Sukses

10 Tokoh Protagonis Anime Terbaik Sepanjang Masa

Para tokoh protagonis memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan jalan cerita dan memengaruhi bagaimana cerita tersebut berkembang. Dan berikut ialah sepuluh jajaran berdasarkan peringkat tokoh protagonis terbaik dalam anime.

Liputan6.com, Jakarta Para tokoh protagonis memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan jalan cerita dan memengaruhi bagaimana cerita tersebut berkembang.

Salah satu cara protagonis memengaruhi jalan cerita adalah melalui tindakan dan keputusan mereka. Tindakan mereka seringkali menjadi pemicu peristiwa yang terjadi selanjutnya dalam cerita. Misalnya, keputusan protagonis untuk bertarung melawan musuh bisa menjadi pendorong untuk mengembangkan konflik yang lebih besar atau memperkenalkan karakter baru yang penting dalam cerita.

Sulit untuk mendefinisikan secara akurat apa yang membuat seorang protagonis anime yang baik, karena ini adalah konsep yang sangat berlapis-lapis dan rumit.

Namun secara umum, tokoh protagonis anime yang hebat adalah seseorang yang dapat didukung oleh para penonton, dan memiliki kemauan yang kuat, mampu berkembang secara substansial, dan akhirnya, dapat membuat Anda merasa masuk ke dalam cerita yang disuguhkan dalam anime tersebut.

Ada banyak sekali anime yang kehilangan para penontonnya atau bahkan tokoh protagonis tersebut tidak menarik, karena tokoh protagonis dalam serial tersebut tidak berpengaruh secara signifikan dalam jalannya cerita, sehingga sulit bagi para penonton untuk mendukung dan menyemangati mereka.

Terkadang, bahkan cerita yang spektakuler pun tidak dapat menyelamatkan sebuah anime dari tokoh utama yang buruk.

Inilah sebabnya mengapa ketika sebuah seri memiliki protagonis yang hebat, mereka benar-benar mendefinisikan anime tersebut dan dapat mengubah perspektif bagi para pentonton untuk memberikan mereka gelar “anime terbaik” sepanjang anime yang pernah mereka tonton.

Dan berikut ialah sepuluh jajaran berdasarkan peringkat tokoh protagonis terbaik dalam anime, melansir dari Collider.com, Senin (25/03/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

10. Shinji Ikari dari anime Neon Genesis: Evangelion

Shinji Ikari adalah putra dari Gendo Ikari, komandan NERV.

Setelah ditinggalkan oleh ayahnya hampir sepanjang hidupnya, dia dipanggil untuk menjadi pilot robot yang disebut Evangelion Unit-01 ketika adanya Angel, yaitu ancaman supernatural seperti kaiju.

Ia pun didoktrin untuk menjadi pilot permanen Evangelion Unit-01, yang dimana hal ini bertentangan dengan keinginannya sendiri.

Sementara banyak protagonis anime cenderung bersandar pada fantasi yang dapat mendorong semangat para penonton, dan karakter-karakter mereka memiliki tekad yang kuat, Shinji Ikari adalah kebalikannya.

Di mana protagonis seperti Goku memiliki kekuatan dan tekad untuk menang, Shinji memiliki kecemasan, trauma, dan kebencian terhadap diri sendiri. Namun, di balik semua itu, Shinji memiliki rasa tanggung jawab yang kuat dan kepedulian yang mendalam.

Shinji adalah seorang pemuda yang terluka oleh masa lalunya, dan daripada menjadi fantasi kekuatan bagi sebagian besar penonton, dia itu bagaikan cermin karena Shinji adalah tokoh protagonis yang hebat karena betapa nyatanya dia dengan realitas kehidupan, membuatnya semakin mudah dipahami bagi para penonton.

3 dari 11 halaman

9. Guts dari anime Berserk

Setelah menjadi tentara bayaran hampir sepanjang hidupnya, Guts mulai menemukan tujuan baru dalam hidupnya setelah bergabung dengan Band of the Falcon.

