Sukses

Ingin Atasi Rasa Khawatir? Lakukan Hal Sederhana Ini Selama 10 Menit

Dengan cara ini, Anda bisa menjalani hari-hari dengan lebih bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu menyadari bahwa dalam hidup ada kalanya seseorang akan mengalami perasaan khawatir. Entah karena kepikiran tentang masa depan, kesehatan, atau masalah yang ada dalam keluarganya. 

Apalagi kekhawatiran pada umumnya tidak dapat diatasi dengan sendirinya. Mungkin inilah sebabnya para ahli menyarankan agar Anda berhenti mengkhawatirkan apa yang dipikirkan orang lain, karena kekhawatiran yang berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan mental, fisik, dan emosional Anda.

Ya, rasa khawatir yang terus-menerus dapat menyebabkan sakit kepala, depresi, kelelahan, dan bahkan masalah pencernaan. Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa khawatir yang suka timbul tiba-tiba?

Inilah sebabnya para ahli kesehatan menyarankan "worry time" atau "waktu khawatir". Dilansir dari The List, Kamis (14/9/2023), seperti namanya, worry time adalah tentang menjadwalkan atau menunda kekhawatiran ke waktu tertentu dalam sehari.

Ini bisa berlangsung 10 menit, 15 menit, atau bahkan 30 menit. Semua hal ini sebenarnya tergantung pada Anda. Akan tetapi idenya adalah jangan biarkan pikiran cemas merusak sepanjang hari Anda.

Pikirkan kapan terakhir kali Anda bangun di pagi hari dan memeriksa ponsel Anda. Ingat pesan teks atau email yang menanamkan benih kecemasan di kepala Anda?

Bagaimana hari itu bagimu? Apakah Anda menyimpan kekhawatiran di benak Anda sepanjang hari? Apakah hal itu menumpuk atau berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar karena Anda tidak membiarkannya pergi?

Direkomendasikan sebagai bagian dari Terapi Perilaku Kognitif, worry time adalah cara yang efektif untuk mengurangi kekhawatiran yang membebani. Inilah yang dapat dilakukannya untuk Anda. Simak informasinya di sini, ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Waktu Khawatir yang Dirasakan

Jika Anda menginginkan momen yang lebih bahagia di mana Anda bisa belajar hidup di masa sekarang, worry time mungkin bisa menjadi jawabannya. Seringkali, kita melewatkan apa yang terjadi di hadapan kita karena mengkhawatirkan sesuatu di masa lalu atau masa depan.

Dengan memindahkan kekhawatiran Anda ke satu bagian dari hari Anda, Anda membebaskan ruang berharga dalam pikiran Anda untuk menikmati momen saat ini. Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, khawatir saja tidak akan menghasilkan apa-apa.

Namun, yang penting adalah apa yang Anda lakukan terhadap kekhawatiran itu. Jadi, worry time sebenarnya dapat membantu Anda melakukan sesuatu terhadap hal-hal yang mengganggu Anda.

Sebagai psikoterapis dan penulis “13 Things Mentally Strong People Don't Do,” Amy Morin, berbagi dalam Psychology Today, “Daripada merenung (yang berarti terus memikirkan masalahnya), Anda akan lebih cenderung mencari solusi ketika Anda tahu ada batasan yang jelas mengenai berapa banyak waktu yang dapat Anda habiskan untuk memikirkan suatu masalah."

Jika ada sesuatu yang berada dalam kendali Anda, cobalah menyelesaikannya dalam jangka waktu yang Anda tetapkan untuk khawatir. Jika tidak, pindahkan hal tersebut ke daftar Anda untuk besok. Kadang-kadang, hal-hal yang Anda putuskan untuk ditunda karena dikhawatirkan pada siang hari mungkin telah terselesaikan dengan sendirinya pada saat Anda mencapai "waktu khawatir".

