Sukses

Fungsi Blush On dan Cara Memilih Produk yang Tepat

Blush on memiliki peran penting dalam penggunaan make up. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi dan cara memilih produk blush on yang tepat, simak artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Blush on telah lama menjadi salah satu elemen terpenting dalam dunia makeup, karena memberikan kilau alami dan membangkitkan warna pada pipi. Namun, selain memberikan sentuhan warna yang menyegarkan, blush on memiliki peran penting dalam menciptakan dimensi dan kesan wajah yang sehat. 

Salah satu manfaat utama dari blush on adalah kemampuannya untuk memberikan kesan segar dan alami pada wajah. Dengan tepukan lembut di pipi, blush on dapat menambahkan sentuhan warna yang menyala, serta memberikan ilusi kulit yang sehat dan bercahaya.

Memilih blush on yang tepat adalah kunci untuk mencapai tampilan yang diinginkan. Dari formula hingga warna, terdapat berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit, sehingga tampilan make up menjadi lebih sempurna tanpa merusak kulit wajah.

Untuk mengetahui lebih dalam, simak apa saja fungsi blush on dan cara memilihnya, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (01/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Apa Saja Fungsi Blush On?

Dalam berbagai langkah make up wajah, blush on dianggap sebagai salah satu yang paling penting. Karena itu, produsen kosmetik saling berlomba-lomba untuk menciptakan produk blush on yang berkualitas. Tetapi, apa sebenarnya peran blush on dalam proses merias wajah? Mari kita lihat beberapa poin berikut.

  • Mempertegas Tulang Pipi: Memiliki tampilan wajah yang tirus menjadi keinginan bagi banyak orang. Dengan menggunakan blush on, tulang pipi dapat dipertegas sehingga memberikan kesan wajah yang lebih tegas dan tirus.
  • Memberikan Kesan Segar dan Sehat pada Wajah: Seringkali, kulit wajah bisa terlihat pucat atau kusam. Untuk menyamarkan hal ini, penggunaan blush on sangatlah berguna, terutama saat akan menghadiri acara penting. Warna yang diberikan oleh blush on mampu memberikan kilauan alami pada pipi dan menjadikan wajah terlihat lebih segar.
  • Menciptakan Penampilan yang Lebih Muda: Dengan wajah yang terlihat lebih segar dan sehat berkat blush on, seringkali juga penggunaan blush on memberikan kesan awet muda. Kesegaran ini memiliki peran penting, terutama bagi yang aktif berinteraksi dengan banyak orang.
3 dari 13 halaman

Cara Memilih Produk Blush On yang Tepat

Sebelum membeli dan memakai blush on untuk make up, ada beberapa tips yang perlu diketahui dalam memilih produk yang tepat, sehingga bisa mendapatkan hasil make up yang maksimal dan tidak mengecewakan. Berikut beberapa cara memilih produk blush on:

4 dari 13 halaman

1. Pilih Blush On dengan Hasil Akhir Matte atau Semi Matte agar Pemakaian Lebih Tahan Lama

Blush on dengan hasil akhir matte atau semi-matte, yang memberikan tampilan bebas kilau. Jenis ini cocok untuk riasan sehari-hari dengan tampilan yang natural.

Formula ini juga lebih tahan terhadap keringat dan minyak, serta dapat membantu mengontrol kilap berlebih di wajah. Bagi yang menginginkan blush on yang tahan lama saat beraktivitas, jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sedangkan blush on dengan hasil akhir velvet dan satin sering dihasilkan oleh produk seperti cream blush, liquid blush, atau stick blush. Jenis ini cocok bagi mereka yang menyukai riasan dewy ala Korean look.

Blush on dengan hasil akhir shimmer yang berkilau cocok untuk menciptakan makeup yang glowing. Jenis ini biasanya mengandung partikel shimmer atau glitter yang halus. Meskipun dapat memperkuat efek tekstur kulit, disarankan untuk menghindari jenis ini jika memiliki pori-pori besar atau bekas jerawat di area pipi.

5 dari 13 halaman

2. Pilih Blush On Warna Mauve atau Peach untuk Kulit Sawo Matang

Jika memiliki kulit yang netral, medium, atau sawo matang, bisa memilih blush on dengan warna yang cenderung ke mauve (merah muda keunguan) atau peach (orange kekuningan). Warna peach akan memberikan sentuhan cerah pada kulit medium dengan warna hangat. Sedangkan, nuansa mauve akan terlihat menarik pada undertone kulit yang sejuk.

