Sukses

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Peralatan Rumah Tangga yang Harus Diganti Berkala

Yuk, cek peralatan rumah tangga di rumah yang sudah perlu diganti!

Liputan6.com, Jakarta - Coba diingat-ingat kembali, kira-kira kapan terakhir Anda mengganti barang-barang rumah tangga yang sudah digunakan setiap hari?

Rasanya kebanyakan dari kita mungkin beranggapan bahwa peralatan rumah tangga memiliki masa pakai yang cukup panjang dan tidak perlu diganti secara berkala. Atau bisa jadi, Anda hanya menggantinya jika sudah benar-benar terlihat rusak dan memang sudah tidak layak digunakan. Benarkah begitu?

Meskipun peralatan rumah tangga seperti humidifier atau spons dapur mungkin masih dapat digunakan jauh setelah masa simpannya, para ahli mencatat pentingnya mengganti barang-barang rumah tangga secara teratur untuk menghindari infeksi dan masalah kesehatan lainnya.

“Tidak mengganti barang-barang [rumah tangga] ini membuka kita pada kemungkinan kemungkinan infeksi, masalah pernapasan dan kesehatan kulit,” ucap spesialis alergi di The Ohio State University Wexner Medical Center dan profesor di The Ohio State University Fakultas Kedokteran, Kara Wada, MD, kepada Health.

Menurut Wada, beberapa produk seperti peralatan masak antilengket dapat menyebabkan paparan bahan kimia tertentu jika digunakan melebihi masa pakainya. Bahan kimia ini seringkali diketahui memiliki efek terhadap kesehatan hormon dan sistem kekebalan tubuh, beberapa di antaranya mungkin juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker tertentu.

Berikut adalah barang-barang yang disarankan para ahli untuk diganti secara rutin, beserta tip tentang cara mengetahui kapan saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bantal

"Bantal, termasuk bantal dekoratif yang ditaruh di tempat tidur dan sofa, lama-kelamaan mengumpulkan sel-sel kulit mati dan bakteri, yang dapat menyebabkan atau memperburuk alergi dan memicu timbulnya jerawat," kata dokter kulit bersertifikat di Art of Skin MD, San Diego, CA, Melanie Palm, MD.

Bantal juga dapat menampung tungau debu, yang dapat menyebabkan gejala alergi sepanjang tahun. Palm sendiri merekomendasikan penggantian bantal setiap 1 hingga 2 tahun. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di sela-sela penggantian jendela untuk menjaga bantal Anda tetap bersih dan higienis.

Misalnya, sarung bantal hipoalergenik dapat melindungi bantal Anda dari noda, tungau debu, dan kutu busuk. Palm juga merekomendasikan untuk memasukkan bantal Anda ke dalam dryer dengan suhu tinggi selama 10-15 menit dalam kurun waktu setiap 1-2 bulan untuk membantu mendisinfeksi dan mengendalikan tungau debu.

3 dari 6 halaman

2. Sponge Mandi atau Loofah

Kara Wada mengungkap, loofah dan spons mandi menampung bakteri, jamur, dan lumut di sudut dan celahnya—terutama jika disimpan di pancuran atau kamar mandi yang lembap. Menggunakan loofah atau spons mandi yang kotor bisa menjadi pemicu alergi, asma, infeksi kulit, atau jerawat seiring berjalannya waktu.

Palm juga menjelaskan, barang-barang yang biasa digunakan tersebut dapat membuat kulit Anda terkena bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan ruam, iritasi, atau gatal pada kulit. Selain itu, jika Anda mandi dengan luka terbuka atau kulit pecah-pecah, loofah atau spons yang kotor dapat menyebabkan infeksi setelah bakteri masuk ke dalam kulit.

Tania Elliot, MD, ahli alergi dan imunologi yang berbasis di New York City mengatakan loofah dan spons mandi juga dapat menumbuhkan jamur, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, gatal, bersin, masalah sinus, dan sakit kepala, terutama jika Anda memiliki alergi.

Jika Anda harus menggunakan loofah atau spons mandi, Elliot menyarankan untuk menggantinya setiap 2 hingga 4 minggu sekali. Jika loofah Anda berbau tidak sedap sebelum waktu tersebut, mungkin itu pertanda Anda harus membuangnya.

4 dari 6 halaman

3. Panci atau Penggorengan Antilengket

Apakah Anda termasuk orang yang suka menggunakan panci antilengket? Jika iya, perlu diketahui bahwa panci antilengket tidak bertahan selamanya. Jika Anda melihat lapisannya terkelupas berarti sudah waktunya membuang panci dan memulai yang baru.

Banyak lapisan yang ditemukan pada panci antilengket mengandung PFAS, “Juga dikenal sebagai bahan kimia selamanya, yang terlibat dalam banyak masalah kesehatan,” kata Wada. “Jika lapisannya terkelupas, kemungkinan besar kita akan menelan bahan kimia ini.”

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), PFAS dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan sistem kekebalan tubuh. Mereka juga menyebabkan berat badan lahir rendah, cacat lahir, keterlambatan perkembangan, dan kematian bayi baru lahir pada hewan percobaan.

Seberapa sering Anda mengganti panci antilengket bergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya. Jika lapisannya terkelupas, sebaiknya segera diganti.

5 dari 6 halaman

4. Vents pada AC

Menurut Elliot, vents pada unit AC Anda dapat menampung debu dan partikel udara lainnya, seperti serbuk sari. Jumlah partikel dan puing yang terkumpul di vents akan bervariasi tergantung lokasi, dengan risiko lebih besar di wilayah dengan polusi udara tinggi dan musim kebakaran parah.

“Saat Anda menyalakan AC di awal musim, hal itu akan mengirimkan alergen ke udara yang dapat memicu batuk, bersin, dan hidung tersumbat,” kata Elliot.

Jika Anda memiliki unit AC, dia menyarankan untuk mengganti vents di unit Anda setiap 3 hingga 6 bulan. Menghindari hal ini tidak hanya membahayakan udara bersih tetapi juga dapat menyebabkan sistem pemanas dan AC Anda rentan terhadap kerusakan lebih lanjut.

6 dari 6 halaman

5. Humidifier

Menurut Palm, meskipun humidifier efektif untuk mengatasi kekeringan pada hidung, tenggorokan, dan bibir atau bahkan mencegah hilangnya air transepidermal saat tidur, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa humidifier juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur berbahaya.

“Meskipun kebanyakan orang tahu untuk membersihkan humidifier mereka setidaknya sekali seminggu, banyak yang tidak menyadari bahwa filter atau panel air perlu diganti seiring waktu,” katanya.

Jika humidifier tidak diganti, Anda mungkin terkena bakteri dan jamur yang tumbuh di filter humidifier.

Palm merekomendasikan penggantian filter atau panel air pada humidifier setidaknya setiap 1-2 bulan. Namun, jika Anda ingin menghindari kesulitan dalam melakukan hal itu, ia menyarankan menggantinya dengan humidifier ultrasonik yang memiliki filter keramik permanen dan dapat mengatasi kotoran di dalam air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.