Sukses

11 Tanda Paling Umum Gejala Kanker yang Harus Kamu Perhatikan, Termasuk Perubahan di Kulit

Berikut ini beberapa tanda paling umum gejala kanker yang harus kamu perhatikan

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda peringatan awal kanker bisa jadi tidak kentara, sehingga pesan dari petugas medis selalu jelas - jika ada yang tidak beres, penting untuk menyingkirkannya.

NHS selalu menekankan pentingnya gejala-gejala mengkhawatirkan yang tidak dapat kita abaikan. Tentu saja ada beberapa yang lebih jelas dari yang lain, tetapi situs webnya memberikan gambaran yang jelas bagi siapa pun yang peduli bahwa semuanya tidak berjalan sebagaimana biasanya. 

Pengujian dapat membuat pikiran Anda tenang dan seperti yang selalu diberitahukan kepada kita: semakin cepat suatu masalah ditemukan, semakin baik.

Meskipun 79 persen kasus dapat dicegah, namun di Inggris saja terdapat 48.549 orang yang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. Berikut ini beberapa tanda kanker paling umum yang harus Anda waspadai, dan jika Anda khawatir tentang gejalanya, jangan abaikan – temui dokter Anda. Mungkin bukan apa-apa, namun mendeteksi kanker sejak dini akan membuatnya lebih mudah diobati.

Direktur klinis nasional untuk kanker di NHS Inggris, Profesor Peter Johnson, mengatakan: “Gejala dan tanda peringatan dini kanker bisa sangat bervariasi, ada yang kurang jelas dibandingkan gejala lainnya. Namun yang penting untuk diketahui adalah apa yang normal bagi Anda, sehingga Anda dapat melihat perubahan apa pun. Jika Anda memiliki kekhawatiran, atau jika ada sesuatu di tubuh Anda yang terasa tidak beres, Anda harus menghubungi dokter umum Anda."

Kanker darah adalah jenis kanker kelima yang paling umum terjadi di Inggris, dengan lebih dari 41.000 orang didiagnosis setiap tahunnya. Gejala-gejalanya – seperti sesak napas, berkeringat di malam hari, atau merasa lelah ketika Anda tidak yakin mengapa – bisa jadi hal yang lumrah, namun jika ada yang tidak beres bagi Anda, harap hubungi tempat praktik dokter umum setempat. Menemukan kanker lebih awal dapat menyelamatkan nyawa.”

Berikut ini tanda-tanda tersebut seperti dihimpun dari Mirror.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Batuk, nyeri dada dan sesak napas

NHS mengatakan Anda harus berbicara dengan dokter umum jika Anda menderita batuk selama 3 minggu atau lebih. Gejala seperti sesak napas atau nyeri dada juga bisa menjadi tanda penyakit seperti pneumonia. Segera bicarakan dengan dokter umum jika Anda mengalami gejala-gejala seperti ini.

2. Perubahan kebiasaan buang air besar

Bicaralah dengan dokter umum jika Anda melihat perubahan pada kebiasaan buang air besar Anda yang biasa dan itu berlangsung selama 3 minggu atau lebih.

Jenis perubahan yang harus diwaspadai meliputi:

  • ketidaknyamanan perut
  • darah di kotoranmu
  • diare atau sembelit tanpa alasan yang jelas
  • perasaan belum buang air besar sepenuhnya setelah ke toilet
  • nyeri di perut atau pantat (anus)
  • kotoran Anda encer, pucat atau terlihat berminyak

3. Kembung

Bicaralah dengan dokter umum jika Anda mengalami kembung selama 3 minggu atau lebih.

 

3 dari 5 halaman

4. Berdarah

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter umum jika Anda mengalami pendarahan yang tidak diketahui penyebabnya, seperti:

  • darah dalam urin Anda
  • pendarahan vagina di antara periode menstruasi pendarahan vagina setahun atau lebih setelah menopause (pendarahan pascamenopause)
  • pendarahan dari pantat Anda
  • darah saat Anda batuk
  • darah dalam muntahan Anda
  • pendarahan vagina di antara periode menstruasi
  • pendarahan vagina satu tahun atau lebih setelah menopause
  • berdarah dari pantatmu
  • darah saat Anda batuk
  • darah dalam muntahanmu

5. Benjolan

Bicaralah dengan dokter umum jika Anda melihat adanya benjolan di payudara Anda atau jika Anda memiliki benjolan yang ukurannya semakin membesar di bagian lain tubuh Anda.

Penting untuk memeriksa payudara, ketiak, selangkangan, dan testis Anda secara teratur untuk mengetahui adanya benjolan atau perubahan baru.

 

4 dari 5 halaman

6. Tahi lalat

Bicaralah dengan dokter umum jika Anda memiliki tahi lalat yang:

  • berubah bentuk atau terlihat tidak rata
  • berubah warna, menjadi lebih gelap atau memiliki lebih dari 2 warna
  • mulai terasa gatal, mengeras, mengelupas, atau berdarah
  • menjadi lebih besar atau lebih menonjol dari kulit

Setiap perubahan ini berarti ada kemungkinan Anda menderita melanoma, sejenis kanker kulit yang serius.

7. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter umum jika berat badan Anda turun drastis dalam beberapa bulan terakhir yang tidak dapat dijelaskan oleh perubahan pola makan, olahraga, atau stres.

8. Sakit perut atau punggung

Bicaralah dengan dokter umum jika Anda merasakan sakit di bagian perut atau punggung dan Anda tidak yakin apa penyebabnya. Ini termasuk nyeri tumpul yang selalu ada atau nyeri tajam yang datang dan pergi.

 

5 dari 5 halaman

9. Gangguan pencernaan dan mulas

Beberapa jenis kanker dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau mulas dan refluks asam. Ini bisa terasa seperti rasa terbakar di dada (mulas) dan membuat Anda bersendawa atau cegukan lebih dari biasanya. Bicaralah dengan dokter umum jika Anda sering mengalami gejala-gejala ini dan tidak yakin mengapa Anda mengalaminya.

10. Kulit gatal atau kuning

Bicaralah dengan dokter umum jika kulit Anda gatal, dan kulit atau bagian putih mata Anda menguning. Kencing Anda mungkin juga terlihat lebih gelap dari biasanya.

11. Merasa lelah dan tidak sehat

Pada beberapa jenis kanker, gejalanya mungkin lebih sulit untuk diperhatikan. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter umum jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak beres, atau Anda terus merasa lelah dan tidak enak badan dan tidak yakin alasannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.