3 dari 4 halaman

Cara Menjadwalkan Worry Time dalam Sehari

Tanpa harus merasa cemas sepanjang hari, pilihlah worry time Anda sendiri. Beberapa orang mungkin menyarankan sore hari, sementara yang lain mungkin menyarankan sore hari.

Apa pun yang Anda pilih, hindari pagi hari dan waktu sebelum tidur. Idealnya Anda memulai hari Anda dengan langkah yang benar dan mengakhirinya dengan perasaan bahagia juga.

Selain itu, menyetel pengatur waktu, baik 10 atau 15 menit, saat Anda mencapai worry time juga penting. Mungkin ada baiknya untuk tetap berpegang pada waktu yang ditentukan setiap hari.

Namun, tidak ada salahnya juga untuk memiliki "waktu khawatir" cadangan, untuk berjaga-jaga jika Anda melewatkan jadwal yang direncanakan pada hari-hari tertentu. Tempat yang tenang tanpa gangguan adalah yang terbaik, tetapi psikolog klinis Sabrina Romanoff juga merekomendasikan, melalui Verywellmind, memilih tempat yang tidak nyaman untuk melakukan hal-hal yang mengkhawatirkan, hanya agar Anda tetap melakukannya.

Ia menyarankan untuk tidak pergi tidur atau sofa favorit Anda karena Anda tidak ingin merusak tempat-tempat bahagia dengan pengalaman yang berpotensi menimbulkan stres. Setelah selesai, lakukan aktivitas yang membuat Anda bahagia.

Tips selanjutnya adalah membawa "buku catatan kekhawatiran" sepanjang hari atau bahkan menggunakan salah satu dari banyak aplikasi "waktu khawatir" yang ada. Jadi, Anda bisa mencatat etiap kali pikiran merasa khawatir dan cemas memasuki pikiran Anda.

Kemudian arahkan pikiran Anda pada sesuatu yang lebih membahagiakan atau produktif yang membutuhkan perhatian Anda saat ini.

"Jika kamu merasa khawatir di luar waktu yang ditentukan, ingatkan dirimu bahwa kamu akan khawatir nanti," saran Morin.

4 dari 4 halaman

Manfaat dari Waktu Khawatir yang Dirasakan

Dilansir dari Verywellmind, ada beberapa manfaat menjadwalkan "waktu khawatir", antara lain:

  • Mengurangi waktu yang dihabiskan untuk khawatir

Teknik worry time membantu mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk mengkhawatirkan hal-hal di luar kendali Anda. Tujuannya adalah membantu Anda menjadi lebih efisien dengan menghabiskan waktu tanpa mengkhawatirkan hal-hal yang lebih produktif.

  • Lebih efektif dan bertujuan

Ketika stres dan kecemasan menguasai Anda, Anda mungkin berada dalam masa kekhawatiran yang tak ada habisnya. Teknik waktu khawatir membantu Anda khawatir dengan lebih efektif.

Idenya bukan hanya menghabiskan waktu memikirkan kekhawatiran Anda, tapi meninjau setiap kekhawatiran dan bertanya pada diri sendiri: “Dapatkah saya melakukan sesuatu untuk mengubahnya? Apakah kekhawatiran ini ada dalam kendali saya?”

Jika jawabannya “ya”, maka buatlah rencana tindakan dan pertanggungjawabkan diri Anda untuk menindaklanjutinya. Jika jawabannya “tidak”, berlatihlah menerima dan melepaskan.

  • Menurunkan efek berbahaya dari stres

Stres memengaruhi tubuh Anda baik secara mental maupun fisik. Selain membuat Anda lebih waspada, stres juga dapat menyebabkan perubahan fisiologis seperti ketegangan otot, detak jantung yang cepat, dan peningkatan kadar gula darah.

Stres yang sering atau dalam jangka waktu yang lama dapat membahayakan kesehatan Anda. Tidak cuma sampai di situ, stres kronis dapat menyebabkan kondisi kesehatan seperti diabetes, kegemukan, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan depresi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.