Sukses

8 Manfaat Kulit Pisang untuk Kehidupan Sehari-hari, Apa Saja?

Berikut ini deretan manfaat kulit pisang yang bisa kalian lakukan untuk kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita tidak berpikir dua kali saat mengupas pisang dan membuang kulitnya yang tebal dan kuning, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya tentang kegunaan kulit pisang atau apakah aman untuk dimakan atau tidak? 

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan menjadi lebih tertarik pada manfaat limbah pertanian dan bagaimana beberapa hal yang biasanya dianggap sampah dapat dimanfaatkan.

Jadi, sebelum Anda mengkategorikannya sebagai produk sampingan makanan, perlu diketahui bahwa banyak kegunaan kulit pisang sehari-hari untuk kulit, rambut, dan lainnya. 

Kulit pisang adalah kulit terluar dari buah pisang. Nilai gizi produk sampingan bervariasi, tergantung kematangan buah, namun umumnya mengandung serat, protein dan karbohidrat, bersama dengan asam amino, antioksidan, dan mikronutrien fosfor, zat besi, kalsium dan magnesium.

Penelitian menunjukkan bahwa kulit pisang terbukti memiliki aktivitas antioksidan dan membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada jaringan organ.

Kulitnya juga mengandung fitokimia dengan aktivitas antimikroba dan anti-inflamasi. Komponen ini memungkinkan penggunaan kulit pisang untuk kulit, rambut, gigi, infeksi dan lainnya. Nah, berikut ini deretan manfaat kulit pisang dilansir dari laman Dr. Axe, Rabu (15/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pelembab Kulit

Mengoleskan kulit pisang ke kulit Anda atau meletakkannya di wajah Anda seperti masker dapat berfungsi sebagai pelembab alami, sekaligus mengurangi bengkak, kemerahan, dan iritasi.

Meskipun tidak banyak penelitian khusus yang menunjukkan hal ini, ahli dermatologi percaya bahwa tanin dan fitonutrien dalam kulitnya dapat bermanfaat bagi kulit.

2. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Kulit pisang mengandung daftar panjang fitokimia, seperti polifenol dan karotenoid, yang meningkatkan kesehatan kulit dengan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini memiliki efek perlindungan dan dapat membantu membuat kulit Anda tampak lebih muda.

3 dari 5 halaman

3. Menenangkan Kulit

Kulit pisang dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antimikroba. Penelitian menunjukkan bahwa ia memiliki efek menenangkan pada kulit dan dapat membantu meringankan kondisi seperti psoriasis dan eksim, sekaligus meredakan gigitan serangga, luka, sengatan matahari, dan iritasi kulit.

Studi menunjukkan bahwa tanin dalam kulit pisang memiliki aktivitas antimikroba dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

4. Menambah Kesehatan Rambut

Kulit pisang dapat digunakan untuk menambah kelembapan dan kilau pada rambut Anda. Anda cukup menggosok rambut dengan bagian dalam kulitnya, atau mencampurnya untuk membuat masker rambut.

4 dari 5 halaman

5. Penguat Kesehatan Gigi

Kulit pisang memiliki sifat antibakteri dan dapat digunakan sebagai pasta gigi untuk melawan infeksi gigi dan meningkatkan kesehatan gusi Anda.

6. Digunakan sebagai Pakan Ternak

Kulit pisang saat ini digunakan sebagai pakan tambahan untuk ternak, kambing, monyet, unggas, kelinci, ikan, zebra dan spesies lainnya. Kulit pisang menyediakan fitonutrien dan antioksidan yang sehat.

5 dari 5 halaman

7. Digunakan untuk Pemurnian Air

Para peneliti telah menemukan bahwa kulit pisang dapat digunakan untuk menjernihkan air. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Industrial and Engineering Chemistry Research menemukan bahwa kulit pisang yang dicacah mampu menghilangkan timbal dan tembaga dari air sungai. Kulitnya dapat berfungsi sebagai alat pemurnian yang murah, menurut para peneliti.

8. Dijadikan Kompos

Jika Anda akan membuang kulit pisang, pertimbangkan untuk menambahkannya ke kompos atau kebun Anda. Mereka dapat digunakan sebagai pupuk dan ketika dicacah terlebih dahulu, akan terurai dan menambah nutrisi ke dalam tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.