Sukses

5 Tanda Anda Belum Sembuh dari Trauma Masa Lalu, Bisa Dilihat dari Perilaku Ini

Kenali tanda-tanda trauma Anda yang belum terselesaikan yang bisa memengaruhi Anda saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menghadapi trauma masa lalu yang belum terselesaikan terkadang bisa sangat menyakitkan. Itu bisa merusak mental dan emosional Anda. 

Bagian terburuk berurusan dengan itu adalah bahwa hal itu bisa memengaruhi kehidupan dan hubunganmu saat ini dengan cara yang sangat negatif. 

Itu bisa merusak caramu memandang dan merumuskan pendapat tentang orang dan situasi dalam kehidupan sehari-hari. 

Oleh karena itu, kenali tanda-tanda trauma Anda yang belum terselesaikan yang bisa memengaruhi Anda saat ini, seperti melansir dari Times of India, Senin (24/7/2023). 

1. Disregulasi emosional

Individu dengan trauma yang belum terselesaikan sering mengalami kesulitan dalam mengatur emosinya. Mereka mungkin memiliki reaksi emosional yang kuat, seperti sering marah, cemas, sedih, atau takut, yang tampaknya tidak proposional dengan situasi saat ini.

Mereka juga bergumul dengan mati rasa emosional atau merasa terputus dari emosi mereka.

2. Kenangan yang mengganggu

Trauma yang belum terselesaikan bisa bermanifestasi sebagai ingatan yang mengganggu atau kilas balik dari peristiwa traumatis.

Ini bisa dipicu oleh pengingat atau situasi serupa, yang menyebabkan individu menghidupkan kembali pengalaman traumatis.

Hal ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari mereka dan menyebabkan perasaan tertekan, panik, atau disorientasi. 

3. Perilaku menghindari dan mati rasa

Individu dengan trauma yang belum terselesaikan seringkali mengembangkan perilaku menghindari sebagai cara untuk mengatasi.

Mereka mungkin menghindari situasi, tempat, atau orang yang mengingatkan mereka pada peristiwa traumatis tersebut. 

Mereka mungkin menghindari situasi, tempat, atau individu yang mengingatkan mereka pada peristiwa traumatis tersebut. Selain itu, orang-orang seperti itu mungkin ingin terlibat dalam penyalahgunaan zat, kerja berlebihan, atau perilaku kompulsif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kesulitan dalam hubungan

Trauma yang belum terselesaikan bisa berdampak signifikan pada kemampuan seseorang untuk membentuk dan mempertahankan hubungan yang sehat. 

Mereka mungkin bergumul dengan kepercayaan, keintiman dan kerentanan, karena trauma masa lalu bisa menciptakan penghalang bagi hubungan emosional. 

Individu juga bisa menunjukkan pola kodependensi penarikan diri secara emosional, atau ketakutan akan pengabaian.

5. Gejala fisik yang kronis

Trauma yang tidak terselesaikan bisa bermanifestasi sebagai gejala fisik tanpa penyebab medis yang jelas. Ini bisa termasuk sakit kepala, masalah pencernaan, nyeri kronis, atau kelelahan yang tidak bisa dijelaskan. 

Tubuh dan pikiran saling terhubung dengan rumit. Trauma yang tidak terselesaikan bisa memengaruhi kesehatan fisik seseorang.

3 dari 3 halaman

Tidak Selalu Berdampak Buruk, Trauma Ternyata Ada Efek Positifnya

Tidak ada orang yang ingin mengalami trauma. Mengalami peristiwa seperti penganiayaan, menyaksikan orang lain disakiti, sampai kehilangan orang yang disayang bisa sangat menghancurkan seseorang secara emosional. Hal-hal ini bisa menjadi traumatis. Namun, tidak semuanya hanya akan memberikan konsekuensi negatif.

Kita berharap agar dihindarikan dari kemungkinan-kemungkinan terburuk dalam hidup. Akan tetapi, hanya sedikit orang yang bisa melewati hidup tanpa terluka. Melansir situs Times (29/11/2022), berdasarkan penelitian PTSD belum lama ini, sekitar 75 persen orang akan mengalami peristiwa traumatis dalam hidup mereka.

Peristiwa traumatis tak ayal menjadi berita buruk dan dapat menyebabkan luka emosional. Meskipun begitu, tidak semua hal ini akan selalu buruk sebab trauma juga bisa menjadi sumber kekuatan yang membawa perubahan positif terhadap orang yang menghadapinya.

Mungkin beberapa orang telah mendengar istilah Post-Traumatic Stress (PTS). Ini merupakan respons normal manusia terhadap pengalaman yang mengerikan, tetapi tidak banyak yang menyadari bahwa perjuangan menghadapi trauma juga dapat menjadi peluang mereka untuk tumbuh.

Dari sinilah muncul istilah Post-Traumatic Growth (PTG). PTG merupakan perubahan positif yang akan dialami manusia sebagai hasil perjuangannya menghadapi peristiwa terburuk dan paling menantang dalam hidupnya. Hal ini pun sama umumnya saat seseorang mengalami PTS.

Ketika seseorang berhasil menghadapi traumanya, mereka bisa merasakan manfaat-manfaat dari pertumbuhan pasca-trauma. Manfaat tersebut di antaranya adalah hubungan yang lebih kuat, kesadaran yang lebih besar akan kemungkinan-kemungkinan baru, meningkatnya kekuatan pribadi, hingga meningkatnya daya spiritual.

Menurut situs Human Performance Resources Selasa (29/11/2022), post-traumatic growth adalah ketika seseorang mungkin tidak menginginkan apa yang mereka alami dengan menghadapi musuh terbesarnya. Namun, mereka tetap menghargai bagaimana hal tersebut mengubah diri mereka sehingga menjadi lebih kuat secara mental, emosional, dan juga spiritual.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.