Untuk menciptakan tampilan yang lebih mencolok, bisa juga mencoba blush on dengan warna berry. Blush on berwarna berry atau merah keunguan akan menambah kesan sensual pada wajah. 

6 dari 13 halaman

3. Pilih Powder Blush untuk Pemula agar Lebih Mudah Mengaplikasikannya

Salah satu varian blush on yang paling umum dijumpai adalah powder blush, yaitu perona pipi dalam bentuk bubuk. Ada beberapa jenis powder blush yang memiliki tekstur mirip bedak tabur, tetapi ada juga yang menyerupai bedak padat. Secara umum, jenis ini mudah dibaurkan atau di-blend, memungkinkan pengguna untuk mengatur intensitas warna sesuai keinginan pada pipi.

Penggunaan blush on tipe powder melibatkan penggunaan kuas atau brush khusus untuk blush on. Beberapa produk menyertakan kuas dalam kemasannya, namun pengguna juga bisa menggunakan kuas yang lain. Tipe ini sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak karena tidak menambah kilap pada wajah.

7 dari 13 halaman

4. Untuk Remaja, Pilih Blush On dengan Formula yang Ringan dan Berwarna Natural

Untuk remaja yang cenderung memiliki produksi minyak yang berlebih di wajah, disarankan untuk memilih blush on dengan formula yang ringan. Tujuannya adalah agar blush on tidak menyumbat pori-pori kulit dan berpotensi menyebabkan jerawat.

Selain itu, bagi remaja juga disarankan untuk memilih blush on dengan warna-warna alami, seperti peach atau pink lembut. Merek lokal seperti Emina dan TAVI bisa menjadi pilihan yang baik saat mencari blush on yang cocok untuk remaja.

8 dari 13 halaman

5. Pertimbangkan Blush On Multifungsi untuk Menghemat Budget

Baru-baru ini, produsen kosmetik lokal telah melakukan inovasi dengan memperluas fungsi dari blush on. Selain memberikan warna pada pipi, beberapa produk kini dapat digunakan juga pada kelopak mata dan bibir. Selain memudahkan dan menghemat biaya, kosmetik multifungsi ini mampu menciptakan penampilan yang lebih baik dalam make up.

9 dari 13 halaman

Blush On Fungsinya untuk Apa?

Blush on, juga dikenal sebagai perona pipi, adalah salah satu produk kosmetik yang dimanfaatkan untuk memberikan warna atau meningkatkan keindahan pada tampilan wajah. Produk ini mengandung pigmen dalam rentang konsentrasi yang bervariasi, sehingga menghasilkan beragam warna yang dapat dipilih.

10 dari 13 halaman

Apa Gunanya Cream Blush?

Blush on krim tidak hanya memberikan warna pipi yang alami, tetapi juga menjaga kelembaban kulit tanpa menyebabkan kekeringan. Agar tampilan terlihat lebih alami, Baebellines disarankan untuk meratakan blush on krim ini dengan sempurna.

11 dari 13 halaman

Apa Warna Blush On yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang?

Blush on dengan nuansa peach kecokelatan sangat sesuai untuk kulit sawo matang karena dapat menciptakan kesan hangat pada wajah. Penggunaan blush on ini memberikan sentuhan tampilan makeup yang agak mencolok, tetapi pada saat yang sama memberikan kilau alami pada kulit.

12 dari 13 halaman

Kulit Kuning Langsat Cocok Pakai Blush On Warna Apa?

Untuk mereka yang memiliki kulit kuning langsat dan ingin menciptakan tampilan yang lebih feminin, disarankan untuk memilih blush on dalam warna-warna seperti soft coral, rose pink, dan soft pink. Pilihan warna-warna ini akan memberikan sentuhan manis dan feminin pada penampilan Anda.

13 dari 13 halaman

Apakah Blush On Powder Lebih Tahan Lama?

Dengan memanfaatkan blush on bubuk, Anda memiliki kendali penuh atas intensitas warna yang ingin Anda aplikasikan pada pipi. Selain itu, blush on bubuk memiliki keunggulan dalam daya tahan yang lebih baik dan cocok digunakan untuk berbagai jenis kulit. Ragam warna blush on bubuk pun sangat beragam, mulai dari nuansa pink, peach, merah muda, hingga merah dan cokelat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini