Sukses

Pakai Sandal Jepit hingga Baca Sambil Tiduran, 8 Kebiasaan Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

Nah, berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang secara tak disadari dapat berbahaya bagi tubuh yang tentunya penting untuk kita ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak kebiasaan yang kita lakukan secara berulang setiap harinya. Namun pernahkah Anda berpikir bahwa mungkin saja kebiasaan yang kita lakukan dengan sering itu ternyata berbahaya bagi kesehatan? Tentu banyak yang tak terpikirkan akan hal itu, tapi itu benar adanya.

Ya, siapa yang pernah mengira hal-hal yang tampaknya tidak berisiko nyatanya bisa membahayakan Anda. Tentunya lebih baik terlambat mencari tahu daripada tidak sama sekali.

Nah, berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang secara tak disadari dapat berbahaya bagi tubuh yang tentunya penting untuk kita ketahui, seperti dilansir dari Brightside, Sabtu (29/4/2023), berikut ulasannya.

1. Memakai sandal jepit

Hal ini tentu dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia. Sandal jepit bahkan menjadi alas kaki ternyaman bagi banyak orang. Namun tahukah Anda bahwa ternyata terlalu sering memakai sandal jepit tak baik bagi tubuh? 

Hal ini lantaran jari-jari kaki Anda menekuk secara berlebihan untuk tetap memakai sandal jepit dan lebih rentan terhadap infeksi jamur. Selain itu, tidak jarang mengalami peradangan dan nyeri otot. 

Sakit tumit, punggung, dan lutut juga sudah tidak asing lagi bagi pecinta sandal jepit. Masalah umum lainnya adalah mencengkeram sendi jari kaki secara berlebihan dapat memperburuk bunion yang sudah ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menggunakan obat kumur usai menyikat gigi

Kumur menggunakan obat kumur usai menyikat gigi tentu juga menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang di pagi hari. Namun menggunakan obat kumur sebaiknya dilakukan setelah makan atau sebelum menyikat gigi. Pasalnya saat Anda membilas gigi dengan itu, Anda membilas fluorida konsentrasi tinggi untuk fluorida konsentrasi rendah, yang menarik mikroba. Akhirnya, kebiasaan ini akan menyebabkan kerusakan gigi.

3 dari 5 halaman

3. Terlalu sering memakai skinny jeans

Jeans ketat atau skinny jeans mungkin membuat tubuh terlihat lebih ramping. Sehingga tak sedikit wanita yang senang memakainya. Namun skinny jeans bisa mengurangi aliran darah dan pada dasarnya membuat otot Anda terengah-engah untuk mendapatkan lebih banyak oksigen. Skinny jeans juga menyebabkan infeksi jamur. Selain itu, mereka menyebabkan lebih sering buang air kecil dan bahkan kelemahan kandung kemih.

4. Mencetak menggunakan printer di rumah

Adakah dari kalian yang kerap menggunakan printer di dalam rumah? Printer laser yang menggunakan toner printer secara keseluruhan melepaskan partikel yang sangat kecil yang dapat menyebabkan kerusakan kardiovaskular atau pernapasan saat Anda berada di dekatnya.

Satu studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa paparan partikel toner selama 21 hari mengganggu metabolisme, respons imun, dan proses biologis lainnya.

4 dari 5 halaman

5. Membaca sambil berbaring di tempat tidur

Nah, kebiasaan satu ini memang menyenangkan. Apalagi membaca sebelum tidur terdengar seperti hal yang santai untuk dilakukan, namun sebenarnya cukup berbahaya. Ini membuat banyak ketegangan pada mata. Posisinya tidak sesuai karena jarak baca harus sekitar 15 inci dengan sudut 60 derajat.

Saat Anda membaca sambil berbaring, mata Anda harus fokus ke atas dan mempertahankan sudut yang tidak nyaman untuk waktu yang lama. Ini menyebabkan ketidaknyamanan, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

6. Menggunakan penyegar udara

Tak banyak tahu bahwa kebanyakan penyegar mengandung bahan kimia berbahaya yang menetralkan bau. Mereka juga merupakan alergen potensial dan racun lingkungan. Penggunaan wewangian buatan yang sering dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan asma.

Anda juga disarankan untuk menjauh dari mereka karena industri pengharum ruangan hampir tidak dikontrol dan tentunya kita tidak tahu apakah produk itu aman atau tidak.

5 dari 5 halaman

7. Menopang wajah Anda dengan tangan

Menopang wajah dengan tangan bisa menjadi hal yang buat tubuh rileks. Namun sebaiknya Anda tak melakukannya. Alasan pertama adalah kebersihan, menopang wajah dengan tangan yang tidak terlalu bersih dapat menyebabkan jerawat dan menyebarkan kuman. Alasan kedua, Anda mempertahankan postur duduk yang buruk. 

Anda mungkin tidak menyadarinya, karena menopang kepala Anda membuatnya lebih nyaman untuk duduk dalam waktu yang lebih lama. Jadi, tulang belakang Anda beradaptasi dengan posisi yang salah dan akibatnya postur tubuh Anda memburuk.

8. Mengenakan sepatu berujung runcing

Sepatu berujung runcing mungkin terlihat bagus di luar, tetapi tahukah Anda bahwa itu merusak kaki Anda di dalam? Hal ini karena bentuk jari kaki yang tidak wajar, Anda mendapatkan banyak efek samping seperti kelainan bentuk jari kaki, bunion, dan kapalan.

Sepatu model tersebut juga menyebabkan radang saraf, kebanyakan antara jari kaki ketiga dan keempat. Terapi, suntikan, atau dalam kasus yang parah, pembedahan dapat digunakan untuk mengatasi konsekuensinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.