Sukses

Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Menggunakan Ponsel Saat di Toilet Menurut Ahli

Sebaiknya mulai sekarang Anda berhenti membawa ponsel ke kamar mandi, ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang tidak bisa lepas dari ponsel mereka. Jika kita jujur ​​dengan diri kita sendiri, kita mungkin melakukan hal yang sama. Tak sedikit orang yang menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk mengirim teks, melakukan panggilan, dan menelusuri unggahan teman-teman di media sosial.

Mereka seolah seperti anggota tubuh tambahan, dan banyak orang membawanya kemanapun bersama mereka bahkan di tempat yang mungkin tidak seharusnya mereka lakukan.

Jangan menyangkalnya, tentu banyak dari Anda yang membawa ponsel ke toilet bukan? Ya, bagi banyak orang ponsel adalah teman mereka di kamar mandi.

Menurut The List, perusahaan sanitasi Vioguard mengklaim bahwa 73% dari kita duduk dan menggulir media sosial sambil duduk di atas toilet atau berdiri di urinoir.

Mereka menambahkan bahwa 93% dari Gen Z mengaku mengirim pesan atau bermain game saat buang air besar. Dan meskipun mungkin tidak jauh berbeda dengan membaca koran atau buku selama melakukan aktivitas di kamar mandi Anda, itu bisa berbahaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membawa ponsel ke kamar mandi bisa sebabkan wasir

Tentu saja, Anda berisiko menjatuhkan ponsel Anda, tetapi itu juga membuat Anda berisiko lebih besar terkena penyakit dan infeksi. Para ahli juga mengklaim bahwa gangguan tambahan sebenarnya dapat menghentikan kemampuan tubuh Anda untuk pergi ke kamar mandi sama sekali.

Menurut para ahli yang berbicara dengan The Washington Post, posisi yang Anda lakukan saat buang air besar memberi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus Anda, yang dapat menyebabkan wasir.

Jadi mengecek dan menggulir ponsel Anda saat buang air besar dapat berisiko bagi kesehatan pencernaan Anda. Risiko lainnya mungkin mengganggu kontraksi alami Anda yang membantu mengeluarkan kotoran. Jadi jika Anda kesulitan untuk buang air besar, ini bisa memperburuknya.

Selain itu, jangan lupa tentang kuman dan sisi tidak higienis karena ponsel Anda terlalu dekat dengan toilet. Anda mungkin mencuci tangan setelah keluar dari kamar mandi, tetapi kapan terakhir kali Anda membersihkan ponsel Anda?

3 dari 4 halaman

Ponsel lebih kotor daripada dudukan toilet itu sendiri

Sementara itu dilansir dari Brightside, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa ponsel lebih kotor daripada dudukan toilet itu sendiri, fakta yang cukup menjijikkan, bukan?

Pada penelitian yang dilakukan kepada anak-anak sekolah menengah, peneliti menemukan bakteri E. coli pada ponsel mereka. Bakteri berbahaya ini dapat menyebabkan masalah usus seperti keracunan makanan. 

 

  

4 dari 4 halaman

Buat tubuh membungkuk terlalu lama

Menghabiskan waktu lama di toilet sambil bermain ponsel juga bisa menimbulkan masalah bagi otot Anda. Secara khusus, organ tubuh Anda seperti usus, kandung kemih, dan vagina bisa tergelincir karena otot dasar panggul tidak lagi cukup kuat untuk menopangnya. Ini sebagian karena postur tubuh kita saat duduk di toilet, terutama jika kita membungkuk dalam waktu lama.

Tak hanya itu banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel membuat kita sangat bergantung dengan benda tersebut. Terlebih lagi jika Anda benar-benar tak dapat melepasnya hingga harus membawanya ketika di toilet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.