikasi opensource untuk pengelolaan perpustakaan. Siapapun bisa mengunduh, menggunakan, memodifikasi dan menyebarkan aplikasi ini. Website resmi SliMS ada di http://slims.web.id

Pembentukan

Ide pertama komunitas ini adalah para pengembang SliMS sendiri yang membentuk komunitas yang dinamakan SDC (SLiMS Developer Community) sekitar tahun 2008. Namun akhirnya, komunitas ini tersebar di seluruh Indonesia mulai dari SliMS Jogjakarta, SliMS Jabodetabek, SliMS Semarang, SliMS Malang, SliMS Ambon, SliMS Gorontalo dan lain sebagainya. Pengguna SliMS juga berasal dari beberapa negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Bangladesh. Bahkan pengembangannya dibantu programmer dari Jerman, Spanyol, Thailand, Bengali dan juga Brazil.

Tujuan dari komunitas ini adalah meningkatkan kompetensi para pengelola perpustakaan dalam hal teknologi informasi, mempromosikan penggunakan aplikasi opensource dalam pengelolaan perpustakaan, yang pada akhirnya dimaksudkan agar perpustakaan dalam level apapun (sekolah, NGO, perguruan tinggi, pribadi) dapat memperoleh aplikasi sistem informasi perpustakaan yang murah namun teknologinya dikuasai sehingga menumbuhkan kemandirian dalam pengelolaannya.

Komunitas ini beraktifitas secara online dan juga offline. Kegiatan online dilakukan dengan diskusi tentang perpustakaan serta teknologi untuk perpustakaan. Group online ada di facebook(http://slims.web.id/fb/), berbagai blog komunitas SliMS daerah, serta forum http://slims.web.id/forum. Sementara itu kegiatan offline dilakukan dengan berkumpul, belajar bersama tentang software perpustakaan SliMS atau pendampingan pengelolaan perpustakaan pada tiap daerah serta pertemuan secara nasional.

Produk

Komunitas ini juga menciptakan produk. Selain bersama-sama mengembangkan SliMS yang banyak digunakan berbagai perpustakaan, melakukan kegiatan pendampingan serta belajar bersama dalam menggunakan SliMS, komunitas juga mulai membangun berbagai portal katalog induk perpustakaan. Katalog induk merupakan perangkat untuk mencari koleksi berbagai perpustakaan dari satu pintu. Mulai dari komunitas SliMS Jogja yang membangun jogjalib.net/ucs kemudian disusul SliMS Priangan Timur dengan primurlib.net, ambonlib.net, gorontalolib.net, makassarlib.net.

Bagi anda yang tertarik pada dunia perpustakaan, memiliki perpustakaan atau mengelola perpustakaan, mari bergabung dengan komunitas SliMS! (Purwoko/Arn)

*Purwoko adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Loading