Setelah menghabiskan begitu banyak waktu untuk mereka, Guts memutuskan untuk keluar dari Band of the Falcon dan mengejar mimpinya sendiri, membuatnya berada di jalur untuk berhadapan dengan God Hand.

Guts tidak hanya menjadi anti-hero yang keren berkat baju zirahnya yang mengagumkan dan keahliannya dalam bertarung yang luar biasa, tetapi di atas semua itu, dia adalah karakter yang sangat menarik.

Di atas segalanya, Guts adalah simbol perjuangan terus-menerus melawan trauma yang dihadapi banyak orang. Dia adalah inspirasi bagi banyak orang yang telah mengalami penderitaan yang luar biasa, tidak pernah mundur bahkan ketika beban penderitaannya menjadi terlalu berat untuk ditanggung.

Setelah mengalami banyak patah hati dan penderitaan yang mengerikan, entah bagaimana ia menemukan cara untuk keluar dari trauma itu, menemukan kekuatan untuk tidak pernah menyerah.

4 dari 11 halaman

8. Lelouch vi Britannia dari anime Code Geass

Lelouch memulai hidupnya sebagai pangeran ke-11 Britania yang sangat dihormati, hingga suatu hari ia diasingkan ke Jepang sebagai sandera politik.

Lalu ia mendapatkan kekuatan Geass dari seorang wanita bernama C.C. dan menggunakan kemampuan tersebut untuk mengendalikan orang lain untuk mencari pembunuh ibunya.

Lelouch menemukan cinta di antara para penggemar anime karena dedikasinya terhadap tujuannya sendiri. Meskipun terkadang ia dapat bertindak menakutkan dan cukup arogan, Lelouch sebenarnya memiliki niat cukup baik dibalik tindakannya yang terkadang membuat orang lain terbunuh.

Dia membayangkan masa depan yang lebih baik untuk dirinya sendiri, saudara perempuannya, dan seluruh dunia, dan dia tidak peduli apakah dia hidup atau mati untuk mendapatkannya.

Sifat-sifat karakter ini membuatnya menjadi karakter yang sangat aktif, secara konsisten mendorong plot cerita anime ini tetap hidup dan membuat serial ini tetap menarik setiap saat.

5 dari 11 halaman

7. Usagi Tsukino dari anime Sailor Moon

Ketika Usagi Tsukino diberitahu bahwa dia ditakdirkan untuk melindungi bumi dari kekuatan jahat, dia diberi kekuatan super dan menjadi pahlawan yang bernama Sailor Moon.

Setelah menemukan Sailor Guardians lainnya, dia memulai petualangan untuk memenuhi takdirnya dan menyelamatkan Bumi.

Sailor Moon bisa dibilang sebagai salah satu pahlawan super wanita terhebat sepanjang masa.

Ditayangkan di era di mana wanita tidak banyak mendapat representasi, Sailor Moon merupakan panutan positif bagi anak-anak di seluruh dunia pada akhir tahun 90-an.

Meskipun Usagi digambarkan dalam stereotip remaja sebagai "gadis feminin", ia melampaui stereotip tersebut dan menunjukkan bahwa feminitas tidak menunjukkan kelemahan. Ia tetap menjadi pahlawan wanita yang kuat dan sukses.

Pada awal serial ini, Usagi tampak tidak percaya diri. Tetapi, seiring berjalannya serial ini, ia menemukan lebih banyak kekuatan, dan ia mulai untuk menghilangkan perasaan negatifnya itu.

Dia adalah representasi yang bagus dari “cintailah diri sendiri” dan memberikan pesan betapa pentingnya untuk mulai mencintai diri sendiri.

6 dari 11 halaman

6. Eren Yeager dari anime Attack on Titan

Eren Yeager baru-baru ini menggemparkan dunia dengan kesuksesan besar animenya yaitu Attack on Titan.

Dalam tiga musim pertama, setelah kehilangan ibunya karena para Titan yang menyerang tempat tinggal mereka dan ia juga rupanya bisa berubah menjadi Titan, sontak dia memenangkan hati para penggemar anime di seluruh dunia.

