Sukses

4 Rekomendasi Film Zombie Korea Terbaik, Berani Nonton?

Jika kamu penyuka keseruan cerita dalam sebuah layar, inilah 4 rekomendasi film Korea yang menegangkan khusus buat kamu pecinta genre horror zombie!

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dekade terakhir, industri film Korea Selatan telah memukau penonton global dengan karya-karya sinematiknya yang menarik. Mulai cerita yang mendalam hingga tata produksi yang memukau, beragam film Korea itu tidak hanya menghibur, tetapi juga memainkan emosi penonton. 

Beragam genre film Negeri Ginseng disuguhkan, mulai dari cerita romantis yang mengharukan, thriller psikologis yang mencekam, hingga fiksi yang mampu dirasakan kehadirannya oleh penonton.

Dunia fiksi menawarkan tempat pelarian yang sempurna dan memungkinkan kita menjelajahi pengalaman tak terduga serta melibatkan diri dalam cerita-cerita yang membawa kita ke tempat-tempat baru. Salah satu tema yang paling mencengangkan dan mendebarkan dalam dunia film adalah cerita zombie.

Zombie adalah makhluk hidup yang sudah mati namun bangkit kembali dengan dahaga daging manusia, cerita ini telah menjadi salah satu elemen paling menarik dalam perfilman. Dalam genre ini, sutradara dan penulis seringkali menggambarkan ketegangan manusia melawan bencana besar, yang memaksa mereka bertahan hidup di dunia yang telah hancur.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi film zombie asal Korea yang mengambil genre thriller sekaligus aksi di sepanjang ceritanya. Siapa pun yang menontonnya akan terbawa ke dalam suasana dan ketegangan ekstrim, hingga merasa ikut serta di dalam layar.

1. Train to Busan (2016 & 2020)

Siapa pun yang menyukai film zombie, pasti sudah tidak asing lagi dengan Train to Busan. Tayangan asli Netflix ini telah merampungkan ceritanya pada 2020 lalu.

Bermula ketika sebuah truk pembawa barang diizinkan melewati sebuah daerah, yang pada akhirnya mengalami kebocoran. Saat itu, pengendara truk menabrak seekor rusa yang sedang melintas di tengah jalan hingga pada akhirnya mati dan entah bagaimana berubah menjadi zombie.

Seok-Woo, seorang manajer keuangan sebuah perusahaan berangkat ke Busan bersama anaknya, Su-an, untuk bertemu dengan ibunya sebagai hadiah ulang tahun anak perempuannya. Seok-Woo, yang baru bercerai dengan istrinya berangkat dengan KTX (kereta api cepat Korea Selatan) dari Seoul bersama para penumpang lain.

Ketika kereta akan berangkat, seorang wanita dengan luka di kakinya masuk ke dalam kereta tersebut. Wanita itu mencoba menyerang pramugari kereta yang ingin mencoba menolongnya. Sejak itu, wanita itu berubah menjadi zombie yang telah menginfeksi sejumlah besar penumpang kereta.

Dalam waktu singkat, seketika satu negara berubah menjadi lautan zombie yang dimulai dari kereta Busan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kingdom (2019 & 2021)

Kingdom menjadi salah satu tayangan film Korea yang wajib ditonton bagi Anda yang menyukai genre thriller penuh aksi. Tayangan asli Netflix ini menceritakan tentang seorang putra mahkota yang dikirim untuk sebuah misi bunuh diri demi menghadapi maraknya wabah saat dinasi Joseon.

Bermula dengan munculnya sebuah virus yang menyerang kerajaan Goryeo, virus itu mengakibatkan semua orang mengalami gejala demam, sakit kepala dan diare. Melihat hal itu, Lee Chang sebagai pangeran dari kerajaan tersebut terpaksa keluar istana dan menyelidiki apa yang sedang terjadi.

Dalam perjalanannya, Lee Chang bertemu seorang dokter bernama Seo Bi, lalu mendapatkan informasi bahwa siapa pun yang terinfeksi virus tersebut akan berubah menjadi zombie. Alhasil, keduanya memutuskan untuk bekerja sama menyelidiki dan mencari cara dalam mengatasi hal tersebut.

Selain permasalahan zombie yang mesti dihadapi sang pangeran mahkota, Lee Chang juga perlu mengalahkan musuh-musuh dari dalam maupun di luar kerajaan. Banyak konflik yang diambil oleh cerita ini, mulai dari pertikaian dalam istana, permusuhan luar kerajaan, serta langkah yang harus diambil ketika menghadapi para zombie.

3 dari 4 halaman

3. Rampant (2018)

Film ini mengambil latar belakang pada akhir periode Dinasti Joseon, di mana Pangeran Ganglim (diperankan oleh Hyun Bin) yang merupakan putra mahkota, kembali ke kerajaannya setelah belajar di Tiongkok. Namun, ketika ia tiba, ia menemukan negaranya sedang di ambang kehancuran. Kerajaannya telah diambil alih oleh para bangsawan yang korup dan haus kekuasaan.

Sementara itu, wabah misterius mulai menyebar di kerajaan yang mengubah semua orang menjadi zombie. Pangeran Ganglim menemukan dirinya berada di tengah-tengah krisis ini, dihadapkan dengan tugas besar untuk melindungi kerajaannya dan rakyatnya dari serangan zombie yang mematikan, sambil juga menghadapi intrik politik dan konspirasi di istana.

Dalam perjalanan untuk menyelamatkan negaranya, Pangeran Ganglim harus berjuang tidak hanya melawan ancaman zombie yang berkembang pesat, tetapi juga melawan musuh manusia yang tidak terlihat yang berada di dalam istana.

"Rampant" menggabungkan adegan aksi yang mendebarkan dengan latar belakang sejarah yang kaya, menciptakan pengalaman film yang menegangkan dan menarik bagi penonton yang menyukai cerita-cerita tentang keberanian, pengkhianatan, dan pertempuran melawan kekuatan jahat.

4 dari 4 halaman

4. Alive (2020)

Film yang ditulis oleh Matt Naylor ini berlatar belakang dunia modern. “Alive” mengisahkan tentang sebuah wabah misterius yang secara cepat menyebar dan tak terkendali di kota Seoul. Saat wabah tersebut menyerang manusia, mereka akan berubah menjadi zombie yang buas dan agresif. Akibat hal tersebut, tidak banyak manusia normal yang tersisa.

Ada dua orang yang sedang berjuang untuk tetap bertahan hidup, Oh Jun-u (Yoo Ah-in) dan Kim Yu-bin (Park Shin-hye). Keduanya berusaha menyelamatkan diri dari orang-orang yang sudah terinfeksi. Jun-u dan Yu-bin terjebak di apartemen masing-masing dan tanpa adanya akses seluler maupun internet.

Keduanya hanya dapat mengandalkan berita di televisi dan jendela apartemen untuk mengetahui apa yang terjadi di dunia luar. Jun-u memanfaatkan teknologi untuk bisa bertahan hidup. Dia adalah orang yang yang hobi bermain games di komputer.

Sementara itu, Yu-bin memanfaatkan peralatan berkemah dan teleskop untuk bertahan hidup. Meski memiliki kemampuan yang berbeda dan tinggal bertetangga di komplek apartemen, mereka bekerja sama untuk bisa menyelamatkan hidup masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.