Sukses

Semua Member BTOB Kompak Tinggalkan Cube Entertainment Setelah 11 Tahun Debut

BTOB resmi keluar CUBE Entertainment pada Senin (6/11/2023). Hal ini karena agensi menuntut biaya hak merek dagang kepada anggota yang telah debut selama lebih dari satu dekade. Sementara itu, kabar ini muncul dibarengi Hongseok Pentagon yang juga memutuskan hengkang.

Liputan6.com, Jakarta - CUBE Entertainment mengabarkan pada Senin (6/11/2023), bahwa seluruh anggota BtoB tidak akan melanjutkan kontrak dengan agensinya. Pihaknya mengatakan bahwa hal ini merupakan hasil dari keputusan bersama.

Kabar ini berawal dari munculnya berita bahwa kontrak kelima dari enam anggota tidak akan diperbarui, namun pada akhirnya di hari ini, seluruh member tidak ingin mengajukan perjanjian baru. Seperti laporan dari laman Koreaboo, Senin (6/11/2023).

Menurut laporan terbaru oleh Sports Chosun, BtoB telah memutus kontrak dengan CUBE Entertainment sejak awal minggu lalu, karena merek dagang dari nama grup tersebut. Sementara itu, agensi KPop lain mengatakan kepada Dispatch bahwa mereka secara positif mendiskusikan hak merek dagang dengan anggota BtoB.

“Kami tidak dapat memberikan rincian mengenai diskusi hak merek dagang,” jelas CUBE Entertainment.

Dengan ini, agensi mengonfirmasi BtoB secara resmi meninggalkan agensi setelah 11 tahunnya di bawah naungan CUBE Entertainment. Mereka telah sukses di tahun-tahun terakhirnya bersama enam anggota dengan kemampuan menyanyi luar biasa dan musik yang dicintai penggemar.

Hongseok Pentagon Tak Lanjuti Kontrak dengan CUBE Entertainment

Sementara kabar lain menyusul, salah satu anggota boy group Pentagon, Hongseok juga telah memutuskan kontraknya dengan CUBE Entertainment.

Mengutip dari NME, kedua belah pihak sepakat untuk saling memutus kontrak dengan alasan yang tidak dijelaskan. Hongseok merupakan anggota ketujuh dari Pentagon yang keluar agensi setelah rekan-rekannya, Yeo One, Yan An, Yuto, Kino, dan Wooseok serta E’Dawn----anggota pertama yang memutus kontrak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permintaan CUBE Entertainment Atas Hak Merek Dagang

Kontrak eksklusif BtoB dengan CUBE Entertainment telah berakhir pada minggu lalu, dan keenam anggota tidak memperbarui kontraknya.

Melansir dari Sports Chosun, alasan BtoB tidak memperpanjang kontrak adalah bukan masalah uang muka, seperti kabar yang beredar sebelumnya, namun karena biaya hak merek dagang yang CUBE Entertainment minta.

Pada Rabu (1/11/2023), muncul laporan bahwa ketika BTOB mendekati perpanjangan kontrak kedua mereka dengan CUBE Entertainment, grup tersebut telah didekati agensi lain yang menawarkan mereka biaya kontrak grup sebesar 6 miliar won atau sekitar Rp71,927 miliar.

Kemudian pada hari ini, Sports Chosun melaporkan bahwa meskipun semua anggota BtoB berkomitmen menjaga keutuhan grup dan telah menegosiasikan persyaratan kontrak dengan CUBE Entertainment hingga tahap akhir, negosiasi pembaruan gagal ketika agensi meminta sebagian dari total pendapatan grup pada tahun 2017 atas penggunaan merek dagang, di mana penggunaan nama “BtoB.”

Menanggapi laporan tersebut, CUBE Entertainment mengklarifikasi, “Biaya kontrak yang berulang kali disebutkan dalam artikel bukanlah masalah yang dibicarakan dengan kami, dan kami juga tidak mengetahui sumber informasi tersebut.”

Lebih lanjut mereka menjelaskan, “Mengenai nama grup BtoB, kami berdiskusi positif dengan para anggota mengenai hak merek dagang. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut setelah mencapai keputusan akhir. Saat ini, kami tidak dapat memberikan rincian spesifik dan memverifikasi sumber informasi yang disebutkan dalam artikel tersebut."

3 dari 3 halaman

Pernyataan Agensi

"Halo, ini Cube Entertainment.

Kami ingin menyampaikan posisi resmi kami mengenai kegiatan BTOB di masa depan.

Kami berdiskusi secara hati-hati dengan anggota BTOB untuk waktu yang lama sebelum berakhirnya kontrak kedua mereka dengan kami. Selama percakapan tersebut, diputuskan bersama bahwa kami tidak akan memperbarui kontrak satu sama lain.

Dengan ini, kemitraan 11 tahun Cube Entertainment dengan Seo Eunkwang, Lee Minhyuk, Lee Changsub, Lim Hyunsik, Peniel, dan Yook Sungjae akan berakhir

BTOB yang debut pada 21 Maret 2012 mengukuhkan diri sebagai boy grup yang mewakili generasi ketiga K-Pop dengan kemampuan menyanyi yang luar biasa dan musiknya yang dicintai masyarakat.

Kami mengucapkan terima kasih kepada BTOB atas penampilan mereka sebagai anggota Cube Entertainment dan MELODY yang selalu mendukung grup.

Sayangnya, hubungan antara Cube Entertainment dan BTOB telah berakhir tetapi kami dengan tulus akan mendukung pertumbuhan dan masa depan mereka.

Tolong tunjukkan dukungan Anda yang berkelanjutan kepada BTOB yang memulai perjalanan baru mereka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.