Sukses

Deretan Tips Merawat Diri untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda

Berikut ini beberapa tips perawatan diri yang penting untuk memprioritaskan diri sendiri dan menjaga kesehatan mental Anda.

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan mental menjadi isu yang banyak jadi perbincangan belakangan ini. Dikutip dari laman Kemenkes, data di Indonesia menunjukkan sebanyak 6,1 % penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas mengalami gangguan kesehatan mental. Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah kesehatan mental, salah satunya disebabkan oleh ketidakmampuan dalam mengendalikan perilaku dan emosi yang mengakibatkan kesakitan dan kematian. Untuk mengatasi situasi seperti ini dan bersaing di dunia yang serba cepat ini, penting untuk memprioritaskan perawatan diri. 

“Mengelola kesulitan kesehatan mental dengan kemanjuran homeopati memberikan pendekatan komprehensif dalam merawat pasien dengan mempertimbangkan gejala tubuh, mental, dan emosional pasien. Selalu prioritaskan keselamatan Anda dengan perawatan medis yang tepat dan ikuti saran dari profesional kesehatan,” ujar Dr Mukesh Batra dilansir dari Hindustan Times. 

Sementara itu Dr MS Reddy, Direktur di Asha Neuromodulation Clinic, berkata, “Di dunia yang serba cepat saat ini, menjaga kesehatan mental adalah hal yang sangat penting.” 

Dia menyoroti beberapa tips perawatan diri yang penting untuk memprioritaskan diri sendiri dan menjaga kesehatan mental Anda. Berikut ulasannya dilansir dari Hindustan Times:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips perawatan diri yang penting untuk memprioritaskan diri sendiri dan menjaga kesehatan mental Anda

  • Momen Penuh Perhatian: Dedikasikan beberapa menit setiap hari untuk latihan kesadaran. Fokus pada napas Anda, amati pikiran Anda, dan rangkul momen saat ini. Perhatian penuh meningkatkan kesadaran diri dan mengurangi stres.
  • Tidur Berkualitas: Tidur yang cukup merupakan landasan kesehatan mental. Tetapkan rutinitas tidur yang konsisten, ciptakan ritual tidur yang menenangkan, dan pastikan lingkungan tidur Anda nyaman dan kondusif untuk istirahat.
  • Nutrisi Sehat: Beri nutrisi pada tubuh dan pikiran Anda dengan diet seimbang yang kaya akan makanan utuh, buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak. Tetap terhidrasi dan batasi asupan kafein dan gula untuk menjaga tingkat energi tetap stabil.
  • Aktivitas Fisik: Olahraga teratur adalah penambah suasana hati yang ampuh. Terlibat dalam aktivitas yang Anda sukai, misalnya yoga, joging, atau menari. Olahraga melepaskan endorfin, mengurangi kecemasan dan depresi.
  • Detox Digital: Batasi diri dari layar secara berkala. Tetapkan batasan waktu menatap layar, terutama sebelum waktu tidur, untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres terkait digital.
  • Terhubung Secara Sosial: Kembangkan hubungan yang bermakna. Habiskan waktu bersama orang-orang terkasih, terlibat dalam percakapan, dan cari dukungan saat dibutuhkan. Hubungan sosial menumbuhkan rasa memiliki dan kesejahteraan emosional.
  • Carilah Bantuan Profesional: Jika Anda mengalami kesulitan, ingatlah bahwa mencari bantuan adalah tanda kekuatan. Konsultasikan dengan profesional untuk panduan pribadi dan intervensi terapeutik.
  • Hobi dan Gairah: Dedikasikan waktu untuk hobi yang memicu gairah Anda. Terlibat dalam aktivitas kreatif atau rekreasi meningkatkan kegembiraan dan membantu mengelola stres. Bersikaplah baik kepada diri sendiri dan rangkul kekuatan transformatif dari perawatan diri.
3 dari 3 halaman

5 Ide Aktivitas Self-Care Saat Weekend di Tengah Hari yang Sibuk, Yuk Coba!

Tidak bisa dipungkiri kalau saat ini kita selalu disibukkan oleh banyak hal. Entah tanggungjawab terhadap pekerjaan, percintaan, atau persoalan keluarga. Hal ini akhirnya yang membuat kita tidak mempunyai waktu untuk diri sendiri, ya.

Padahal hari yang penuh dengan tekananan bisa membebani kesehatan mental, kesehatan fisik, hingga emosional, lho. Apalagi jika Anda bekerja sendiri sering bekerja di bawah tekanan yang menuntut untuk kesempurnaan, maka artikel ini sangat cocok untuk dibaca. 

Sebaiknya, isi akhir pekan Anda dengan waktu untuk merawat diri sendiri atau self-care supaya siap menyambut diri di minggu mendatang. Ya, bagi sebagian orang, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk mempraktikkan perawatan diri, terutama favorit Anda: istirahat.

Setelah seminggu tanpa henti memenuhi tenggat waktu dan menjalankan tugas, gunakan waktu akhir pekan untuk fokus untuk merasa lebih baik. 

Melansir dari Health Shots, Rabu (10/1/2023), psikolog klinis, Dr. Kamna Chhibber, mengungkapkan beberapa tips dalam mempraktikkan self-care di akhir pekan yang bisa dicoba. 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.