Kemudian, dalam debut musim ke-4, dia mematahkan hati banyak orang dengan kegilaannya yang semakin menjadi-jadi saat dia mengambil kekuatan Founding Titan dan mengaktifkan Rumbling ke dunia, yang dimana berdampak besar pada jalannya cerita anime ini.

Sama seperti penggemar Lelouch, penggemar Eren mencintainya karena dia secara konsisten mempertahankan apa yang dia yakini, bahkan ketika orang-orang di sekitarnya ragu-ragu, dia melawan arus.

Ia juga dapat membangun kepercayaan orang lain terhadapnya untuk mendukungnya demi tujuan dirinya sendiri. Dia tidak menyukai diplomasi dan tidak memiliki masalah dalam mengambil tindakan apapun untuk mencapai tujuannya.

Menjadikannya sebagai ikon bagi para karakter dan penonton Attack on Titan, menginspirasi banyak penonton untuk percaya bahwa Eren melakukan hal yang benar dalam tindakannya pada musim ke-4.

Dia juga merupakan karakter yang sangat aktif, selalu mendorong alur cerita untuk bergerak secara jelas dan mudah dipahami.

7 dari 11 halaman

5. Light Yagami dari anime Death Note

Light telah dianugerahi Death Note yang menyeramkan, dimana buku catatan ini memiliki kekuatan untuk membunuh siapa pun, selama dia menulis nama mereka di dalamnya.

Kepemilikannya atas Death Note membawa kehadiran seorang shinigami bernama Ryuk.

Memulai perjalanannya dengan niat baik, Light bertekad untuk membersihkan dunia dari para penjahat dengan kekuatan yang baru ditemukannya. Orang-orang Jepang mencap pembunuhan yang dilakukannya dengan nama Kira, yang percaya bahwa ada seorang pembunuh berantai yang mengamuk mengitari negeri ini.

Dia adalah karakter yang sangat menarik untuk ditonton karena dia bisa dibilang jenius, dengan rencana yang sangat ambisius yang membuat para penonton tidak bisa berpaling dari menontonnya untuk mengetahui apakah dia benar-benar akan menyelesaikan rencananya itu.

8 dari 11 halaman

4. Spike Spiegel dari anime Cowboy Bebop

Setelah dia meninggalkan kru kejahatan Red Dragon Crime Syndicate, Spike Spiegel memulai pekerjaannya sebagai bounty hunter di atas kapal bernama Bebop bersama krunya.

Spike juga merupakan orang yang sangat ulung dan terampil, mampu bertarung dengan mahir dalam pertarungan tangan kosong.

Dia adalah karakter yang bisa dibilang suka bermalas-malasan, sangat santai dan acuh tak acuh, yang dimana ia pun tidak bisa melepaskan kenangan masa lalunya. Aura yang dimilikinya sangat cocok dengan genre sci-fi western.

Sikap dan tindakan Spike yang tidak peduli dan santai membuatnya menjadi karakter yang sangat mudah dipahami. Dia sering berjalan-jalan, membungkuk dan terlihat lelah.

Dia juga cukup lucu yang membuat para penonton sangat menyukainya. Dia menyenangkan untuk ditonton, membuat plot Cowboy Bebop menjadi jauh lebih menghibur.

9 dari 11 halaman

3. Naruto Uzumaki dari franchise anime Naruto: Shippuden

Ketika Naruto, seorang shinobi dari klan Uzumaki, lahir, dia dijadikan sebagai wadah Jinchuriki ekor sembilan yaitu Kurama. Kekuatan yang diberikan kepadanya ini menyebabkan dia diasingkan oleh desa Konoha.

Setelah dewasa, ia bergabung dengan Tim 7 dan berlatih tanpa henti untuk menjadi Hokage dan menjadi shinobi terkuat di desa tersebut. Bersama dengan Tim 7, Naruto menghadapi perjuangan yang sangat besar dan menemukan jati dirinya serta mengasah kekuatan yang sebenarnya.

Tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa para penonton menyukai Naruto. Dia adalah panutan bagi para penggemar anime karena ia bersikap baik kepada setiap makhluk hidup, baik manusia, hewan, atau bahkan kepada Kurama yang awalnya bersikap jahat padanya.

Selain itu, dia juga memiliki sikap pantang menyerah, mengingatkan penonton di mana pun bahwa tidak peduli seberapa besar perjuangan atau penderitaan yang mereka alami, mereka selalu bisa menemukan kekuatan untuk terus maju. Dan Naruto sudah menjadi ikon dan menjadi simbol dari ketekunan dan perjuangan.

10 dari 11 halaman

2. Son Goku dari franchise anime Dragon Ball

Ketika Goku dikirim ke bumi oleh orang tuanya saat masih bayi, dia diasuh oleh kakek Son Gohan, yang menjadi kakek angkat Goku dan akhirnya diwariskan kepada Master Roshi setelah meninggalnya kakek Son Gohan.

Goku telah diprogram pada usia muda untuk menjadi destruktif dengan tujuan menghancurkan semua kehidupan di bumi, tetapi karena cedera kepala saat masih kecil, pemrograman tersebut terhapus dari ingatannya, dan sifat asli dari Goku muncul, membuatnya menjadi pahlawan terhebat di dunia.

Secara sepintas, banyak orang akan berpikir bahwa Goku dicintai karena betapa kuatnya dia, menjadi salah satu karakter paling kuat dalam anime. Meskipun kekuatannya mungkin merupakan faktor yang membuatnya disukai, banyak yang menyukai Goku karena kepribadiannya.

Meskipun dia mungkin menyukai pertarungan yang hebat, Goku mempertahankan kemampuan untuk memiliki hati yang murni dan kasih sayang, serta kehangatannya bersinar jauh lebih terang daripada kekuatannya yang besar itu.

Yang disukai banyak orang tentang kekuatan Goku adalah bahwa kekuatan itu tidak datang kepadanya sejak lahir. Goku memulai perjalanannya sebagai seorang anak yang lemah dan dilatih untuk tumbuh menjadi salah satu pahlawan terkuat di alam semesta.

Ia merupakan contoh cemerlang dari kemampuan untuk membuat diri sendiri menjadi lebih baik.

11 dari 11 halaman

1. Monkey D. Luffy dari anime One Piece

Sejak kecil, Monkey D. Luffy bermimpi untuk menjadi raja bajak laut dengan menemukan One Piece yang terkenal, yang disembunyikan oleh Gol D. Roger yang telah meninggal, karena dia percaya bahwa menjadi raja bajak laut berarti memiliki kebebasan yang paling besar dibandingkan siapa pun di dunia.

Dengan harapan dapat mencapai tujuannya, ia membentuk kelompok bajak laut yang disebut Bajak Laut Topi Jerami, yang diambil dari topi jerami ikonik milik Luffy.

Sepanjang petualangannya dengan Bajak Laut Topi Jerami, Luffy elah mendapatkan bounty yang besar atas pertempuran yang telah ia lakukan, saat ini dengan hadiah sebesar 3.000.000.000 dolar.

Ada alasan mengapa One Piece adalah salah satu anime terpopuler di dunia, dan Luffy adalah salah satu karakter anime terpopuler sepanjang masa. Luffy sangat ambisius dalam mencapai tujuannya dan tidak akan berhenti untuk mencapainya.

Luffy sangat ingin mewujudkan impiannya yaitu kebebasan. Dia ingin hidup bebas dan tidak tunduk pada batasan-batasan masyarakat. Dia juga sangat sangat blak-blakan dan tidak pernah membuang waktu untuk memberikan pidato besar kepada rekan-rekannya, alasan lain mengapa dia sangat mudah dipahami.

Kemampuannya untuk mengekspresikan diri dengan bebas merupakan kualitas yang ingin dimiliki oleh sebagian besar para penonton.

Dia jujur pada dirinya sendiri dan semua orang di sekitarnya. Luffy adalah personifikasi dari apa yang benar-benar diinginkan oleh banyak orang dalam hidup, jadi rasanya mustahil untuk tidak mendukungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.