Sukses

Tanpa Digoreng 2 Kali, Begini Trik Bikin Peyek Tipis dan Renyah Tahan Lama

Dengan teknik yang tepat, membuat rempeyek tipis dengan kriuk yang tahan lama ternyata tidak harus digoreng dua kali, lho! Mari cari tahu bagaimana caranya.

Liputan6.com, Jakarta Rempeyek sering dijadikan sebagai lauk pendamping, salah satunya dalam hidangan nasi pecel. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat makanan satu ini juga banyak digemari sebagai camilan.

Dalam membuat rempeyek sendiri, kebanyakan orang melakukan penggorengan sebanyak dua kali agar bisa mendapatkan tekstur rempeyek yang kriuk. Namun sebaliknya, kanal YouTube Dapur Mamaku membagikan trik membuat rempeyek renyah dan tipis cukup dengan sekali proses menggoreng.

Untuk langkah-langkah selengkapnya dapat disimak dalam penjelasan yang dirangkum pada Kamis (16/5/2024) berikut ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Bahan-bahan

Bahan adonan:

  • 200 gr tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioka/kanji
  • 150 gr kacang tanah yg dibelah dua
  • 300 ml air
  • 12 lbr daun jeruk diiris tipis
  • 1 butir telur

Bahan Bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm kencur
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
3 dari 13 halaman

Siapkan Bumbu Halus

Haluskan bawang putih, kemiri, dan kencur bersama dengan garam, ketumbar, dan merica. Cara menghaluskannya opsional, bisa menggunakan blender ataupun cobek.

Jika menggunakan cobek, iris-iris bawang putih, kemiri dan kencur terlebih dahulu untuk mempermudah proses mengulek.

4 dari 13 halaman

Buat Adonan Rempeyek

Larutkan bumbu halus dengan 300 mililiter air. Jika bumbu sudah larut, tambahkan tepung tapioka dan tepung beras.

Kemudian, tambahkan kocokan telur dan irisan daun jeruk. Aduk hingga telur tercampur merata dengan adonan tepung.

5 dari 13 halaman

Goreng Rempeyek

Panaskan minyak di wajan cekung. Cara menggorengnya, ambil satu sendok sayur adonan dan tambahkan kacang tanah secukupnya.

Kemudian, tuangkan di bagian tepi wajan sambil digeser. Ini agar adonan bisa perlahan turun dari sisi wajan ke minyak panas, sehingga hasilnya bisa tipis.

6 dari 13 halaman

Goreng hingga Kecoklatan

Balik rempeyek ketika warnanya sudah menguning. Caranya, dengan spatula, siramkan minyak panas sedikit demi sedikit ke bagian adonan yang menempel di sisi wajan dan tidak terkena minyak. Kemudian, balik adonan dan lanjutkan menggoreng hingga berwarna kecoklatan.

7 dari 13 halaman

Kendalikan Api

Ketika pertama menuangkan adonan, gunakan api besar. Kemudian, kecilkan api saat proses penggorengan berlangsung.

Hal ini bertujuan agar saat dituangkan ke sisi wajan, adonan bisa menempel dengan baik, sehingga bisa tipis. Sedangkan api kecil saat menggoreng bertujuan agar rempeyek matang sempurna dan tidak gosong. 

8 dari 13 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Masak Rempeyek

9 dari 13 halaman

Apa yang Membuat Rempeyek Jadi Keras?

Menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama dalam pembuatan rempeyek akan menghasilkan tekstur yang keras. Oleh karena itu, penambahan tepung sagu diperlukan agar rempeyek memiliki tekstur yang lebih renyah dan ringan.

10 dari 13 halaman

Apa Fungsi Tepung Maizena pada Rempeyek?

Adonan biasanya dibuat tidak hanya dari tepung terigu, tetapi juga dicampur dengan tepung bebas gluten atau tepung pati seperti maizena. Campuran ini akan mengurangi jumlah gluten dalam adonan. Dengan begitu, gorengan yang dihasilkan akan tetap renyah dalam waktu lama dan tidak berminyak.

11 dari 13 halaman

Bagaimana Cara Agar Peyek Tidak Berminyak?

Setelah diangkat dari minyak, letakkan peyek di peniris. Kemudian, pindahkan perlahan ke dalam baskom atau nampan yang sudah dialasi kertas atau tisu dapur. Langkah ini bertujuan untuk menyerap minyak yang masih tersisa di permukaan peyek, sehingga menghasilkan tekstur yang renyah dan bebas minyak.

12 dari 13 halaman

Apakah Membuat Peyek Harus Pakai santan?

Peran santan dalam pembuatan peyek sangat penting. Gatot menjelaskan bahwa santan bertugas menambah cita rasa gurih pada peyek. Selain itu, santan juga berperan dalam menciptakan tekstur yang renyah. Penggunaan santan harus disesuaikan dengan bahan lain, seperti telur, tepung, dan bumbu halus agar hasilnya maksimal.

13 dari 13 halaman

Apa Manfaat Kemiri untuk Peyek?

Kemiri memiliki kandungan lemak yang dapat menjadikan peyek menjadi renyah, gurih, serta lembut. Akan tetapi, sebelum diolah, kemiri perlu disangrai terlebih dahulu guna menghilangkan racunnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini