Sukses

Masyarakat Indonesia Wajib Tahu, Ini Makna dari 5 Lambang Pancasila

Kita semua tentu sudah tahu dan hafal dengan kelima sila tersebut. Namun tak sedikit yang belum mengetahui makna lambang Pancasila itu sendiri. Padahal sangat penting bagi kita untuk memahami makna dari setiap lambangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, 1 Juni 2023, diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Hari lahir Pancasila diperingati pada 1 Juni setiap tahunnya di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang terdiri dari lima sila yang jadi pedoman penting bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Ya, Pancasila terdiri dari lima pedoman penting untuk rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Tentunya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sangat penting untuk dipahami oleh seluruh masyarakat dari berbagai golongan. 

Nama Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, yaitu panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asas. Hal itu berarti terdapat lima pedoman penting yang perlu dipegang teguh rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Adapun lima prinsip yang dijadikan sila dalam Pancasila tersebut ialah Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Kita semua tentu sudah tahu dan hafal dengan kelima sila tersebut. Namun, tak sedikit yang belum mengetahui makna lambang Pancasila itu sendiri. Padahal sangat penting bagi kita untuk memahami makna dari setiap lambangnya.

Berikut ini beberapa makna lambang Pancasila dikutip dari laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Kamis (1/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Lima Lambang Pancasila yang Wajib Diketahui Masyarakat Indonesia

1. Simbol bintang

Simbol bintang berada di tengah burung garuda dalam lambang Pancasila. Gambar bintang berwarna kuning yang bersudut lima dengan latar belakang warna hitam terletak di bagian tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.

Hal ini mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Simbol gambar bintang dijadikan sebagai lambang sila pertama dalam Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Simbol rantai

Yang kedua yakni gambar rantai dengan latar belakang warna merah dijadikan sebagai dasar Kemanusiaan yang Adil dan beradab. Simbol gambar rantai ini dijadikan sebagai lambang sila kedua dari Pancasila. Rantai yang berjumlah 17 dan saling sambung menyambung tidak terputus, ini melambangkan generasi penerus yang turun temurun. 

3. Simbol pohon beringin

Simbol pohon beringin terletak di bagian atas sebelah kiri gambar bintang dijadikan sebagai dasar Persatuan Indonesia. Simbol gambar pohon beringin ini dijadikan sebagai lambang untuk sila ketiga Pancasila. Pohon beringin melambangkan sebagai tempat berteduh atau berlindung.

4. Simbol kepala banteng

Simbol gambar kepala banteng terletak di sebelah atas gambar bintang. Gambar Kepala Banteng dijadikan sebagai dasar Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan. Kepala banteng diartikan sebagai tenaga rakyat dijadikan sebagai lambang sila keempat Pancasila.

5. Simbol padi dan kapas

Simbol gambar padi dan kapas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Simbol gambar padi dan kapas dijadikan sebagai dasar Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Simbol gambar padi dan kapas ini terletak di sebelah kanan bawah dari gambar bintang dan dijadikan sebagai lambang sila kelima Pancasila.

3 dari 4 halaman

Mengenal Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia

Selain mengetahui makna lambang Pancasila, penting bagi kita untuk memahami fungsi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam kehidupan masyarakat. Pancasila sendiri memiliki fungsi penting bagi kehidupan sehari-sehari warga negara. Ada beragam fungsi Pancasila yang harus dipahami oleh masyarakat Indonesia.

Adapun beberapa fungsi Pancasila adalah sebagai berikut:

1. Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Fungsi Pancasila yang pertama adalah sebagai dasar negara. Sehingga Pancasila dalam hal ini digunakan sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan negara.

Dengan kata lain, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang sesuai dengan bunyi dan isi yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila yang kedua adalah sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Dalam hal ini Pancasila berperan sebagai petunjuk hidup sehari-hari, yang juga merupakan satu kesatuan yang tidak akan bisa dipisah-pisah antara satu dengan yang lain. Artinya bersatu dalam satu negara, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

3. Kepribadian Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila yang ketiga adalah sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Kepribadian yang dimaksudkan adalah ciri khas masyarakat bangsa Indonesia.

Artinya suatu sikap mental dan tingkah laku yang mempunyai ciri khas tersendiri sehingga mampu dibedakan dengan bangsa lainnya di seluruh dunia. 

4. Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila yang keempat adalah sebagai jiwa bangsa Indonesia. Pancasila merupakan jiwa bangsa yang lahir bersamaan dengan adanya atau terbentuknya bangsa Indonesia, yaitu pada zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Hal ini senada dengan apa yang dikemukakan oleh Prof. Mr. A. G. Pringgodigdo dalam tulisannya yang berjudul Pancasila. Dalam tulisan tersebut, juga menyebutkan Pancasila sendiri sudah ada sejak adanya bangsa Indonesia berdiri dan berkembang di zaman kerajaan. Meskipun istilah atau nama Pancasila baru dikenal pada 1 Juni 1945.

5. Sumber Hukum Negara Indonesia

Fungsi Pancasila yang kelima adalah sebagai sumber dari segala hukum. Pancasila merupakan sumber hukum bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sumber hukum Indonesia ini bermakna sebagai pandangan hidup, kesadaran dan cita-cita hukum beserta cita-cita moral yang meliputi suasana kejiwaan serta watak bangsa Indonesia.

4 dari 4 halaman

Nilai-Nilai Pancasila dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pancasila merupakan dasar dari negara Indonesia. Untuk memperingatinya, bangsa Indonesia merayakan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni tiap tahunnya. Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta, yang terdiri dari dua kata yaitu panca dan sila. Panca mempunyai arti lima dan Sila mempunyai arti dasar atau prinsip sehingga Pancasila bermakna sebagai lima dasar atau lima asas.

Pancasila menjadi rumusan dan juga landasan dalam berbangsa dan bernegara untuk seluruh rakyat Indonesia.

Sejarah terbentuknya Pancasila mempunyai perjalanan yang panjang sehingga menjadi landasan bagi negara Indonesia. Setiap kelima sila yang ada dalam Pancasila pun mempunya nilai-nilai yang dapat menjadi dasar kehidupan dalam masyarakat Indonesia yang berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai Pancasila banyak yang harus diterapkan terutama dalam kehidupan sehari-hari para masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah nilai-nilai dalam Pancasila dan juga contoh yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.