Sukses

Usai Hiatus 2 Tahun, Young-K Day6 Comeback dengan Album Solo 'Letters With Notes'

Young-K merilis album solonya setelah hiatus selama 2 tahun pada Senin (4/9/2023). Dalam konsernya yang digelar di Universitas Kwangwoon di Nowon-gu Seoul, ia membawakan 21 lagu.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari solois Young-K, yang masih menjadi salah satu member boy band Korea Selatan Day6. Setelah hiatus selama 2 tahun, Young-K akhirnya kembali tampil dengan album solo keduanya berjudul “Letters with Notes.

Pelantun Love Me or Leave Me ini menyambut musim gugur bersama para penggemar, melalui konser solo perdananya di tahun 2023, di salah satu universitas di Seoul, Korea Selatan.

Young K memulai konser solonya dengan waited, salah satu lagu dalam album pertamanya Letters with Notes yang dirilis pada Senin (4/9/2023).

“Pembukaan set list hari ini juga merupakan lagu pertama di album baruku. Saat mengerjakan lagu ini, aku membayangkan saat aku akhirnya melangkah ke atas panggung untuk bertemu denganmu," ujar Young K dalam konser yang diger di Pusat Kebudayaan dan Seni Donghae Universitas Kwangwoon di Nowon-gu, Seoul.

"Kata-kata pertama yang terlintas di benakku adalah, ‘Aku gugup’, dan itulah awal mula aku menulis liriknya. Lalu aku ingin bertanya apakah Anda baik-baik saja dan makan enak. Senang sekali bisa tampil di hadapan kalian,” sambung member Day6 ini.

Menurut informasi yang didapat dari The Korea Herald, kembalinya Young-K bersama album barunya setelah dua tahun adalah karena kewajibannya yang perlu dijalani sebagai salah satu warga Korea, yaitu wajib militer.

Dalam konser yang digelarnya, pelantun Waited itu membawakan 21 judul lagu dari campuran lagu hits pada album sebelumnya dan album terbarunya. Semua penonton pun turut bernyanyi sambil menyalakan lighstick berwarna putih.

“Hari ini adalah hari Minggu dan albumnya belum dirilis secara resmi, tapi saya dengan percaya diri memberikan mikrofon kepada kalian. Saya gugup mendengar pendapat Anda tentang album baru saya. Tapi saya memiliki kepercayaan bahwa Anda akan menantikan karya baru saya. Karenamu, aku punya panggung untuk berdiri dan bernyanyi,” kata Young K.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suasana Konser Young-K

Dalam konsernya, Young K tak lupa memasukkan lagu berbahasa Inggris seperti “babo” dan “Maybe Next Time” dalam set list konsernya.

Hari terakhir konsernya juga disiarkan langsung melalui Beyond Live untuk para penggemarnya di seluruh dunia.

Member Day6 tersebut juga meluangkan waktu untuk menyoroti sesi bandnya dengan memberi mereka waktu tampil solo. Dia juga memanggil gitaris Kim Ki-yoon dari sesi band ke tengah panggung untuk meng-cover tiga lagu asing.

Sembari duduk di bangku, Young-K menyanyikan “Memories” milik Maroon 5, “Fly Me to the Moon” milik Bart Howard dan Frank Sinatra, dan “Viva La Vida” milik Coldplay. Kemudian, Young K dan gitaris Ki-yoon menerima permintaan lagu dari penonton dan mengadakan pertunjukan improvisasi.

Kata-kata jenaka dari sang artis serta komunikasi aktifnya bersama penggemar yang hadir membuat konser tersebut terasa seperti program radio. Lagu terakhir yang dibawakan yakni “Guard You,” judul lagu bernada tinggi dari LP Young K.

Bahkan, setelah lebih dari dua jam bernyanyi, Young K memamerkan bakat vokalnya yang bersih dan bernada tinggi.

Kemudian, setelah dia turun panggung, seluruh penggemar mengangkat spanduk bertuliskan “Kami akan mengingat musim panas ini yang kami habiskan bersamamu, Young K” dan menyerukan encore.

“Seperti yang kamu katakan, musim panas ini akan dikenang selamanya. Aku sangat khawatir mempersiapkan konser solo ini karena aku tidak yakin apakah aku bisa melakukannya sendiri. Tapi aku sangat senang kamu menikmatinya,” jawab Young-K kepada para penggemarnya.

Dia menutup konsernya dengan single “let it be summer” setelah berkeliling tempat untuk melihat para penggemarnya lebih dekat.

Diketahui, Dowoon juga turut hadir di antara para penonton, dan menunjukkan dukungannya untuk rekan satu grupnya Day6.

3 dari 3 halaman

Young-K Day6 berharap karyanya selalu dinanti-nanti penggemar

Young-K yang notabene menjadi penyanyi sekaligus penulis lagu, berharap agar orang-orang tetap menantikan karya-karya selanjutnya.

“Aku suka ketika orang-orang memujiku sebagai artis yang menjanjikan, atau artis yang dinanti-nantikan, karena aku tidak akan bisa terus mempersembahkan lagu-lagu baru tanpa orang-orang yang menungguku,” kata Young K kepada The Korea Herald.

“Saya menikmati proses menciptakan album ini. Saya pikir pendengar bisa menikmati musik ketika orang yang memproduksinya juga menikmati proses pembuatan musik. Saya melakukan upaya baru di album baru ini termasuk bekerja sama dengan produser musik baru,” lanjut pria kelahiran 1993 ini.

Dalam pembuatan albumnya, vokalis Day6 ini bekerja dengan berbagai produser termasuk Paulkyte, Shim Hyun, CHOILB, Park Moon Chi, Da Sol, dan MOGT.

Produser Hong Ji-sang, mitra lama Young K juga mengambil bagian dalam pembuatan album ini termasuk “Nothing But” dan “Let it be Summer,” yang dirilis lebih dulu sebelum album tersebut.

“Kami telah bekerja bersama sejak debut saya. Dia adalah guru saya karena dia membantu saya berkembang sebagai musisi dan mengenal saya lebih baik dari siapa pun. Misalnya, dia tahu apa kelebihan dan kekurangan musik saya. Dia pernah menasihatiku bahwa setidaknya aku harus memberikan perubahan dan keberagaman. Jika aku tidak bisa menghasilkan musik lebih baik dari sebelumnya. Inilah mengapa saya ingin mengerjakan berbagai proyek, untuk memberikan keberagaman pada pekerjaan saya,” jelas Young K.

Sudah sembilan tahun Young K aktif di dunia KPop dan sejak itu ia meraih popularitas di seluruh dunia baik sebagai anggota Day6 maupun sebagai solois.

“Melalui setiap album solo, saya terus mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang warna musik saya. Saya biasa menilai diri saya sendiri sebagai orang yang tidak berwarna dan biasa saja. Tapi sekarang saya tahu kalau saya mampu menunjukkan berbagai warna dan itu sudah terbukti dengan baik di album baru ini,” jelasnya.

LP Young-K terdiri dari total 11 lagu yang semuanya seperti surat romantis yang menyampaikan kata-kata tulus. Ia mengatakan bahwa lagu baru yang dirilisnya sangat mudah dimengerti dan banyak menghibur siapapun yang mendengarnya.

“Album ini tidak 100 persen sempurna. Tapi saya tidak sedih karena saya menganggap ini sebagai peluang untuk berkembang. Saya berharap publik terus menantikan apa yang saya tunjukkan,” tungkas Young-K.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.