Sukses

Mengenal Gagal Hati Akut yang Renggut Nyawa Steve Harwell Setelah Kecanduan Alkohol Bertahun-tahun

Kecanduan alkohol bertahun-tahun renggut nyawa Steve Harwell lewat gagal hati akut

Liputan6.com, Jakarta Mantan pentolan band Smash Mouth, Steve Harwell meninggal dunia pada usia 56 tahun. Meskipun penyebab resmi kematiannya belum dapat dikonfirmasi, manajer Harwell mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa penyanyi tersebut meninggal karena gagal hati akut setelah dipindahkan ke perawatan rumah sakit.

Steve Harwell juga dilaporkan menderita gagal hati setelah berjuang seumur hidup melawan penyalahgunaan dan kecanduan alkohol.

Menurut DailyMail, gagal hati atau hilangnya fungsi hati, jarang terjadi dan membunuh sekitar 50.000 orang dewasa di Amerika setiap tahunnya. Diperkirakan 5,5 juta orang diperkirakan menderita sirosis, atau jaringan parut parah pada hati yang sering kali disebabkan oleh alkoholisme, yang dapat menyebabkan gagal hati.

Hati atau liver adalah organ penting dalam tubuh yang bertanggung jawab atas segudang fungsi yang mendukung metabolisme, kekebalan, pencernaan, detoksifikasi, dan penyimpanan vitamin.

Itu juga membuat protein untuk membantu pembekuan darah dan membawa oksigen dan memproduksi empedu untuk pencernaan.

Apa itu gagal hati?

Sementara gagal hati adalah ketika organ vital tersebut tidak mampu lagi menjalankan fungsi kritisnya. Penyakit ini didiagnosis melalui tes darah, yang dapat mengetahui apakah organ tersebut berfungsi dengan baik.

Rumah Sakit Anak Nasional di Ohio, menggambarkan kondisi tersebut sebagai ketika organ liver 'menjadi sangat sakit dan rusak sehingga berhenti bekerja'. Ada dua jenis gagal hati: akut dan kronis.

Gagal hati akut terjadi ketika organ dengan cepat kehilangan kemampuannya untuk berfungsi, biasanya dalam jangka waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Di sisi lain, gagal hati kronis adalah ketika organ kehilangan kemampuannya untuk berfungsi selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun karena kerusakan yang semakin parah seiring berjalannya waktu.

Kedua kondisi tersebut dapat disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol, yang merusak organ dan menyebabkan sel-sel sehat digantikan dengan jaringan parut sehingga mengganggu fungsinya.

Penyakit ini juga dapat dipicu oleh penggunaan obat-obatan, infeksi virus, dan penyakit autoimun.

Penyakit hati kronis lebih umum terjadi dibandingkan penyakit hati akut dan merupakan penyebab kematian terbesar kesembilan di AS pada tahun 2020, setelah 56.000 kematian.

Namun, penyakit hati akut jarang terjadi, dengan sekitar 2.000 orang didiagnosis mengidap penyakit ini setiap tahunnya.

Gejala gagal hati seperti yang dialami Steve Harwell termasuk sakit perut, penyakit kuning, dan kelelahan parah. Pasien mungkin juga memiliki urin berwarna gelap dan feses berwarna tanah liat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa penyebab gagal hati?

Gagal hati akut dapat disebabkan oleh pemicu yang tiba-tiba membebani liver yang sudah rusak.

Banyak pasien mungkin sudah menderita penyakit hati kronis yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti konsumsi alkohol yang berlebihan.

Minum banyak alkohol secara teratur pada akhirnya menyebabkan hati mulai mengganti sel-sel sehat dengan jaringan parut sehingga mengganggu kemampuan organ untuk berfungsi.

Hal ini terjadi karena alkohol dipecah menjadi asetalhida, yang bersifat racun bagi organ. Hal ini juga dapat menyebabkan lemak menumpuk di hati, memicu peradangan dan kerusakan sel lebih lanjut.

Jika pasien hati kronis terus memberikan tekanan pada organnya, seperti ikut serta dalam pesta minuman keras di malam hari, eksaserbasi yang tiba-tiba dapat membuat hati stres, menyebabkan kegagalan fungsi hati dalam kondisi medis yang dikenal sebagai gagal hati akut-kronis.

Namun, gagal hati akut lebih umum terjadi pada orang yang tidak memiliki riwayat masalah hati sebelumnya.

Dokter di Cedars-Sinai di Los Angeles mengatakan hal ini dapat dipicu oleh konsumsi banyak obat secara tiba-tiba, seperti obat penghilang rasa sakit acetaminophen yang dijual bebas, juga dikenal sebagai Tylenol.

Hal ini dapat membanjiri hati dengan zat-zat beracun yang menyebabkannya terhenti.

 

3 dari 3 halaman

Apakah gagal hati bisa disembuhkan?

Dokter mengatakan kerusakan hati dapat diobati pada tahap awal – dan bahkan dapat disembuhkan – dengan mengatasi akar penyebabnya.

Bagi penderita gagal hati akibat kecanduan alkohol, pengobatan mungkin mencakup perubahan gaya hidup, seperti tidak mengonsumsi alkohol, rehabilitasi, atau terapi untuk mengatasi faktor yang mendorong seseorang untuk minum alkohol.

Dalam beberapa kasus, pasien mungkin juga ditawari transplantasi hati. Hal ini terjadi ketika sebagian dari hati yang sehat diambil dari donor yang masih hidup dan ditransplantasikan ke seseorang yang mengalami gagal hati, menggantikan organ mereka yang rusak dan tumbuh menjadi hati yang berfungsi penuh.

Operasi ini biasanya berhasil – dengan lebih dari 90 persen pasien hidup lebih dari satu tahun.

Dalam kasus lain, seluruh hati dapat diambil dari donor yang sudah meninggal dan ditransplantasikan ke pasien.

Namun banyak pusat transplantasi yang menolak operasi bagi orang-orang yang saat ini merupakan pengguna zat aktif atau pecandu alkohol.

Hal ini karena penggunaan alkohol atau zat lain lebih lanjut dapat menyebabkan kerusakan cepat pada hati yang baru ditransplantasikan, sehingga menyebabkan kegagalan operasi.

Beberapa institusi medis bahkan mensyaratkan jangka waktu seseorang harus 'sober' sebelum memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam daftar tunggu transplantasi. Misalnya, Universitas Johns Hopkins di Maryland mengatakan bahwa pecandu alkohol harus 'sober' setidaknya selama enam bulan sebelum mereka dapat dipertimbangkan untuk menjalani transplantasi hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.