Sukses

Trik Simpan Cabai Agar Awet hingga Berbulan-bulan, Tanpa Dimasukkan ke Freezer

Tidak harus dimasukkan ke dalam freezer, cabai bisa awet berbulan-bulan hanya dengan disimpan dalam plastik. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Cabai merupakan salah satu bahan makanan yang hampir tidak bisa dipisahkan dalam berbagai hidangan di Indonesia.

Sebut saja makanan seperti dendeng balado, oseng mercon, ayam geprek, ayam betutu, bahkan seblak pasti tidak akan nikmat tanpa cabai.

Namun, ada salah satu kelemahan cabai, yaitu waktu simpan yang sangat singkat. Dalam suhu ruangan cabai hanya bertahan sekitar 2 hari, sedangkan dalam kulkas hanya sampai 6 hari.

Memang cabai bisa bertahan berbulan-bulan jika disimpan dalam freezer. Meski begitu, cabai tentu akan sangat sulit untuk dikeluarkan.

Salah satu pengguna Instagram @miftach_ membagikan cara praktis untuk menyimpan cabai agar tetap awet berbulan-bulan tanpa harus disimpan dalam freezer.

Dirangkum pada JumatĀ (21/6/2024), berikut adalah langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Masukkan Cabai ke dalam Plastik

Plastik yang digunakan di sini adalah plastik kiloan, bukan plastik kresek atau zip lock. Adapun alasan penggunaan plastik kiloan agar mudah direkatkan. Selain itu, menyimpan cabai dalam plastik kiloan juga cenderung akan lebih rapi.

Plastik kiloan sendiri sangat mudah ditemukan di toko bahan kue atau lewat olshop dengan harga terjangkau.

3 dari 10 halaman

Rekatkan Plastik dengan Lilin

Setelah cabai dimasukkan dalam plastik, maka langkah selanjutnya adalah merekatkan plastik dengan lilin. Lipat plastik sebanyak 2 lipatan kecil, lalu bakar dengan lilin untuk direkatkan.

Namun, sisakan sedikit bagian yang terbuka di ujung plastik agar udara pada plastik bisa keluar.

4 dari 10 halaman

Rendam dalam Air

Rendam plastik berisi cabai ke dalam air, tapi jangan sampai lipatan plastik yang direkatkan juga ikut terendam.

Setelah itu, tekan-tekan plastik yang terendam hingga udara keluar melalui lubang di ujung plastik. Jika sudah, tutup lubang plastik dengan tangan sambil mengangkat plastik dari air. Rekatkan lagi bagian lubang tersebut dengan cara dibakar lilin

5 dari 10 halaman

Masukkan ke Kulkas

Langkah yang terakhir adalah memasukkan plastik berisi cabai ke dalam kulkas. Dengan begitu, cabai bisa awet hingga berbulan-bulan.

Perlu diingat, cabai tidak serta merta akan awet dalam kulkas jika tidak disimpan dalam wadah tertutup. Oleh karena itu cabai yang disimpan dalam plastik yang direkatkan dapat membuat cabai tetap awet dalam kulkas.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Cabai Tahan di Suhu Ruang?

Secara sederhana, cabai cenderung cepat mengalami kerusakan pada suhu ruangan. Tetapi, tak menjadi persoalan jika hendak menggunakan cabai tersebut hanya dalam kurun waktu 2-3 hari. Untuk menjaga kualitas, letakkan cabai dalam wadah yang kedap udara dan simpanlah di area yang sejuk serta gelap.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Cabai Tahan Tanpa Kulkas?

Apabila disimpan pada suhu ruangan, cabai hanya mampu bertahan selama sekitar 48 jam. Akan tetapi, masa simpan cabai dapat lebih singkat apabila kelembaban di dalam ruangan cukup tinggi.

8 dari 10 halaman

Kenapa Cabai Cepat Busuk?

Cabai dapat lebih cepat membusuk jika direndam dalam plastik dalam kondisi basah sebelum disimpan. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mencuci cabai sebelum disimpan agar kadar air di dalamnya tidak bertambah banyak yang dapat mempercepat proses pembusukan. Cabai dapat dicuci pada saat akan diolah nanti.

9 dari 10 halaman

Apakah Cabai Perlu Dicuci?

Penting untuk diingat bahwa tidak perlu mencuci cabai yang baru dibeli dari pasar atau supermarket. Cara menjaga agar cabai tidak cepat membusuk adalah dengan dengan mengelapnya. Tisu kering dapat digunakan untuk membersihkan cabai sebelum disimpan.

10 dari 10 halaman

Apakah Cabai Bisa Disimpan di Kulkas?

Jika Anda ingin menghindari pembusukan, Anda bisa menyimpan cabai di bagian paling dingin lemari es, yang sering berada di bagian belakang dan dekat rak terbawah. Sebelum menggunakan, periksa apakah terdapat tanda-tanda kerusakan pada cabai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.