Sukses

Ini 2 Dokter Utama yang Tangani Raja Charles III yang Diagnosis Kanker

Liputan6.com, Jakarta Sejak Raja Charles III didiagnosis kanker, ia kemudian dikelilingi oleh dokter ahli yang mendukungnya melalui pengobatan kanker.

Pada Senin malam lalu, Raja Charles III mengatakan kepada dunia bahwa dia telah didiagnosis menderita kanker tetapi tetap “sepenuhnya berusaha berpikiran positif”. Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah Raja Charles III (75) meninggalkan Klinik London tempat dia menjalani "perawatan rutin" karena pembesaran prostat.

Diwartakan oleh Mirror, istana belum memastikan jenis kanker apa yang dideritanya, namun mengatakan itu bukan kanker prostat. Hal ini dianggap sebagai "masalah terpisah yang menjadi perhatian" selama prosedur prostat. Dia juga dipastikan akan mundur dari tugas publik selama perawatannya.

Sementara istrinya Ratu Camilla dan seluruh keluarga kerajaan akan melakukan segala yang mereka bisa untuk mendukungnya dalam beberapa minggu mendatang, tim medis ahlinya akan bertugas untuk memulihkan kesehatannya. 

Berikut ini dua dokter 'pemain' terbesar di tim kesehatan Raja Charles III:

1. Ranan Dasgupta

Ranan Dasgupta disebut-sebut sebagai Rajanya Dokter Bedah. Beliau adalah seorang ahli bedah urologi yang berspesialisasi dalam bentuk pengobatan khusus untuk pembesaran prostat dan berbasis di Klinik London.

Dia diangkat ke the Medical Household pada Maret lalu. Ia mempunyai minat dalam perawatan komprehensif untuk pembesaran prostat, penanganan dan pencegahan batu ginjal, kondisi berkemih neuropatik, dan keganasan urothelial, demikian menurut situs web Klinik London.

2. Dr Michael Dixon

Dr Michael Dixon (71) telah menjadi kepala Rumah Tangga Medis Kerajaan sejak tahun 2022. Dia memiliki gelar OBE atas jasanya dalam perawatan primer. Perannya saat ini adalah menjaga Raja dan keluarganya. 

Tanggung jawabnya yang lain termasuk hadir pada saat kelahiran dan kematian keluarga yang terjadi saat dia dipekerjakan oleh Raja. Dia terus melakukan pekerjaan paruh waktu di operasi dokter umum di Devon. Dia telah bekerja di NHS selama sekitar 50 tahun, bergabung dengan raja dalam perjalanan ke Kenya dan Jerman untuk menangani masalah kesehatan.

Penunjukannya menimbulkan keraguan karena dukungannya sebelumnya terhadap perawatan homeopati. Berbasis di Cullompton, Devon, ia menggunakan “horny goat weed” untuk mengobati impotensi pada pasien dan “devil's claw”, semak Afrika, untuk mengobati rasa sakit. Dia adalah ketua the College of Medicine, sebuah kelompok kampanye yang menganjurkan pengobatan herbal untuk didanai oleh NHS.

Sebuah pernyataan dari istana pada saat pengangkatannya berbunyi: "Dr Dixon tidak percaya homeopati dapat menyembuhkan kanker. Posisinya adalah bahwa terapi komplementer dapat disandingkan dengan pengobatan konvensional, asalkan aman, tepat dan berdasarkan bukti."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diagnosis Kanker di Kalangan Bangsawan Kerajaan Inggris, Terbaru Raja Charles III

Istana Buckingham mengumuman Raja Charles III didiagnosis kanker dalam sebuah pernyataan yang dirilis Senin, 5 Februari 2024. Kanker tersebut ditemukan ketika raja menjalani pengobatan pembesaran prostatnya pada 17 Januari 2024.

Pihak Istana hingga saat ini belum memastikan jenis atau stadium kanker tersebut, hanya mengatakan bahwa itu bukan kanker prostat. Sementara itu, ayah Pangeran William dan Pangeran Harry ini telah memulai prosedur rawat jalan untuk mengobati kankernya pada Senin.

 Faktanya, Charles bukanlah satu-satunya bangsawan Inggris yang berjuang melawan kanker. Selama bertahun-tahun, ada beberapa nama lain yang menghadapi kondisi serupa. Siapa saja mereka? Berikut rangkuman NY Post, dikutip Kamis (8/2/2024).

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

Pangeran Harry Kembali ke Inggris Temui Raja Charles III yang Didiagnosis Kanker, Bakal Rekonsiliasi?

Pangeran Harry telah tiba kembali di Inggris untuk mendampingi ayahnya, Raja Charles III, setelah diagnosis kankernya. Demikian seperti diwartakan oleh Mirror.

Duke of Sussex itu tiba di London Heathrow pada Selasa (06/02/2024) dengan penerbangan British Airways dan diyakini akan bertemu ayahnya, yang tengah berada di Clarence House. Dilaporkan pula bahwa Raja Charles III telah memberi tahu anggota Keluarga Kerajaan tentang penyakit kankernya sebelum mengumumkan berita tersebut ke publik.

Raja Charles III secara pribadi memberi tahu kedua putranya, Pangeran William dan Harry, tentang diagnosisnya. Sebuah sumber yang dekat dengan Harry mengatakan: "Sang Duke telah berbicara dengan ayahnya tentang diagnosisnya. Dia akan melakukan perjalanan ke Inggris untuk menemui Yang Mulia dalam beberapa hari mendatang."

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.