Sukses

Ovarium Kiky Saputri Diangkat Usai Alami Keguguran, Kenali Penyebab Kista dan Atasi Trauma Pasca-Kehilangan Calon Bayi

Keguguran yang dialami Kiky Saputri, salah satunya disebabkan adanya kista yang ikut berkembang bersama janinnya saat itu.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang menyenangkan datang dari komedian Kiky Saputri yang mengalami keguguran di usia kehamilan 10 minggu. Dalam pengakuannya ternyata Kiky bukan hanya kehilangan calon bayinya, ia juga harus kehilangan satu ovariumnya yang sebelah kiri.

Keguguran yang dialami wanita 30 tahun itu, salah satunya disebabkan adanya kista yang ikut berkembang bersama janinnya saat itu. Tapi, usai dibersihkan kista yang berada di luar dinding rahimnya tetap membesar.

Mengutip Tim Showbiz Liputan6.com, Senin, 18 Maret 2024, saat disinggung mengenai pemicu ovariumnya yang diangkat usai keguguran, Kiky tak menjawab secara detail. Tapi, ia menyebut kelelahan jadi salah satu penyebabnya.

"Ya kecapekanlah, dadah, I love you, sayang," beber Kiky saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan. 

Kiky awalnya mengira sakit perut yang luar biasa hingga memutuskan untuk pergi ke rumah sakit. Ditemani oleh suaminya, Muhammad Khairi, Kiky yang mengalami kesakitan lalu dibius dan langsung ditangani dokter untuk pengangkatan ovarium kirinya. 

Pengalaman yang dialami Kiky Saputri tentu pernah dialami oleh wanita lainnya. Di saluran YouTube-nya, Kiki sempat berujar bahwa ia menyesal karena tidak menjaga dirinya termasuk dalam memilih makanan hingga menyebabkan terkena kista. 

Mengutip dari laman Mayo Clinic, Selasa (19/3/2024), kista ovarium merupakan kantung yang biasanya berisi cairan, di dalam ovarium atau di permukaannya. Wanita memiliki dua ovarium, satu ovarium terletak di setiap sisi rahim.

Kebanyakan kista bersifat non-kanker atau jinak dan disebutkan bahwa seorang perempuan bisa tetap hamil meski memiliki kista. Tapi, kista yang membesar dapat memengaruhi organ reproduksi hingga memerlukan tindakan pengangkatan ovarium. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kista di Ovarium

Kista ovarium sering terjadi dan sebenarnya tidak berbahaya. Kebanyakan kista hilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan, tidak menimbulkan gejala dan hilang dengan sendirinya. Namun kista ovarium yang besar dapat menyebabkan nyeri panggul. 

Mengutip dari laman Cleveland Clinic, Kebanyakan kista ovarium terbentuk akibat siklus menstruasi Anda. Namun ada penyebab lainnya seperti salah satunya reproduksi sel yang tidak normal.

Reproduksi sel yang tidak lazim dapat menyebabkan terbentuknya kista seperti dermoid dan kista denoma. Kemudian karena endometriosis, kista ini sering terbentuk di ovarium pada stadium endometriosis lanjut.

Lalu akibat penyakit radang panggul (PID). Infeksi panggul yang parah dapat menyebar ke indung telur dan menyebabkan kista.

Lalu bagaimana cara mendeteksi kista dalam ovarium? Disebutkan, pengalaman memiliki kista ovarium berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang yang tidak merasakan sakit sama sekali, tapi ada pula yang mengalami gejala ringan hingga membuat tidak nyaman seperti mengalami sakit perut saat ingin menstruasi. 

3 dari 4 halaman

Trauma Pasca-Keguguran

Mengutip dari jurnal berjudul "Depresi dan Kecemasan Setelah Keguguran Dini: Rekomendasi untuk Penyedia Layanan Primer" yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, hampir 20 persen wanita yang mengalami keguguran menunjukkan gejala depresi atau kecemasan.

Pada sebagian besar penderita, gejalanya menetap selama 1 hingga 3 tahun, sehingga berdampak pada kualitas hidup dan kehamilan berikutnya. Hal ini lantaran keguguran dini merupakan peristiwa yang mengejutkan dan traumatis bagi perempuan dan keluarganya.

Keguguran biasanya menyebabkan periode tekanan emosional yang intens. Reaksi ini cenderung membaik dalam beberapa bulan berikutnya, namun masih ada beberapa kekhawatiran psikologis yang tersisa. Penting untuk menyaring depresi dan kecemasan pada pasien setelah keguguran.

Kebanyakan wanita dalam kondisi ini bisa hamil lagi, namun gangguan mood masih bisa terjadi bersamaan. Ketika wanita mengalami kesulitan dalam pembuahan, kekhawatirannya mungkin semakin besar.

Kebanyakan wanita dan dokter memandang intervensi pasca keguguran sebagai hal yang diinginkan, dan penting untuk memberikan pengobatan yang tepat. Penanganan gejala depresi dan kecemasan setelah keguguran dapat bermanfaat bagi kesehatan mental pasien di masa depan.

4 dari 4 halaman

Tekanan Psikologis Wanita yang Trauma Keguguran

Wanita yang mengalami trauma keguguran mengalami tekanan psikologis dan prevalensi gejala depresi yang signifikan secara klinis sering kali diremehkan. Berdasarkan penelitian, dari subyek yang diwawancarai pada minggu ke-6 sampai ke-8 setelah keguguran mengalami depresi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kelompok wanita yang tidak hamil.

Selanjutnya, 20 persen dari mereka dianggap memiliki gejala penyakit afektif. Lalu enam minggu setelah keguguran, sekitar 11 persen wanita di Tiongkok menderita depresi berat dan 1,4 persen didiagnosis menderita gangguan kecemasan.

Namun, kejadian depresi berat lebih rendah dibandingkan penelitian yang dilakukan di budaya Barat. Dalam enam bulan setelah keguguran, wanita mempunyai peningkatan risiko yang signifikan untuk mengalami episode depresi ringan, dan sebagian besar mengalami gejala dalam bulan pertama setelah keguguran.

Ketidakpastian yang dialami wanita setelah keguguran berkontribusi pada tingkat kecemasan yang tinggi, yang mungkin merupakan beban psikologis yang lebih besar daripada depresi. Kekhawatirannya antara lain menunggu kembalinya siklus menstruasi, keinginan untuk hamil, risiko keguguran berulang, dan ketakutan terhadap kemampuan reproduksinya.

Pada ke-12 minggu setelah keguguran, kecemasan lebih sering terjadi dan intens dibandingkan depresi. Sebuah investigasi tahun 2007 pada 1, 6, dan 13 bulan setelah keguguran mencatat bahwa kecemasan lebih mungkin terjadi dibandingkan depresi di ketiga titik akhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini