Sukses

Studi: Orang yang Menarik Secara Fisik Kurang Beruntung Dalam Hal Asmara

Penelitian yang dilakukan oleh psikolog sosial di Universitas Harvard, mengatakan bahwa orang yang menarik secara fisik cenderung kesulitan mempertahankan hubungan jangka panjang karena berbagai alasan.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda merasa minder lantaran melihat ketampanan dan kecantikan orang lain? Atau Anda mendapati pacar baru mantan Anda yang sangat cantik? Sebaiknya Anda ingat bahwa penampilan fisik bukanlah segalanya.

Dan meskipun kita telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk meyakinkan diri kita sendiri tentang hal ini setiap kali pikiran “Saya tidak kurus/cantik/cukup gaya untuk menarik perhatian seorang pasangan” muncul di benak kita, sekarang ada bukti ilmiah bahwa orang yang baik secara fisik sebenarnya tidak memiliki kehidupan cinta terbaik, seperti dilansir Broadly. 

Lebih khusus lagi, penelitian yang dilakukan oleh psikolog sosial di Universitas Harvard, mengatakan bahwa orang yang menarik secara fisik cenderung kesulitan mempertahankan hubungan jangka panjang karena berbagai alasan.

Sebagai permulaan, orang yang memiliki penampilan menarik (penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mereka menghasilkan lebih banyak uang dan tampil lebih baik di sekolah juga) dikondisikan untuk mempercayai kiasan bahwa mereka dapat memiliki siapa pun yang mereka inginkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak orang yang tampan dan cantik berpisah dengan pasangannya

Jadi meskipun itu tidak sepenuhnya benar, orang yang berpenampilan menarik cenderung melaporkan kepuasan hubungan yang lebih rendah. Direktur penelitian ini, Christine Ma-Kellams, mengatakan kepada Broadly, "Daya tarik memberi Anda lebih banyak pilihan dalam hal alternatif hubungan, yang mungkin membuat lebih sulit untuk melindungi hubungan dari ancaman luar.

Dalam hal ini, memiliki terlalu banyak pilihan lain kemungkinan tidak bermanfaat untuk umur panjang sebuah hubungan." Sementara itu dilansir Kidspot, dunia Hollywood juga dipenuhi dengan orang-orang cantik dan tampan yang telah berpisah dari pasangan mereka, membuat kita biasa sering bertanya-tanya mengapa.

3 dari 4 halaman

Orang yang berpenampilan menarik cenderung memiliki hubungan asmara yang kurang baik

Para ilmuwan mengira mereka memiliki daya tarik atau hal lain yang menarik perhatian. Orang yang menarik lebih cenderung memiliki hubungan yang rusak, penelitian baru telah mengungkapkan. Wanita cantik lebih cenderung memiliki hubungan yang lebih pendek atau bercerai, menurut orang-orang yang mempelajari hal semacam ini di Harvard.

Mereka mempelajari bagaimana penampilan memengaruhi umur panjang hubungan. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang berpenampilan menarik memiliki hubungan yang lebih pendek.

Nah, sekarang kita tahu kenapa banyak aktor Hollywood yang sering melangsungkan beberapa kali pernikahan. Sebuah studi meminta wanita untuk menilai daya tarik lebih dari 200 pria dari buku lulusan sekolah mereka. Para peneliti kemudian dapat melacak riwayat hubungan pria tersebut baik pernikahan dan perceraian mereka.

 

4 dari 4 halaman

Selebriti cantik dikatakan mengalami tingkat perceraian yang lebih tinggi

Hal yang sama juga diterapkan pada 130 selebriti. Dan hasilnya mengejutkan. Selebriti cantik mengalami tingkat perceraian yang lebih tinggi. Apa yang ditemukan oleh psikolog sosial Professor Christine Ma-Kellams selama penelitian, adalah bahwa orang berpenampilan baik masih menganggap orang lain menarik saat menjalin hubungan jangka panjang, sementara orang yang kurang menarik cenderung menganggap orang lain menarik setelah digabungkan.

“Kita harus lebih memperhatikan keterbatasan penilaian daya tarik fisik kita sendiri,” kata Ma-Kellams.

“Semua orang menginginkannya, tetapi tergantung pada tujuan hubungan Anda, itu mungkin bukan prediktor terbaik untuk hubungan jangka panjang.''

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.