Sukses

Tak Banyak yang Tahu, 7 Manfaat Menonton Film Horor Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Film horor menjadi salah satu genre film yang digemari banyak individu. Alur cerita yang menegangkan membuat banyak orang merasa tertantang saat menontonnya. Namun, tahukah Anda bahwa menonton film horor bermanfaat bagi kesehatan? 

Anda mungkin berpikir tentang bagaimana bisa menonton film horor berdampak baik pada kesehatan Anda. Namun banyak penelitian dilakukan tentang hal ini, meskipun kedengarannya aneh tapi penelitian tersebut menemukan beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengannya.

Saat menonton film horor, Anda mungkin dibuat merinding. Anda juga merasakan suaranya, pemandangannya yang menakutkan yang membuat jantung Anda berdetak dan berpacu lebih cepat dari biasanya. 

Namun, di balik itu ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari menonton film horor. Dilansir dari Horror Buzz, Kamis (9/2/2023), berikut deretan manfaat nonton film horor

1. Bakar Kalori Sambil Nonton Film Horor

Terlalu malas untuk pergi ke gym? Inilah kesempatan bagus untuk membakar kalori sambil duduk di depan layar Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti, film horor dapat membantu orang menurunkan berat badan. Anda bisa membakar hingga 190 kalori saat menonton film horor.

Ini adalah jumlah kalori yang sama yang bisa dibakar seseorang setelah latihan angkat beban. Mari bakar kalori hanya dengan duduk di depan layar selama 120 menit tanpa melakukan gerakan apapun yaitu hanya dengan menonton film horor.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Aktivitas Otak

Menurut ScienceDaily, film horor membantu meningkatkan kesehatan otak. Saat Anda menonton film horor, otak Anda melepaskan hormon dopamin, serotonin, dan glutamat. Hormon ini membantu mengaktifkan sel-sel otak, yang membuat pikiran Anda tetap aktif dan membuat Anda lebih fokus dan waspada untuk waktu yang singkat.

Di sisi lain, teknik menonton film horor di rumah yang mudah ini membantu meningkatkan kesehatan otak dengan menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

3 dari 5 halaman

3. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Kewalahan oleh beban kerja Anda yang tinggi, atau terjebak dalam situasi stres? Kemudian, Anda bisa mengandalkan film horor untuk dukungan mental. Kegiatan yang memicu stres dan menakutkan seperti menonton film horor membantu menghilangkan stres.

Film horor yang bagus akan mengalihkan pikiran Anda dari peristiwa stres dalam hidup Anda. Sensasi adrenalin yang Anda alami saat menonton film horor adalah cara yang fantastis untuk meredakan kecemasan dan stres.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menonton film horor membantu Anda meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih. Setelah tubuh kita tersentak dari pengalaman yang menakutkan, otak kita melepaskan dua jenis hormon yaitu dopamin dan serotonin. Hormon ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Bayangkan Anda mengalami hari yang menegangkan di tempat kerja dan tidak dapat berkomunikasi atau mengungkapkan perasaan Anda karena Anda tidak ingin berbicara dengan siapa pun.

Kemudian, Anda kembali ke rumah dan menonton film menakutkan yang membuat Anda berteriak atau melompat dengan cara yang tidak Anda duga. Terkadang, cara termudah untuk menghilangkan stres hanyalah berteriak.

4 dari 5 halaman

5. Mengatasi Depresi

Beberapa orang menggunakan film horor sebagai semacam terapi. Anda mungkin berpikir, bagaimana cara kerjanya? Film horor mengajari Anda cara menghadapi situasi sulit dan percaya diri.

Banyak orang percaya bahwa film komedi adalah solusi yang bagus untuk menghilangkan depresi, tetapi tak sedikit yang merekomendasikan untuk menonton film horor.

Film horor membuat kita takut, tetapi mereka juga mengajari kita cara menghadapi masalah kehidupan nyata. Hasilnya, kemampuan pemecahan masalah kita meningkat, dan kita mungkin lebih siap untuk mencari solusi.

5 dari 5 halaman

6. Membantu Mengatasi Fobia dan Ketakutan Irasional

Salah satu aspek paling berharga dari film horor adalah bahwa film tersebut dapat membantu Anda menghadapi ketakutan dan fobia Anda. Banyak terapis menyarankan pasien mereka menonton film horor untuk mengatasi fobia atau ketakutan psikologis mereka.

Film horor berdasarkan kejadian nyata dapat membantu orang mengatasi ketakutan mereka dalam kehidupan nyata, karena lebih mudah bagi kita untuk membayangkan diri kita dalam posisi karakter.

Film horor membangkitkan indra Anda terhadap bahaya, dan setelah itu, tidak ada dalam hidup Anda yang tampak menakutkan seperti hantu-hantu di film itu.

7. Perkuat Ikatan Emosional

Saat menonton film horor, otak kita melepaskan beberapa hormon neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin. Itu adalah bahan kimia yang sama yang dilepaskan saat kita jatuh cinta dengan seseorang.

Jadi film horor adalah cara terbaik untuk memperdalam ikatan Anda dengan keluarga, teman, dan orang-orang terkasih lainnya. Belum lagi taktik kuno menggenggam tangan seseorang dengan erat saat menonton film horor. Sekarang sudah jelas bahwa film horor dapat meningkatkan kesehatan emosional dan fisik Anda dengan meningkatkan kadar dopamin dan membantu Anda membakar kalori.

Semoga dengan mengetahui manfaat menonton film horor cukup memotivasi Anda untuk menontonnya malam ini, namun jangan lupa ajak teman dan keluarga Anda untuk berbagi pengalaman. Mari takut bersama!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.