Sukses

5 Ide Aktivitas Self-Care Saat Weekend di Tengah Hari yang Sibuk, Yuk Coba!

Saat hari kerja Anda penuh tantangan, cobalah tips self-care berikut untuk memanfaatkan waktu luang akhir pekan Anda sebaik-baiknya!

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri kalau saat ini kita selalu disibukkan oleh banyak hal. Entah tanggungjawab terhadap pekerjaan, percintaan, atau persoalan keluarga. Hal ini akhirnya yang membuat kita tidak mempunyai waktu untuk diri sendiri, ya.

Padahal hari yang penuh dengan tekananan bisa membebani kesehatan mental, kesehatan fisik, hingga emosional, lho. Apalagi jika Anda bekerja sendiri sering bekerja di bawah tekanan yang menuntut untuk kesempurnaan, maka artikel ini sangat cocok untuk dibaca.

Sebaiknya, isi akhir pekan Anda dengan waktu untuk merawat diri sendiri atau self-care supaya siap menyambut diri di minggu mendatang. Ya, bagi sebagian orang, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk mempraktikkan perawatan diri, terutama favorit Anda: istirahat.

Setelah seminggu tanpa henti memenuhi tenggat waktu dan menjalankan tugas, gunakan waktu akhir pekan untuk fokus untuk merasa lebih baik. 

Melansir dari Health Shots, Rabu (10/1/2023), psikolog klinis, Dr. Kamna Chhibber, mengungkapkan beberapa tips dalam mempraktikkan self-care di akhir pekan yang bisa dicoba. 

Walaupun sebenarnya, Anda mungkin orang yang suka berpesta, tetapi hanya demi kewarasan dan untuk beristirahat, Anda dapat meninggalkan pesta itu. Lalu, bergadang semalaman untuk menyelesaikan halaman terakhir buku favorit Anda atau sekadar bersembunyi di bawah selimut nyaman Anda untuk tonton saja acara atau film kesukaan.

Lakukan apa saja. Namun pastikan akhir pekan Anda diisi dengan energi positif untuk membantu Anda kembali ke pikiran dan tubuh yang relaks dan santai.

Ingin tahu bagaimana cara menikmati self-care? Berikut beberapa tips untuk memastikan akhir pekan Anda diisi dengan cinta, perhatian, dan istirahat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Manfaatkan Waktu untuk Beristirahat

Meskipun hari kerja yang berat dan tanggungjawab yang menumpuk membuat kita tidak punya waktu untuk istirahat yang cukup, akhir pekan sebaiknya digunakan untuk memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk bersantai dan memulihkan diri.

“Istirahat yang cukup,” kata Dr. Kamna mengungkapkannya.

Salah satu hal terbaik tentang akhir pekan adalah kemewahan waktu luang yang ditawarkan untuk tidur siang dan tidak memikirkan pekerjaan. Telebih ketika tidur, tubuh kita akan terasa pulih dan membaik setelah sibuk di hari kerja.

Sebab, tubuh yang bekerja keras biasanya selalu dalam keadaan gelisah. Jadi, ketika Anda memberinya waktu untuk tidur dan istirahat, secara alami Anda akan berfungsi lebih baik di minggu mendatang.

3 dari 4 halaman

2. Manjakan Diri dengan Aktivitas yang Anda Sukai

Sudah dapat dipastikan kalau hari kerja selalu diisi dengan tumpukan pekerjaan dan tanggungjawab keluarga yang tiada habisnya. Maka dari itu, akhir pekan sebaiknya diisi dengan waktu untuk aktivitas yang Anda sukai.

Ada kalanya kita berhenti melakukan hiburan favorit kita karena kurangnya waktu dalam seminggu. Nyalakan kembali semangat Anda, dan praktikkan self-love dengan melakukan aktivitas kreatif tapi tetap santai. Hal yang dilakukan bisa berupa apa saja.

Sebagai contoh, membaca buku, mencoret-coret, melukis, yoga, meditasi, atau berjalan-jalan di alam, dan masih banyak lagi.

3. Luangkan Waktu untuk Bertemu Orang-orang Tercinta

“Luangkan waktu berkualitas untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman Anda,” saran sang pakar.

Dalam kehidupan yang kacau dan sibuk, kita lupa memberikan waktu dan kasih sayang kepada orang yang kita cintai. Oleh karenanya, coba manfaatkan waktu luang akhir pekan ini untuk tertawa dan bersenang-senang bersama orang-orang tersayang dan menciptakan kenangan indah bersama mereka.

4 dari 4 halaman

4. Lakukan Digital Detox

Baik itu layar laptop atau ponsel, kita semua dikelilingi oleh gadget sepanjang minggu. Pakar menyarankan setiap orang melakukan detoksifikasi digital dan melepaskan diri dari cengkeraman kebutuhan media sosial terus-menerus untuk menggunakan gadget sepanjang minggu.

Jadikan ini sebagai rutinitas self-care mingguan dengan digital detox, dan lihat perbedaannya dalam hidup Anda!

5. Slow down

Selama hari kerja, kita terus-menerus berjuang untuk mengikuti laju kehidupan kita yang cepat. Setiap hari berlalu dalam sekejap, dan dalam sekejap, Anda mencapai akhir pekan.

“Perlambat kecepatan Anda melakukan sesuatu selama akhir pekan,” kata sang pakar.

Anda harus memperlambat dan melakukan upaya sadar untuk berhati-hati dalam setiap aktivitas perawatan diri yang Anda lakukan sehingga pikiran Anda mendapat cukup waktu untuk pulih dan relaks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.