Sukses

Mengatasi Alergi Tanpa Obat, 5 Bahan Alami Ini Bisa Dicoba

Anda mungkin sudah mencoba banyak solusi seperti mengonsumsi obat, salah satunya Antihistamin untuk mengurangi gejala alergimu. Kini Anda mungkin ingin mencoba hal lain.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki alergi musiman, Anda tahu itu bisa menjadi tantangan tersendiri. Gejala seperti bersin, mata gatal, hidung tersumbat, dan tekanan sinus bisa menjadi sulit untuk diatasi.

Baik gejala yang Anda alami disebabkan oleh demam, rinitis alergi (hay Fever), atau alergi musiman, banyak obat yang dapat membantu mengatasinya. Namun beberapa obat ini mempunyai daftar efek samping yang panjang.

Anda mungkin sudah mencoba banyak solusi seperti mengonsumsi obat, salah satunya Antihistamin untuk mengurangi gejala alergimu. Kini Anda mungkin ingin mencoba hal lain.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa solusi alami dapat membantu mengatasi alergi, seperti  melansir dari Healthline, Senin (10/6/2024).

1. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang ditemukan dalam makanan nabati seperti jeruk, sayuran hijau, dan buah beri. Memiliki beberapa fungsi, seperti dapat menyembuhkan luka dan mengatasi infeksi.

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2023 menemukan bahwa ini juga dapat membantu memperbaiki gejala rinitis alergi, seperti gatal dan bersin.

Vitamin C juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen. Seorang dokter mungkin menyarankan untuk mengonsumsi ini jika Anda kekurangan vitamin C dan tidak mendapatkan cukup vitamin C melalui makanan.

2. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat membantu menjaga atau meningkatkan tingkat bakteri baik ususmu. Dapat ditemukan pada beberapa sumber makanan, seperti:

  • Yogurt
  • Kol
  • Tempe
  • Krim asam
  • Kombucha

Tinjauan tahun 2021 menunjukkan bahwa probiotik juga dapat membantu mengurangi dan mencegah gejala alergi. Tinjauan tersebut juga menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi gejala asma dan dermatitis atopik.

Jika Anda sering mengalami alergi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak makanan probiotik ke dalam makananmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Quercetin

Quercetin adalah antioksidan yang ditemukan secara alami dalam bawang bombay, apel, jeruk bali dan okra.

Sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa ini juga dapat berfungsi sebagai antihistamin dan mampu mengurangi gejala alergi secara efektif.

Anda dapat membeli quercetin sebagai suplemen, atau cukup menambahkan lebih banyak makanan kaya quercetin ke dalam makananmu (pilihan yang lebih baik dari dua pilihan ini).

3 dari 4 halaman

4. Bromelain

Bromelain merupakan senyawa yang paling banyak ditemukan pada nanas, namun Anda juga bisa menemukannya dalam bentuk suplemen.

Dikenal efektif dalam mengobati gangguan pernapasan dan peradangan yang berhubungan dengan alergi.

Analisis tahun 2023 menemukan bahwa bromelain mungkin efektif melawan sinusitis, sejenis peradangan pada saluran hidung yang disebabkan oleh alergi atau pilek.

Para ahli merekomendasikan untuk mendapatkan bromelain dengan mengonsumsi nanas dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen.

4 dari 4 halaman

5. Butterbur

Butterbur adalah tanaman rawa yang merupakan bagian dari keluarga daisy. Itu ditemukan di seluruh Eropa dan di wilayah Asia dan Amerika Utara.

Penelitian sebelumnya pada tahun 2012 menunjukkan bahwa ini mungkin efektif dalam mengurangi intensitas dan frekuensi serangan migrain.

Tapi mungkin juga bermanfaat dalam mengobati alergi hidung. Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa butterbur adalah pilihan pengobatan alami yang aman dan efektif untuk penderita rinitis alergi.

Butterbur tersedia dalam bentuk ekstrak minyak atau suplemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.