Sukses

Tanpa Disadari, Ini Daftar 'Masalah' yang Bikin Rencana Liburan Jadi Terganggu

Berlibur ke destinasi yang nggak jauh dari tempat tinggal sekalipun akan terasa sulit bila bujet belum terkumpul. Jika dulu masalah tersebut membuatmu jadi nggak leluasa menyiapkan akomodasi liburan.

Liputan6.com, Jakarta Liburan, salah satu kata yang menyenangkan ketika didengar bagi siapapun. Liburan tentunya menjadi momen yang paling ditunggu, terutama bagi kamu yang menantikannya, setelah sekian lama berkutat dalam rutinitas yang melelahkan. 

Apalagi saat ini banyak sekali rekomendasi tempat liburan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tentu saja kamu jadi makin yakin menyusun rencana liburan dan merealisasikannya pada waktu yang tepat.

Sayangnya, banyak masalah nggak terduga yang jarang disadari hingga membuat liburan malah batal. Beberapa persoalan yang harus diantisipasi jika ingin liburan berlangsung lancar adalah sebagai berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Bujet yang Belum Terkumpul

Berlibur ke destinasi yang nggak jauh dari tempat tinggal sekalipun akan terasa sulit bila bujet belum terkumpul. Jika dulu masalah tersebut membuatmu jadi nggak leluasa menyiapkan akomodasi liburan, namun sekarang kamu nggak perlu terlalu khawatir lagi karena ada Traveloka yang siap jadi andalan.  

Yup, Online Travel Agent (OTA) terpopuler di Indonesia ini nggak cuma menyiapkan berbagai sistem pembayaran langsung seperti m-banking, internet banking, transfer ATM, dan bayar via minimarket. Tapi kamu juga bisa memilih metode pembayaran yang lebih fleksibel dengan memesan akomodasi liburan sekarang lalu bayar di kemudian hari pada tanggal tertentu. 

Caranya, kamu tinggal melakukan konfirmasi pembayaran menggunakan kartu kredit atau PayLater lalu pilih opsi bayar nanti pada tanggal tertentu. Dengan demikian, kamu jadi nggak ketinggalan promo akomodasi liburan menarik persembahan Traveloka ketika belum menyiapkan jumlah uang tunai yang memadai. Momen liburan akan terealisasi sesuai rencana dengan dukungan fitur Traveloka yang satu ini.

 

3 dari 7 halaman

Kondisi Kesehatan Tiba-Tiba Menurun

Nah, nggak sedikit orang mengalami gagal liburan karena hal krusial yang kerap dianggap sepele, yaitu mengabaikan kesehatan. Padahal, kamu patut menyiapkan kondisi kesehatan prima bila ingin pergi berlibur. Ingatlah bahwa aktivitas liburan bukan hanya menyita waktu, tetapi juga tenaga dan pikiran. 

Usahakan untuk menjadi kesehatan secara konsisten menjelang liburan. Kalau kamu jarang atau sama sekali nggak pernah berolahraga, luangkan waktu minimal sebulan sebelum berlibur untuk berolahraga ringan. Ada berbagai pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan di sela-sela waktu senggang, antara lain jogging, bersepeda, dan yoga. 

Selain itu, jangan lupa mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang serta pastikan kamu mendapatkan waktu tidur cukup minimal tujuh jam setiap hari. Jangan biarkan penurunan kondisi kesehatan jadi biang keladi penyebab batal liburan.

 

4 dari 7 halaman

Gagal Mendapatkan Jatah Cuti

Kesibukan kerja yang ekstra padat nggak jarang membuat orang gagal mendapatkan jatah cuti. Jika hal tersebut terjadi padamu, tentu rasanya sayang sekali bila biaya reservasi hotel yang sudah dibayar malah hilang begitu saja. Traveloka memahami kebutuhanmu dan berinisiatif menghadirkan akomodasi kamar hotel yang dilengkapi fitur Free Cancellation. Oleh sebab itu, kamu patut lebih cermat memilih hotel dan tipe kamar yang mempunyai fitur tersebut.

Proses pembatalan gratis dan pengembalian dana (refund) akan dilakukan dalam lima hari kerja jika sesuai dengan syarat dan ketentuan kamar yang dipesan. Risiko kehilangan biaya akibat gagal liburan pun bisa diminimalkan. Pesan hotel Jogja atau penginapan di kota-kota lainnya jadi bebas was-was sejak ada fitur Free Cancellation yang bisa kamu manfaatkan.

5 dari 7 halaman

Ketinggalan Pesawat, Kereta Api, atau Bus

Insiden ketinggalan kendaraan umum sewaktu hendak berlibur memang terasa menyebalkan. Kemacetan lalu lintas di hari kerja maupun hari libur bisa menghambat perjalanan hingga rencana liburan jadi kacau. Namun, sebenarnya risiko kejadian ini bisa diminimalkan dengan cara menyiapkan jeda waktu cukup saat berangkat. Semakin jauh jarak tempat tinggal kamu dengan lokasi transportasi umum, maka semakin banyak pula jeda waktu yang mesti kamu siapkan untuk menuju ke tempat tersebut. Periksalah waktu keberangkatan beberapa kali supaya bisa menentukan estimasi waktu yang tepat untuk memulai perjalanan.

 

6 dari 7 halaman

Terlalu Banyak Orang yang Berencana Ikut Liburan

Rencana liburan bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja sering kali jadi sekadar wacana sebab ada saja yang berhalangan ikut. Bila kamu kerap mengalami hal ini, berarti sudah saatnya kamu lebih tegas menentukan keberangkatan liburan. Buatlah komitmen dengan orang-orang yang berencana liburan bersama untuk mulai menyisihkan bujet dan menyiapkan reservasi. Jangan merencanakan liburan terlalu lama hanya demi mendapatkan promo akomodasi murah. Faktanya, kamu tetap bisa mendapatkan akomodasi dengan harga terjangkau bila mahir memanfaatkan berbagai penawaran menarik di Traveloka.

 

7 dari 7 halaman

Jadi Korban Penipuan Oknum Berkedok Tour Agent

Satu lagi penyebab batal liburan yang nggak kalah menyebalkan adalah saat kamu menjadi korban penipuan oknum berkedok tour agent. Jangan mudah percaya dengan tour agent yang mengiming-imingi paket wisata murah ke destinasi impianmu. Berusahalah mencari tahu soal kredibilitas tour agent tersebut sebelum menyetorkan biaya liburan. 

Kalau nggak mau gagal liburan sekaligus kehilangan uang, rencanakan sendiri perjalanan liburan dengan bantuan Traveloka yang selalu sigap membantumu menyusun rencana perjalanan sesuai bujet dan jadwal yang kamu siapkan. Pengalaman buruk seputar gagal liburan pasti menjadi pelajaran berharga yang bikin kamu lebih teliti menyiapkan rencana liburan. Jangan kapok mewujudkan liburan seru yang nggak menguras isi kantong bersama Traveloka.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini