Sukses

Seorang Wanita Dipenjara 7 Tahun Usai Beri Ulasan Negatif pada Produk Makanan

Seorang wanita asal Nigeria harus menghadapi hukuman hingga tujuh tahun penjara usai memposting ulasan online yang negatif untuk sekaleng pure tomat. Tindakannya tersebut dinilai melanggar undang-undang kejahatan dunia maya di negaranya. Yuk, simak fakta lengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Chioma Okoli, seorang wanita asal Nigeria, telah dihukum penjara selama tujuh tahun karena dituduh melakukan pelanggaran undang-undang kejahatan dunia maya di negaranya. Dia melakukan tindakan tersebut dengan menyebarkan ulasan negatif secara berlebihan tentang sebuah kaleng pure tomat melalui media sosial. Ulasan yang berlebihan tersebut memiliki potensi untuk menyebabkan kerugian bagi perusahaan makanan. Oleh karena itu, tindakan Chioma dianggap sebagai tindakan kejahatan oleh hukum di negaranya.

Berikut ini fakta lengkap tentang kronologi Chioma Okoli menghadapi hukuman penjara tujuh tahun akibat ulasan negatif, dikutip dari odditycentral.com (17/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Kronologi Awal

Pada bulan September tahun lalu, Chioma Okoli, yang berusia 39 tahun, membagikan pendapatnya tentang sekaleng pure tomat yang baru saja dibelinya melalui akun Facebooknya. Dia mengkritik bahwa pure tomat tersebut mengandung terlalu banyak gula. Selanjutnya, Chioma mengajak teman-teman dan pengikutnya untuk berbagi pendapat mereka juga. Postingan Chioma menjadi viral di platform jejaring sosial Meta, dengan lebih dari 3.000 komentar, termasuk satu komentar dari seseorang yang mengaku sebagai saudara perempuan dari pendiri Erisco Foods Limited, produsen pure tomat kalengan tersebut. Mereka meminta Chioma untuk menghentikan kritik terhadap produk tersebut dan mencoba opsi lain.

3 dari 10 halaman

Ulasan yang Diposting Chioma Okoli

"Saya pergi ke toko kemarin untuk mencari tomat kalengan yang akan saya gunakan untuk membuat sup, tapi ternyata tidak ada yang saya cari. Jadi, akhirnya saya memutuskan untuk membeli yang tersedia," tulis Chioma Okoli dalam postingan aslinya di akun Facebook.

"Ketika saya membukanya, saya langsung mencicipinya! Rasanya terlalu manis! Haa, biko, tolong beritahu saya apakah kamu pernah menggunakan tomat kaleng ini sebelumnya, karena ini adalah situasi yang ...!" lanjutnya.

4 dari 10 halaman

Tuntutan Perusahaan Erisco Food Limited

Pada tanggal 24 September, ketika Chioma berada di sebuah gereja di Lagos, dia disergap oleh polisi yang berpakaian preman dan ditangkap atas tuduhan "menghasut Erisco Foods Limited", dengan dasar Pasal 24 (1) (B) Undang-Undang Nigeria tentang Larangan Kejahatan Dunia Maya. Chioma ditahan di dalam sel yang bocor selama satu hari sebelum akhirnya dibawa ke ibu kota Nigeria, Abuja.

Erisco Foods Limited, produsen saus tomat yang dibahas oleh Chioma Okoli dalam postingan Facebooknya, juga menuntut wanita Nigeria tersebut. Mereka mengajukan gugatan sebesar 5 miliar naira terhadapnya. Perusahaan tersebut mengklaim bahwa paparan negatif menyebabkan masalah serius, termasuk kehilangan beberapa pemasok dan pembatasan akses kredit. Meskipun mendapat tekanan dari masyarakat, pendiri Erisco, Eric Umuofia, menyatakan bahwa ia lebih memilih mati daripada membiarkan reputasinya yang telah dibangun selama 40 tahun dihancurkan oleh siapa pun.

5 dari 10 halaman

Hasil Persidangan

Akibat mengekspresikan pendapatnya dengan ulasan negatif di media sosialnya, Chioma sekarang dihukum tujuh tahun penjara atau didenda 7 juta naira (sekitar Rp.99.726.489). Dia dijadwalkan menghadiri pengadilan pada 18 April untuk mendengarkan dakwaannya.

6 dari 10 halaman

Apa Itu Ulasan Negatif?

Ulasan negatif adalah salah satu batu loncatan agar bisnis Anda bisa melakukan upgrade layanan dengan lebih baik. Ulasan negatif biasanya terjadi karena kekecewaan dan ekspektasi konsumen yang terlalu tinggi. Hal ini dapat dikendalikan dengan menggunakan langkah terbaik sebagai solusi penanganan masalah mereka.

 

7 dari 10 halaman

Apa yang Dimaksud Kekurangan Pada Teks Ulasan?

Kekurangan dalam teks ulasan maksudnya adalah hal-hal yang masih perlu diperbaiki atau masih bisa ditingkatkan lagi dalam karya yang diulas. Contoh penulisan kekurangan: Terdapat beberapa penggunaan bahasa asing yang menyulitkan membaca ketika membaca novel tersebut.

8 dari 10 halaman

Apa Arti Dari Teks Ulasan?

Teks yang berisi penilaian terhadap sebuah hasil karya adalah teks ulasan. Jenis teks ulasan ini biasanya digunakan untuk menilai hasil karya seperti film, artikel, cerpen atau sebuah buku. Teks ulasan bisa juga disebut dengan teks resensi atau review karena isinya memang fokus memberikan suatu ulasan.

9 dari 10 halaman

Ulasan Apakah Sama dengan Review?

Review sendiri adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti tinjauan atau ulasan. Secara pengertiannya, Review adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memberikan ulasan terhadap sesuatu hal yang sudah pernah mereka coba sebelumnya.

 

10 dari 10 halaman

Mengapa Kepuasan Pelanggan Sangat Penting Bagi Perusahaan?

Kepuasan pelanggan merupakan kunci sukses sebuah bisnis. Pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal. Mereka akan cenderung melakukan pembelian ulang dan menjadi promotor bagi produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan perusahaan melalui metode word of mouth.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.