Sukses

Bolehkah Minum Kopi Saat Flu atau Pilek? Ini Penjelasan Ahli

Ternyata ada dampak buruk dari secangkir kopi pagi yang Anda minum ketika sedang melawan sakit di area pernapasan.

Liputan6.com, Jakarta - Selain istirahat yang cukup serta minum obat, minuman dan makanan hangat seperti menjadi seorang teman yang perlu menemanimu ketika terserang penyakit pernapasan seperti pilek atau flu.

Memang sangat wajar jika Anda menginginkan minuman hangat yang bisa membantu menenangkan dan membuat tubuh nyaman, seperti teh hangat, jeruk hangat, ataupun jahe hangat.

Namun, ada beberapa orang terutama bagi para pencinta kopi, yang menganggap meminum kopi hangat juga memiliki efek yang sama untuk meredakan sakit. Namun, sebenarnya apakah boleh minum kopi saat sedang sakit?

Melansir dari Huffpost, Minggu (8/10/2023), faktanya, penelitian menunjukkan bahwa minuman panas dapat membantu meredakan gejala seperti pilek dan sakit tenggorokan untuk sementara. Selain itu, tidak dapat disangkal bahwa secangkir minuman hangat yang digenggam di tangan Anda begitu terasa nyaman saat Anda sedang berjuang melawan virus.

Namun, ketika berbicara tentang kopi, sifat panas dari minuman ini tidak cukup untuk menjadikannya pilihan minuman yang baik ketika Anda sakit. Sebab, ada sejumlah alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

Para ahli berbagi pemikiran mereka tentang minum kopi saat Anda sakit. Untuk lebih jelasnya, ini dia efek samping jika Anda minum kopi saat tengah sakit khususnya sakit pernapasan. Kira-kira apa saja alasannya kenapa kopi bisa memberikan efek yang kurang baik ketika diminum waktu sakit?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kopi Membuat Terjaga, padahal Tubuh Butuh Istirahat

“Jadi, kafein adalah stimulan, dan meskipun mungkin tidak akan berdampak apa pun pada kondisi klinis, baik terhadap pilek atau flu atau COVID, sifat stimulan kafein mungkin kontraproduktif,” kata Suan Hassig, seorang profesor emerita of epidemiology di School of Public Health di Tulane University, New Orleans.

“Sebab, ketika sedang menghadapi infeksi virus, salah satu hal yang sangat perlu dilakukan adalah istirahat yang cukup,” ujarnya.

Tidur membantu tubuh Anda pulih dari virus-virus ini dan karena kopi dimaksudkan untuk membuat Anda tetap terjaga, kopi dapat mempersulit Anda untuk mendapatkan tidur yang Anda butuhkan. Hal yang sama berlaku untuk minuman energi yang seringkali mengandung lebih banyak kafein daripada secangkir kopi.

“Terlalu banyak kafein bisa berdampak buruk bagi Anda, baik Anda sedang pilek atau flu atau tidak,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kopi Juga Bisa Menyebabkan Dehidrasi

“Jika ini lebih dari penyakit ringan, kita harus berhati-hati saat mengonsumsi kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi, memiliki efek diuretik ringan,” kata Dr. Daniel Monti, ketua Department of Integrative Medicine and Nutritional Sciences di Jefferson Health di Philadelphia, yang juga menjalankan DrDanMonti, akun Instagram nasihat medis.

Perlu diingat bahwa hal ini tidak berlaku untuk semua orang: Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi dalam jumlah sedang tidak mengalami dehidrasi akibat minuman tersebut. Sebaliknya, dehidrasi ringan akibat sifat diuretiknya terlihat pada mereka yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein dan meminumnya dalam jumlah banyak sekaligus.

"Jadi, jika Anda tidak biasa minum kopi, bukanlah ide yang baik untuk membuat sepoci besar kopi saat Anda sedang pilek atau flu. Sebaliknya, penting untuk menghidrasi dengan air saat Anda berada di bawah cuaca buruk," kata Monti.

Secara keseluruhan, meminum kopi dalam jumlah sedikit saat Anda sakit kemungkinan besar baik-baik saja. Singkat cerita, kemungkinan besar Anda tidak perlu berhenti minum kopi saat sakit, tetapi hal ini dapat membantu mengurangi konsumsi kafeinMU.

“Tidak ada yang salah dengan minum secangkir kopi, tentunya di pagi hari jika itu adalah sesuatu yang mencegah Anda mengalami sakit kepala non-kafein atau hanya membantu Anda beraktivitas,” kata Hassig. “Tetapi Anda harus batasi konsumsi Anda karena efek stimulan kafein dan Anda perlu istirahat saat sakit.”

“Jika penyakit Anda ringan, risikonya rendah,” ucap Monti. Terkait konsumsi kopi, potensi masalah hanya muncul jika Anda muntah atau diare.

4 dari 4 halaman

Minuman Hangat Lainnya Selain Kopi

Anda sebaiknya membiasakan diri untuk mengonsumsi minuman lainnya yang lebih menghidrasi saat Anda mengalami penyakit pernapasan.

“Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda menjaga tingkat hidrasi yang baik, tetapi air putih atau jus buah organik adalah cara yang tepat untuk melakukannya – air sebenarnya adalah yang terbaik dalam hal ini karena menyediakan apa yang paling dibutuhkan tubuh, yaitu cairan untuk melawan penyakit,” kata Hassig.

Teh herbal panas dan kuah kaldu hangat juga bisa menjadi minuman yang bermanfaat untuk diminum saat sakit. Selain itu, menurut Monti, teh berkafein seperti teh hijau bisa lebih enak di perut, menjadikannya pengganti yang baik bagi seseorang yang masih menginginkan dorongan energi tetapi tidak ingin kopi.

Kemudian, perlu diingat juga saat Anda sakit, prioritaskan istirahat dan hidrasi. Peradangan di tubuh kita meningkat saat kita terserang pilek atau flu, yang mengakibatkan hal-hal seperti hidung tersumbat, pilek, dan bengkak di sekitar mata.

“Jika Anda ingin mengurangi peradangan, dua hal yang dapat Anda lakukan secara alami adalah tetap terhidrasi dan istirahat,” jelas Monti.

Mengurangi peradangan dapat membantu meringankan beberapa gejala flu yang mengganggu. Sementara hidrasi dan istirahat dapat membantu tubuh Anda melawan virus yang sedang dihadapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.