Sukses

6 Kebiasaan Malam Hari yang Menjamin Tidur Nyenyak

Kita cenderung mengadopsi kebiasaan buruk yang bedampak langsung pada kesehatan dan juga kualitas tidur. Oleh karena itu, ketahui beberapa kebiasaan malam hari yang bisa menjamin tidur nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kita menjalani rutinitas dengan serba cepat dan melelahkan, terkadang kita tergoda untuk melepaskan hal-hal yang sebenarnya baik untuk kesehatan kita, misalnya tidur malam yang nyenyak.

Atau, kadang-kadang, betapapun lelahnya kita, kita tidak bisa sekadar memejamkan mata dan tidur nyenyak. Sebab, kita cenderung mengadopsi kebiasaan buruk yang bedampak langsung pada kesehatan dan juga kualitas tidur.

Oleh karena itu, ketahui beberapa kebiasaan malam hari yang bisa menjamin tidur nyenyak, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (16/4/2024).

1. Ubah posisi tidur

Posisi tidur terbaik adalah telentang. Hal ini tentu baik untuk tulang belakang dan leher bagian belakang, namun bisa menyebabkan mendengkur dan sleep apnea.

Di sisi lain, tidur tengkurap memiliki lebih banyak kerugian dibandingkan kelebihannya. Posisi ini memaksamu untuk menoleh, yang bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat parah pada tubuh bagian atas.

Jika Anda tidur miring, Anda bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang, tetapi pinggulmu akan terpengaruh. 

Dalam posisi janin, otot-otot secara alami rileks dan refluks serta mulas berkurang. Namun, posisi ini bisa membuat sulit bernapas. Jadi, penting untuk mengubah posisi tidur dari waktu ke waktu untuk mendapatkan tidur nyenyak.

2. Usahakan untuk selalu bangun dan tidur pada jam yang sama 

Penting untuk diketahui bahwa tidur ditentukan oleh ritme sirkadian, yakitu jam biologis 24 jam bervariasi pada setiap orang.

Jadi, untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan bangun dengan langkah yang benar, penting untuk menerapkan ritme yang konsisten dalam hal waktu tidur dan, yang terpenting, bangun. 

Bangun terlambat di pagi hari akan menunda waktu tidur berikutnya, dan berdampak pada tidur malam berikutnya jika perilaku tersebut berulang.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki ritme yang teratur untuk merasakan kelelahan tertentu yang mengingatkan kita bahwa sudah waktunya untuk tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Ranjang hanya untuk tidur

Tempat tidur harus dianggap sebagai tempat yang didedikasikan khusus untuk tidur. Aktivitas lain yang tidak sesuai dengan tidur harus dihilangkan. Jadi, sebaiknya kita tidak menonton serial Netflix berjam-jam, makan, atau membaca di tempat tidur. 

Yang penting, tidurlah hanya ketika kita ingin tidur. Jika Anda masih belum mengantuk, lebih baik bangun dari tempat tidur. Tetap di tempat tidur bisa memicu kecemasan yang membuatmu lebih sulit tertidur.

Ranjang menjadi tempat relaksasi yang pertama dan terpenting, di mana kita harus menjauhkan semua pikiran negatif.

4. Hindari melakukan olahraga pada sore atau malam hari

Terkadang hari-hari kita panjang, sehingga kita menunda aktivitas fisik hingga malam hari, dan ini merupakan kesalahan serius.

Berolahraga di penghujung hari akan meningkatkan suhu tubuh, mengaktifkan kita secara fisik dan psikologis dan kedua faktor ini tidak sejalan dengan tidur malam yang nyenyak. 

Selain itu, cobalah untuk menghindari mandi air panas sesaat sebelum tidur, serta aktivitas intelektual yang intens hingga larut malam.

 

3 dari 3 halaman

5. Makan malam ringan akan membantumu tidur lebih nyenyak

Untuk tidur lebih nyenyak, yang terbaik adalah makan malam ringan dan hampir selalu pada waktu yang sama. Sangat penting untuk menghindari makan makanan terlalu berat sebelum tidur. 

Namun hati-hati, ini bukan soal tidak makan sama sekali karena Anda pasti akan terbangun dengan keinginan yang sangat besar untuk mencari makanan untuk dimakan.

Anda juga harus menghindari minuman berenergi seperti kopi atau kafein lainnya, karena tidak ada yang lebih baik dari teh herbal sebelum tidur.

6. Ciptakan lingkungan yang nyaman sebelum tidur

Ketika kondisinya nyaman, maka kita akan lebih mudah tertidur. Cahaya lembut, musik lembut dan tempat tidur yang nyaman adalah tiga unsur untuk tidur yang nyenyak. 

Faktor lain yang perlu dikendalikan adalah kebisingan, yang harus dihindari dengan cara apa pun, dan suhu ruanganmu, yang tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin. Di sisi lain, semua jenis layar cahaya biru harus dimatikan sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.