Sukses

Punya Keterbatasan Waktu dan Tenaga, Ini Strategi Terbaik bagi Orang Tua untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan mental sangat penting bagi orangtua karena perannya dalam membesarkan anak-anak mereka. Namun, tekanan yang tinggi dalam mengasuh anak sering terjadi, oleh karena itu pentingnya untuk mengetahui strategi yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk meningkatkan kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan mental adalah keadaan emosional, psikologis, dan sosial di mana seseorang dapat mengelola dan menyesuaikan diri dengan tuntutan kehidupan sehari-hari, termasuk stres, konflik, dan perubahan.

Kesehatan mental merupakan aspek yang sangat penting dari kesehatan seseorang secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan kesehatan mental seseorang berkaitan dengan kemampuan untuk mengelola perasaan, pikiran, dan tindakan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Kesehatan mental yang buruk dapat memengaruhi banyak aspek kehidupan seseorang, termasuk hubungan interpersonal, pekerjaan, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Kesehatan mental juga sangat penting bagi orangtua karena peran mereka dalam membesarkan anak-anak mereka.

Biasanya, orangtua sering mengalami tekanan yang tinggi dalam mengasuh dan membesarkan seorang anak. Karena hal tersebut, orangtua juga memiliki keterbatasan waktu dan tenaga dan tidak memiliki waktu untuk menyelesaikan masalah mental yang dialaminya.

Orangtua yang memiliki kesehatan mental yang baik dapat memberikan contoh yang baik bagi anak-anak mereka tentang cara mengelola emosi dan mengatasi stres. Hal ini dapat membantu anak-anak mereka belajar bagaimana menghadapi tantangan kehidupan dengan cara yang sehat dan positif.

Dengan demikian, menjaga kesehatan mental sangat penting bagi orang tua, karena akan mempengaruhi kualitas kehidupan mereka dan hubungan mereka dengan anak-anak mereka.

Berikut strategi tingkatkan kesehatan mental menurut psikoterapis yang dapat dilakukan oleh orangtua, dilansir dari laman Health Line, Sabtu (13/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Perhatikan Kebutuhan Dasar

Kebutuhan dasar perlu diketahui oleh setiap orang. Kebutuhan dasar dalam hal ini mencakup makan secara teratur, mengonsumsi makanan kaya nutrisi, dan tetap aktif dalam berolahraga.

Untuk mewujudkan hal ini, Laura Torres, LPC, seorang psikoterapis di Asheville menyarankan untuk membawa camilan dan botol air ke mana pun Anda pergi. Anda juga bisa berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang menyenangkan bersama keluarga, seperti berjalan-jalan di alam, bermain game yang membutuhkan aktivitas fisik, dan melakukan video yoga.

2. Memprioritaskan Waktu Tidur

Memprioritaskan waktu tidur sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan kinerja kognitif dan fisik Anda, meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, dan meningkatkan suasana hati Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menempatkan tidur sebagai prioritas dalam rutinitas harian Anda.

Carlene MacMillan, MD, seorang psikiater menyarankan untuk berhenti menggunakan ponsel sekitar 30 menit sebelum tidur. Atau melakukan aktivitas yang menenangkan, seperti minum teh chamomile dan mendengarkan meditasi selama 10 menit.

3. Tetapkan Batasan

Tetapkan batasan dari hal-hal yang menguras energi Anda secara emosional, fisik dan mental. Misalnya dengan selalu menjaga jam tidur Anda secara teratur, meletakkan ponsel Anda jika sedang bersama dengan anak-anak Anda, dan mengganti kopi di pagi hari dengan segelas air putih. Perubahan-perubahan kecil ini dapat memberikan dampak yang besar.

3 dari 4 halaman

4. Melakukan Hal yang Menyenangkan

Rheeda Walker, PhD, seorang psikolog klinis di Houston menyarankan orangtua untuk beristirahat dengan melakukan kegiatan yang mereka sukai. Misalnya dengan mengobrol bersama teman, menulis jurnal tentang perasaan Anda, mendengarkan podcast yang lucu, membuat kemajuan dalam proyek kreatif, atau melakukan olahraga.

5. Rutin Mengonsumsi Obat dari Dokter

MacMillan menekankan pentingnya meminum obat psikiatri yang diresepkan oleh dokter. Tentu saja, jika Anda merasa obat Anda tidak berhasil atau Anda mengalami efek samping yang mengganggu, bicarakan dengan dokter Anda.

6. Melakukan Hal Sederhana

Kirsten Brunner, LPC, seorang psikoterapis menyarankan untuk melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat jika dilakukan. Ia menyarankan untuk berjalan kaki dan menikmati udara segar, mandi dengan air hangat untuk menghilangkan lelah, menonton acara lucu dan menginspirasi, selalu memberitahukan perasaan Anda dengan pasangan, dan mendengarkan musik klasik.

4 dari 4 halaman

7. Temukan Cara Kreatif untuk Terhubung dengan Orang Lain

"Sangat sulit bagi orang tua untuk menyesuaikan jadwal mereka dengan jadwal orang tua lain yang sibuk untuk berkomunikasi," kata Torres. Namun, bukan berarti komunikasi tidak mungkin dilakukan.

Sebagai contoh, Torres menyukai aplikasi Marco Polo, yang memungkinkan Anda mengirim pesan video ke teman Anda yang dapat mereka dengarkan kapan saja. Anda juga bisa memulai klub buku untuk dua orang atau menjadwalkan olahraga bersama seperti berlatih yoga melalui Zoom, bersepeda, atau saling menelepon saat berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah.

8. Berbuat Baik kepada Diri Sendiri

Bersikap baik kepada diri sendiri dengan cara memberikan kasih sayang dapat menjadi anugerah bagi kesehatan mental, terutama jika Anda sedang merasa kesulitan dan stres.

Pada hari yang berat, akui pada diri sendiri bahwa Anda mengalami kesulitan dan turunkan ekspetasi Anda. Biarkan diri Anda untuk merasakan perasaan dan menangis jika perlu. Jika Anda merasa egois dalam menjaga kesehatan mental Anda, ingatlah bahwa Anda adalah manusia yang berhak untuk merasa sehat sama seperti orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.