Sukses

Fakta Baru Skandal Burning Sun dan Seungri Terungkap, Goo Ha Ra Punya Peran Penting

Fakta baru terkait skandal Burning Sun terungkap dalam dokumenter yang menyeret nama Seungri tersebut

Liputan6.com, Jakarta Film dokumenter BBC mengungkap fakta baru terkait skandal Burning Sun yang melibatkan Seungri dan Jung Joon young. Menurut tayangan tersebut, mendiang penyanyi K-pop Goo Ha-ra adalah tokoh penting dalam mengungkap selebriti kriminal terkait skandal Burning Sun yang terjadi pada tahun 2019.

BBC Korea meluncurkan film dokumenter berdurasi satu jam pada hari Minggu lalu berjudul "Burning Sun: Mengungkap Rahasia Grup Obrolan K-pop," yang berpusat pada dua reporter wanita Korea yang mengungkap banyak hal tentang kasus ini dan temuan mereka selama proses investigasi.

Film dokumenter tersebut, diikuti dengan artikel tertulis dalam bahasa Korea dan Inggris, menyelidiki apa yang disebut skandal Burning Sun yang dimulai pada akhir tahun 2018 ketika seorang pria bernama Kim Sang-gyo mengklaim bahwa dia diserang oleh staf di klub Burning Sun di Distrik Gangnam, Seoul Selatan.

Berita menyebar dengan cepat dan segera mencakup tuduhan adanya hubungan antara polisi dan klub, permintaan seks Seungri, pimpinan YG Entertainment Yang Hyun-suk dan video seks ilegal dari bintang K-pop, yaitu Jung Joon yung.

Seungri pertama kali dijatuhi hukuman tiga tahun penjara pada Agustus 2021 oleh pengadilan militer, yang kemudian dikurangi menjadi satu setengah tahun oleh Mahkamah Agung karena dia “mengakui semua kejahatannya dan menyesali tindakannya,” menurut putusan tersebut. Seungri dibebaskan dari penjara pada Februari 2023 dan Jung pada Maret tahun ini.

Menurut film dokumenter BBC, mendiang penyanyi Goo membantu reporter tersebut mendapatkan petunjuk dalam kasus ini dengan meyakinkan Choi Jong-hoon, salah satu lingkaran dalam Jung, untuk memberi tahu dia tentang petugas polisi senior yang telah "mengawasi" geng tersebut.

Goo lahir pada tahun 1991 di Gwangju dan memulai debutnya sebagai anggota girl grup Kara pada 24 Juli 2008. Dia meninggal karena bunuh diri pada November 2019 pada usia 28 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seungri Eks Big Bang Jadi Bulan-bulanan Warganet usai Dokumenter Skandal Burning Sun Rilis di YouTube

Seungri eks member grup Kpop Big Bang menjadi bulan-bulanan warganet setelah BBC merilis video dokumenter skandal Burning Sun.

Sekadar informasi, skandal Burning Sun adalah sebuah skandal yang ramai di Korea Selatan dan melibatkan sejumlah nama kpop idol mulai dari Seungri, Jung Joon Young, hingga Choi Jong Hoon eks keyboardist band FT Island.

Ramai di tahun 2019, Burning Sun sebenarnya merupakan nama sebuah klub hiburan di Seoul, Korea Selatan. Parahnya di salah satu ruangan di klub tersebut, ada banyak pengunjung perempuan yang menjadi korban pemerkosaan, pembiusan, hingga perekaman tanpa persetujuan.

Rekaman itu kemudian disebar di grup chat Kakao Talk yang beranggotakan para kpop idol mulai dari Jung Joon Young, Choi Jong Hoon, hingga Seungri.

Belakangan obrolan di grup ini pun terungkap karena seorang sumber anonim memberikannya data ponsel Jung Joon Young kepada wartawan hiburan SBS, Kang Kyung Yoon.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Menengok Kabar Terkini Seungri, Kala Skandal Burning Sun Kembali Jadi Sorotan

Skandal Burning Sun yang menggegerkan Korea Selatan sekitar enam tahun lalu, membuat sejumlah bintang Negeri Ginseng pensiun dini. Salah satunya Seungri, eks member grup K-Pop BigBang.

Kini, skandal besar tersebut Kembali disorot publik, setelah BBC mempublikasikan sebuah dokumenter mengenai kasus ini, pada Minggu (19/5/2024) kemarin. Mata publik otomatis kembali fokus pada Seungri, yang tentu saja menjadi salah satu sosok yang keterlibatannya paling digali di dokumenter ini.

Seungri sebenarnya sudah tak lagi aktif di akun medsos yang ia miliki bertahun-tahun lalu. Instagram diketahui menjalankan kebijakan penghapusan akun, setelah Seungri dijatuhi vonis terkait kekerasan seksual. Namun bukan berarti keberadaannya tak terendus publik.

Justru sebaliknya. Update mengenai Seungri masih sering beredar luas, karena ia masih aktif dalam circle-nya dan tampil dalam sejumlah pesta.

Dilansir dari SBS Star News, pada Desember tahun lalu Seungri tampak merayakan ultah bersama teman-temannya di sebuah restoran mewah di Bangkok. Tampak pula aktor Thailand, Kong Karoon Sosothikul.

Januari tahun ini, video saat ia hadir di sebuah event di Kamboja viral. Seungri tampak berbicara di depan hadirin, sementara di sampingnya tampak kue yang khusus dibuat untuknya.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Profil Seungri, Eks Personel Big Bang yang Disebut Selingkuh saat Berlibur di Bali

Seungri, eks personel boyband asal Korea Selatan Bigbang, baru-baru ini, dikabarkan selingkuh saat berlibur di Bali. Kabar perselingkuhan itu tersebar setelah dua perempuan yang diajaknya berkencan saling mengenal dan melaporkanya ke Dispatch.

Dilansir dari Koreaboo, Kamis 5 Oktober 2023, dalam laporan eksklusifnya, Dispatch merinci bagaimana Seungri membawa dua wanita ke Bali. Ia telah menyusun jadwal perjalanannya dengan hati-hati agar dapat mengencani kedua wanita tersebut.

Ia memastikan agar "Wanita A" datang ke Bali dan berangkat sebelum "Wanita B tiba". Dengan begitu, tanggal perjalanan mereka tidak akan tumpang tindih, dan keduanya tidak akan bertemu. 

Namun, Wanita A dan B memiliki rencana perjalanan dan kencan yang sama, termasuk akomodasi, restoran, dan kafe tepi laut yang sama. Dengan begitu, Wanita B menangkap dan mengonfrontasi Seungri. Seungri lupa bahwa Wanita A dan B saling kenal dan saling mengikuti di Instagram.

"Aku merasa malu banget saat B mengontakku. Setiap rencana kami semua sama. Cuma perempuannya saja yang berubah," kata A.

Sementara B berkata, "Tempatnya sama. Akomodasinya, restorannya, pemandangan pinggir lautnya…semuanya sama. Inilah yang membuatku merinding."

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.