Sukses

Profil, Agama dan Foto-foto Aminah Cendrakasih, Artis Senior yang Setia Mengabdi di Bidang Perfilman Sejak Tahun 1955

Aminah Cendrakasih telah mengabdi pada dunia perfilman sejak tahun 1955

Liputan6.com, Jakarta Aminah Cendrakasih dilahirkan pada 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah, sebagai anak dari Husin Nagib, seorang pelawak, dan Wolly Sutinah, seorang artis. Pada tahun 1959, Ia menjalin pernikahan dengan Idris Permana dan dikaruniai tujuh orang anak.

Keterlibatannya dalam seni peran dimulai sejak tahun 1955, ketika Ia masih belajar di Sekolah Kepandaian Putri (SKP) di Magelang, Jawa Tengah. Berkat dedikasinya dalam dunia perfilman, pada tanggal 29 Januari kemarin, Ia dihormati dengan munculnya Google Doodle sebagai bentuk penghargaan atas kontribusinya.

Berikut profil Aminah Cendrakasih dirangkum Selasa (30/01/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Profil

Nama Lengkap: Hj. Siti Aminah Tjendrakasih (Aminah Cendrakasih)

Tanggal Lahir: 29 Januari 1938

Tanggal Kematian: 21 Desember 2022

Profesi: aktris dan model

Agama: Islam

Nama Suami: Idris Permana

3 dari 11 halaman

Karier

Terjun ke dunia akting sejak masa sekolah, Aminah Cendrakasih aktif di panggung sandiwara sejak tahun 1955, berperan sebagai pemain dan penyanyi. Pengalamannya berkembang ketika berakting dalam film Oh, Ibuku (Bagian I dari film Gadis Tiga Djaman yang berlanjut ke Puteri Revolusi). Keterlibatannya juga mencakup kerja sama dengan ibunya, Wolly Sutinah, dalam film Gambang Semarang. Nama Aminah Cendrakasih kembali mencuat di kalangan publik setelah memerankan Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1994-1997).

4 dari 11 halaman

Organisasi

Tidak hanya berperan aktif dalam seni peran, Aminah Cendrakasih juga terlibat aktif dalam kegiatan organisasi seperti HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Pada suatu waktu, Ia menjabat sebagai Ketua I Divisi Kesenian di LKB, dan juga menempati posisi sebagai Komisaris di PT Jayanti Adhikara Sinema.  

5 dari 11 halaman

Penghargaan

Tahun 1992, Aminah Cendrakasih dihargai dengan Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan oleh Dewan Film Nasional, sebagai pengakuan atas dedikasinya yang telah bertahun-tahun dalam industri film. Penghargaan Lifetime Achievement Award juga diberikan padanya pada tahun 2012 oleh Festival Film Bandung dan pada Indonesian Movie Awards tahun 2013.

6 dari 11 halaman

Akhir Hayat

Pada tanggal 21 Desember 2022, Aminah Cendrakasih meninggalkan dunia pada usia 84 tahun. Jenazahnya dikebumikan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, berdampingan dengan makam ibunya. Informasi terungkap bahwa ia menderita penyakit glaukoma, yang mengakibatkan kelumpuhan dan kebutaan sebelum meninggal.

7 dari 11 halaman

Aminah Cendrakasih Umur Berapa?

Aminah Cendrakasih mengembuskan napas terakhir di kediamannya di Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada tanggal 21 Desember 2022, ketika usianya telah mencapai 84 tahun. Pemakamannya dilangsungkan keesokan harinya di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, di sebelah makam ibunya.

8 dari 11 halaman

Apa Arti Gambar Google Hari Ini 29 Januari 2024?

Google Doodles hari ini, Senin (29/1/2024), menandai ulang tahun kelahiran yang ke-86 dari Aminah Cendrakasih dengan menampilkan gambarnya pada tampilan mesin pencari di internet. Meskipun demikian, Mak Nyak Si Doel ini telah meninggal dunia pada tanggal 21 Desember 2022.

9 dari 11 halaman

Siapa Nama Ayah Aminah Cendrakasih?

Tidak hanya ibunya, Aminah Cendrakasih, yang berkarier di dunia seni peran, sang ayah yang bernama Husni Nagib juga merupakan seorang pelawak senior di Indonesia. Karena kedekatannya dengan bidang seni peran, Aminah sudah mengenal dunia panggung sejak menempuh pendidikan di Sekolah Kepandaian Putri (SKP).

10 dari 11 halaman

Aminah Cendrakasih Apakah Masih Hidup?

Dikarenakan keluarganya tidak mampu menyewa asisten rumah tangga untuk merawatnya, anak-anak dan kerabat Aminah yang turut ambil bagian dalam memberikan perawatan hingga saat beliau mengembuskan napas terakhirnya pada tanggal 21 Desember 2022.

11 dari 11 halaman

Ada Apa dengan Aminah Cendrakasih?

Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada tanggal 21 Desember 2022. Sebelum meninggal, ia mengalami kelumpuhan, sehingga hanya mampu berbaring dalam beberapa tahun terakhir hidupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.